Pengaruh Konsep Diri dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Lore Timur
The Influence of Self-Concept and Learning Discipline on Student Achievement at State Vocational School 1 Lore Timur
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh konsep diri dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Lore Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Sampel dalam penelitian ini adalah 49 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa konsep diri dan disiplin belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada SMK Negeri 1 Lore Timur. Konsep diri berpengaruh secara parsial terhadap prestasi belajar siswa pada SMK Negeri 1 Lore Timur. Disiplin belajar berpengaruh secara parsial terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Lore Timur.
References
Ardianti, Tanti. "Pengaruh konsep diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Kabupaten Serang." Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan 2.1 (2019)
Dewi, Yolanda Puspita, and Heru Mugiarso. "Hubungan antara konsep diri dengan efikasi diri dalam memecahkan masalah melalui konseling individu di SMK hidayah Semarang." JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 6.1 (2020)
Killing, B. N. "Tinjauan Konsep Diri." Psikologi Pendidikan Dan Konseling 1.1 (2015).
Dini Siti Nurahma, Sri Murni Soenarno, and Fitri Damayanti. "Pengaruh Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Di SMK Analis Kesehatan Tunas Medika Jakarta." EduBiologia: Biological Science and Education Journal 1.1 (2021): 62-67.
Prasojo, Retmono Jazib. "Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS." Ekonomi IKIP Veteran Semarang 2.1 (2014)
Roslia Nur Azmi. Pengaruh Konsep diri, disiplin belajar, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas. Jurnal kependidikan (2018)
Saputra, Rio Arda, and Ahmad Hariyadi "Pengaruh konsep diri dan reward terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewirausahaan." Jurnal Educatio Fkip Unma 7.3 (2021)
Sukmanasa, Elly. "Hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial." Jurnal kreatif: jurnal kependidikan Dasar 7.1 (2016).
Widiastuti, Asih. "Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Jaringan Mata Pelajaran Biologi Lintas Minat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Make a Match." EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran 1.1 (2021)
Yuliantika, Siska. "Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin belajar siswa kelas X, XI, dan XII di SMA Bhakti yasa Singaraja tahun pelajaran 2016/2017." Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 9.1 (2017)






