UPAYA GURU DALAM PEMBINAAN KEDISIPLINAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 MOMUNU
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai para guru dalam mengembangkan disiplin untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran dalam bidang keislaman (gradestudenst) pertama SMP Negeri 1 Momunu. Topik diskusi adalah deskripsi dari teanhers ' effotrs dan implikasi.
Untuk memusnahkan masalah ini, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan sumber data primure dan secondari. Teknik pengumpulan data pengguna adalah pengamatan, wawancara dan dokumentasi, serta teknik analisis usingdata pikir pengurangan data, presentasi data, data verifikasi dan menggambar cocninklusi. Peneliti juga membuat tahapan penelitian sebagai referensi dalam mengkuras proses penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para teachers'adalah (a) seorang students'personality sehingga mereka dari Self-Awarenes dengan memberikan nasihat agama dan memberikan pemahaman tentang subyek pendidikan Islam (b) membuat agama Islam aturan sebagai upaya untuk membentuk students'disiplin, siswa belajar memerintah yang baik dan mencegah kejahatan (c) memberikan pelatihan dan habituasi berulang kali, yaitu pelatihan, siswa untuk mempraktekkan materi dalam proses pembelajaran, sehingga siswa aktif dalam belajar dan (d) memberikan imbalan dan hukuman sebagai jauh untuk membentuk disiplin siswa. Para guru memberikan penghargaan dalam bentuk pujian para siswa yang berperilaku dan memberikan hukuman kepada siswa bandel dan dapat dilakukan pelanggaran. Impilifikasi adalah (a) ada students'compliance untuk mengikuti proses pembelajaran dan willingnes dan keterlibatan siswa untuk berpartisipasi dalam segala bentuk kegiatan belajar yang dilakukan oleh guru ((b) siswa dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru dan mulai untuk dapat mempraktekkan pokok bahasan agama dalam kegiatannya yang dipandu dan diarahkan kepada guru PAI dan (c) memiliki implikasi bagi guru yang mencoba merancang kegiatan belajar agar topi itu menarik siswa (d) siswa anthusiatic dalam proses pembelajaran yang berpartisipasi yang dirancang oleh guru (e) siswa menyelenggarakan dan dapat mempraktekkan Pai materi yang disampaikan oleh guru.Â
Kata kunci: disiplin, kegiatan belajar dan Pendidikan Islam
References
Anshari, M. Hanafi. 2013. Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.
Azra, Azyumardi. 2013. Paradikma Baru Pendidikan Nasional Rekonstruksi dan Demokratisasi, Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
Azwar, Saifuddin. 2014. Sikap manusia Teori dan Pengukurannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baharuddin dan Esa NurWahyuni, 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Daryanto dan Suryatri Darmiatun, 2016. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogykarta: Penerbit Gava Media.
Djumhur dan Muhammad Surya, 2014. Bimbingan Dan Penyuluhan di Sekolah, Bandung: CV. Ilmu.
Faisal, Sanapiah, 2012. Penelitian Kualitatif, Dasar-dasar dan Aplikasi, Malang: Yayasan Asih Asuh.
Gunarsa, Singgih D. & Y. Singgih D. Gunarsa, 2012. Psikologi Untuk Membimbing, Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Hadi, Sutrisno. 2016. Metodelogi Research II, Jakarta: Andi Ofset.
Hamalik, Oemar. 2015. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Hamalik, Oemar. 2010. Metoda Belajar Dan Kesulitan-Kesulitan Belajar, Bandung: Tarsito.
Kementerian Pendidikan Nasional, 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Khodijah, Siti. 2012. Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa dengan Menggunakan Reward Sticker Pictured: Studi Terhadap Siswa Kelas II SD N Pisangan 03 Legoso Ciputat Timur Tangerang Selatan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Masdul MR. Komunikasi pembelajaran. IQRA J Ilmu Kependidikan Dan Keislam. 2018;13(2):1–9.
M.S, Tohirin, 2016. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mercelia, Elvira dan Tites Rosinta, Kedisiplinan Siswa di Sekolah (online) (https://bagi ilmunei.blogspot.com/2017/04/makalah-kedisiplinan-siswa-di-sekolah.html), diakses tanggal 30 Januari 2019.
Milles, Mattew B dan A Michael Huberman, 2013. Qualitative Data Analisis, Cet. VIII, Jakarta: UI-Press.
MoeLeong, Lexi J. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Munirah, Petunjuk Alquran Tentang Belajar Dan Pembelajaran, Jurnal Lentera Pendidikan, Vol. 19 No. 1 Juni 2016 UIN Alauddin Makassar.
Mufarik A, Lasawali AA, Masdul MR, Muhammad M, Kalamunting SD. Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Program Asrama di SMP IT Qurrota A’yun Palu. IQRA J Ilmu Kependidikan dan Keislam. 2019;14(2):78–82.
Nasution, S. 2015. Didaktik Asas-asas Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.
Poerbakatja, 2014. Soesarda Ensklopedia Pendidikan, Gunung Agung: Jakarta.
Rahardjo, Dawan. 2013. Ensiklopedi Alquran; Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-konsep Kunci (Jakarta: Paramadina.
Riduwan, 2012. Belajar Mudah Penelitian untuk Pemula, Bandung: Alfabeta.
Rohani, Ahmad dkk, 2015. Pengelolaan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Saputra, Singgih Tego dan Pardiman. 2012. Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol 10 No. 1.
Sardiman, 2015. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press.
Slameto, 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Subari, 2013. Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Perbaikan Situasi Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, Nana. 2016. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Cet. 14, Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Supriyanto, Disiplin Kelas dan Pengelolaan Kelas (online) (https://gurumuda21 .wordpress.com/2017/03/22/makalah-disiplin-kelas-dan-pengelolaan-kelas/), diakses tanggal 21 Januari 2019
Sutadipura, Balnadi. 2012. Aneka Problema Keguruan, Bandung: Angkasa.
Tu’u, Tulus. 2012. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa, Jakarta: Grasindo.
Yusuf, Syamsu. 2013. Disiplin Diri dalam Belajar Dihubungkan dengan Penanaman Disiplin yang Dilakukan oleh Orang Tua dan Guru, Bandung: FPS Bandung.