Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Dan Pegawai Pada Smp Negeri 2 Balaesang Kabupaten Donggala

  • Abdul Rahman Universitas Muhammadiyah Palu
  • Fakhruddin Fakhruddin Sekolah MAN 3 Makassar
  • Burhanuddin Burhanuddin Universitas Muhammadiyah Palu
  • Firman Firman Sekolah MAN 3 Makassar
Keywords: Motivasi, Lingkungan Kerja, Kinerja Guru

Abstract

Setelah melakukan analisis terhadap hasil penelitian variabel independen yaitu motivasi dan lingkungan kerja yang menyatakan, baik masing-masing atau secara bersama-sama variabel motivasi dan lingkungan guru dan pegawai pada SMP Negeri 2 Balaesang Kabupaten Donggala terbukti. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan yang diperoleh dengan menggunakan analisis model regresi, diperoleh F-hitung sebesar 4,652 > F-tabel sebesar 3,327 dengan tingkat probablilitas 0,018 (signifikan), dengan nilai probabilitas jauh lebih kecil dan 0,05.
Variabel motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dan pegawai pada SMP Negeri 2 Balaesang Kabupaten Donggala. Hal ini terbukti dari hasil uji t memperoleh nilai t-hitung sebesar 2,420 > t-tabel sebesar 2,073 diterima dengan taraf signifikansi 5% (0,050>0,05). Artinya semakin meningkat motivasi yang dijalankan, maka kinerja guru dan pegawai akan meningkat demikian pun sebaliknya. Variabel lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dan pegawai pada SMP Negeri 2 Balaesang Kabupaten Donggala. Hal ini tidak terbukti dari hasil uji t memperoleh nilai t-hitung sebesar 3,045 > t-tabel sebesar 2,073 diterima dengan taraf signifikan 5% (0,005<0,05). Artinya semakin tinggi lingkungan kerja, maka kinerja guru dan pegawai akan semakin meningkat.

References

Asshara, A. F. (2018). PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI PEMBELAJARAN ORGANISASI DAN MOTIVASI. Fakultas Ekonomi UNISSULA.

Aulia, A. N. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru dan Pegawai SMP Negeri 11 Surabaya. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Harahap, V. A., & Hidayat, W. (2016). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi pada PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Utama Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(3), 236–246.

Heizer, J., Render, B., & Munson, C. (2014). Operations Management-Sustainability and supply chain management (11. utg.). Essex: Pearson.

Imroatun, S., & Sukirman, S. (2016). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kompensasi Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi/Akuntansi di SMA Negeri SE-Kabupaten Wonosobo. Economic Education Analysis Journal, 5(1).

Iskandar, R. Z. (2018). Pengaruh Motivasi, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus pada Sekolah Madrasah Pembangunan UIN Jakarta Tingkat Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Aliyah).

Lunenburg, F. C. (2011). Self-efficacy in the workplace: Implications for motivation and performance. International Journal of Management, Business, and Administration, 14(1), 1–6.

Mamesah, A. M. C., Kawet, L., & Lengkong, V. P. K. (2016). Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, dan Loyalitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada LPP RRI Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(3).

Prihanto, D. A. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Militer di Pusat Pendidikan Infanteri. Strategi Pertahanan Darat, 3(1).

Riniwati, H. (2016). Manajemen Sumberdaya Manusia: Aktivitas Utama dan Pengembangan SDM. Universitas Brawijaya Press.

Sumar, W. T., & Razak, I. A. (2016). Strategi pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis soft skill. Deepublish.

Published
2020-09-16
How to Cite
Rahman, A., Fakhruddin, F., Burhanuddin, B., & Firman, F. (2020). Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Dan Pegawai Pada Smp Negeri 2 Balaesang Kabupaten Donggala. Jurnal Sinar Manajemen, 7(2), 61-66. https://doi.org/10.56338/jsm.v7i2.1223
Section
Articles