PERANAN EKSTRAKURIKULER SENI KALIGRAFI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH NUNU PALU

  • Irawati A. Sahman Bagian Tarbiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Normawati Normawati Bagian Tarbiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muhammad Rizal Masdul Bagian Tarbiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang ekstrakurikuler seni kaligrafi di MA Muhammadiyah Nunu Palu yang dapat menghasilkan kreativitas peserta didik. Dalam skripsi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan pokok tentang bagaimana peranan ekstrakurikuler seni kaligrafi dalam meningkatkan kreativitas peserta didik. Permasalahan yang dapat diidentifikasikan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler seni kaligrafi dan implikasi ekstrakurikuler seni kaligrafi terhadap peningkatan kreativitas peserta didik di MA Muhammadiyah Nunu Palu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data kemudian dianaalisis melalui pengolahan data dan analisa data.. Hasil penelitian peranan ekstrakurikuler seni kaligrafi dalam meningkatkan kreativitas peserta didik memiliki peran besar sehingga berpengaruh terhadap kreativitas peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian peranan ekstrakurikuler seni kaligrafi yaitu kaligrafi merupakan warisan kebudayaan islam yang masih dapat dinikmati sampai sekarang, merupakan perpanjangan fikiran manusia yang salah satu sarananya adalah pena, merupakan sarana informasi yang memiliki keindahan yang bernilai budaya. Pelaksanaan ekstrakurikuler seni kaligrafi ialah dengan menjelaskan materi tentang teknik-teknik dasar penulisan kaligrafi dengan contoh kalimat dipapan tulis kemudian peserta didik menyalinnya di atas kertas HVSnya masing-masing, menyediakan ruangan agar mereka lebih leluasa dalam berkreasi. Implikasi penelitian dapat dijadikan pertimbangan bahwa peranan ekstrakurikuler seni kaligrafi memiliki peran dalam meningkatkan kreativitas peserta didik seperti peserta didik lebih pandai dalam menulis arab, menumbuhkan sikap religius, menimbulkan sifat krreatif, dan sebagai sarana mencari rezeki.

Author Biographies

Irawati A. Sahman, Bagian Tarbiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
Mahasiswa
Normawati Normawati, Bagian Tarbiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen
Muhammad Rizal Masdul, Bagian Tarbiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen

References

Kompri. 2016. Manajemen Pendidikan. Cet. II. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Masdul MR. Komunikasi pembelajaran. IQRA J Ilmu Kependidikan Dan Keislam. 2018;13(2):1–9.

Mohammad Ilahi, Takdir. 2013. Quantum Parenting. Cet 1. Jakarta: Kata Hati.

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Cet. III Jakarta: Rineka Cipta

Ramayulis. 2008. Ilmu Pendidikan Islam, Cet. VI. Jakarta: Kalam Mulia.

Wahyudi. 2007. A to Z Anak Kreatif. Jakarta: Gema Insani.

Wana, Made. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer “Suatu Tujuan Konseptual Operasionalâ€. Jakarta: Bumi Aksara

Published
2018-10-15
Section
Fakultas Agama Islam