PENGARUH INFORMASI ARUS KAS OPERASI DAN LABA USAHA TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Nurlaila Wahid STIE PHANCA BAKTI PALU
Keywords: Laba Usaha, Perusahaan Manufaktur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh informasi arus kas operasi dan laba usaha terhadap harga saham pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini dikategorikan ke dalam jenis penelitian deskriptif verifikatif bersifat kausalitas. Lokasi penelitian yaitu di Bursa Efek Indonesia (BEI), dengan waktu penelitian selama 2 (dua) bulan terhitung dari bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2010 sampai dengan tahun 2014, dengan jumlah populasi 143 perusahaan, sedangkan tehknik pengambilan sampel menggunakan tehknik Purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data-data historis berupa data sekunder. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan disimpulkan sebagai berikut: perusahaan manufaktur menghasilkan arus kas operasi positif sehingga mampu mendanai kegiatan operasinya tanpa mengandalkan sumber pendanaan dari luar.

 

References

Almilia, Luciana Spica dan Sulistyowati, Dwi. 2007. Analisa Terhadap Relevansi Nilai Laba, Arus Kas Operasi dan Nilai Buku Ekuitas Pada Periode Di Sekitar Krisis Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur di BEJ. Proceeding Seminar Nasional, Juni 2007: 1-17.

Arifin, M. Aryo. 2012. Analisis Pengaruh Faktor Fundamental Internal dan Eksternal terhadap Harga Saham Perusahaan Sektor Perbankan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9, No.2, Juli 2012: 66 -79.

Boediono, Gideon.S.B. 2005. Kualitas Laba: Studi Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Dan Dampak Manajemen Laba bDengan Menggunakan Analisis Jalur. Simposium Nasional Akuntansi VIII. Solo.

Darmadji dan Fakhruddin. 2008. Go Publik: Strategi Pendanaan dan Peningkatan Nilai Perusahaan. : Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Dharmastuti, F., dan A. Wirjolukito. 2004. “Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Keuangan Terhadap Harga Saham Perusahaan Go Public di BEJâ€. Jurnal Manajemen – FE. Atmajaya, Vol. 1, no. 1. pp. 44 – 61.

Hartono, J. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. BPFE. Yogyakarta

Ilham Pakawaru, 2002. Hubungan Cash Flow Operasi Dengan Perubahan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Jakarta Periode 1994-1996. Tesis. Universitas Diponegoro, Semarang.

Indonanjaya, Kurniawan dan D.S.Kodrat. (2010). Manajemen Investasi: Pendekatan Teknikal dan Fundamental untuk Analisis Saham. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Roza Thohiri & Imelda Sirahar, 2013. Pengaruh Informasi Arus Kas dan Laba Bersih Terhadap Volume Perdagangan Saham pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, ISSN 1858 – 3202 JURNAL BINA Akuntansi – IBBI Volume 19 : No. 1 Juni 2013.

Suharmadi. (2003). Hubungan Fungsional Arus Kas, Laba dan Ukuran Perusahaan Dengan Return Saham Di Bursa Efek Jakarta. Tesis Universitas Diponegoro Semarang.

Widya Trisnawati & Wahidahwati (2013), Pengaruh Arus Kas Operasi, Investasi Dan Pendanaan serta Laba Bersih Terhadap Return Saham. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi Volume 1 Nomor 1, Januari 2013.

Published
2020-03-15
How to Cite
Wahid, N. (2020). PENGARUH INFORMASI ARUS KAS OPERASI DAN LABA USAHA TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Sinar Manajemen, 7(1), 7-10. https://doi.org/10.56338/jsm.v7i1.1093
Section
Articles