Pengembangan Pemasaran Produk Kerajinan Daun Silar Dalam Upaya Mereduksi Penggunaan Produk Bahan Plastik

  • Sirajuddin Sirajuddin Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sarifuddin T Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Produk, Harga, Promosi, Distribusi Pengembangan Pemasaran Produk Kerajinan Silar, Bahan Plastik

Abstract

Pihak produsen merupakan pengembangan pemasaran produk kerajinan pihak perusahaan akan mendapat hasil produk dan mengembangkan lini produk bisnis modern. Hasil penelitian ini dapat menghitung frekuensi produk sebesar 35%. Artinya pengembangan terhadap perilaku pemasaran produk kerajinan membuktikan bahwa cukup memuaskan terdapat frekuensi persentasi yang sangat tinggi. Namun adanya kendala atau terdapat beberapa sumber bisnis antara satu dengan lainya apalagi bentuk perubahan paradigma kekuatan produk yang ada dipasaran untuk dimanfaatkan oleh pihak konsumen. Harga pengembangan pemasaran produk kerajinan silar dan bahan plastik merupakan tantangan yang dihadapi oleh perusahaan kerajinan.
Sesuai hasil penelitian bahwa frekuensi harga sebayak 27% artinya perlu perbaikan manajemen dalam patokan harga yang sebarnya pada label harga penjualan, harga pihak perusahaan kesulitan karena adanya biaya produksi yang tinggi, dengan hal tersebut diatas bahwa pihak perusahaan tetap mengarahkan bagaimana kontribusi antara harga bahan baku dan penentukan harga pokok penjualan dipasar. Promosi pengembangan pemasaran produk kerajinan silar dan bahan plastik menjelaskan dilihat pada frekuensi persentasi sebesar 18%. pentingnya strategi pemasaran pihak perusahaan dari alat komunikasi seperti pemasaran online maupun pemasaran uppline. Misalnya, iklan menggunakan berbagai media. Distribusi pengembangan pemasaran produk kerajinan silar dan bahan plastik.
Penelitian menjelaskan bahwa distribusi sebesar 20% artinya frekuensi persentase masih perlu perbaikan distribusi antara distributor terhadap agen dan pengecer dan tantangan yang dihadapi oleh perusahaan kerajinan, produk kerajinan dengan menggunakan berbagai macam bentuk dan adanya pelatihan kepada masyarakat disekitar kecamatan Tawaeli.

References

Haji, S., Arifin, R., & ABS, M. K. (2017). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha cengkeh Di Bawean. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 6(02).

Hervina, N. (2011). Kinerja dinas koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah Kabupaten Boyolali Dalam Pemberdayaan Ukm Produk Unggulan.

Putri, N. K. N., & Yasa, N. N. K. (2018). Peran Inovasi Produk Memediasi Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Pie Susu di Kota Denpasar). Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 111–120.

Saksono, H. (2012). Ekonomi Kreatif: Talenta Baru Pemicu Daya Saing Daerah. Jurnal Bina Praja: Journal of Home Affairs Governance, 4(2), 93–104.

Sherlin, I. (2016). Pengaruh Inovasi Produk Dan Kinerja Pemasaran Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Industri Kecil Dan Menengah Batik Kerinci). Jurnal Benefita: Ekonomi Pembangunan, Manajemen Bisnis & Akuntansi, 1(3), 105–112.

Suendro, G. (2010). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Melalui Kinerja Pemasaran Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Berkelanjutan (Studi Kasus Pada Industri Kecil Dan Menengah Batik Pekalongan). UNIVERSITAS DIPONEGORO.

Triyanto, W. A. (2017). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Kerajinan Tas. Vol, 6, 63–67.

Utaminingsih, A. (2016). Pengaruh orientasi pasar, inovasi, dan kreativitas strategi pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada UKM kerajinan rotan di desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(2).

Wahdah, R., & Amalia, H. S. (2017). Pengembangan daya saing produk pada sentra kerajinan purun di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan. JURNAL ILMIAH BISNIS Dan KEUANGAN, 6(2).

Widarti, D. T. (2011). “Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada Sentra Industri Pembuatan Tahu Kecamatan Sragen Kabupaten Sragenâ€. Universitas Negeri Semarang.

Wulandari, A. (2012). Pengaruh Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran. Management Analysis Journal, 1(2).

Zevi, I. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Pada Pt. Proderma Sukses Mandiri. Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Published
2020-08-15
How to Cite
Sirajuddin, S., & T, S. (2020). Pengembangan Pemasaran Produk Kerajinan Daun Silar Dalam Upaya Mereduksi Penggunaan Produk Bahan Plastik. Jurnal Sinar Manajemen, 7(2), 82-87. https://doi.org/10.56338/jsm.v7i2.1227
Section
Articles