Pengaruh Efikasi Diri dan Pemberdayaan Pegawai terhadap Kinerja Pegawai PNS pada UPT Puskesmas Petumbea di Kec. Lembo Raya Kab. Morowali Utara

The Effect of Self-Efficacy and Employee Empowerment on the Performance of Civil Servant Employees at UPT Petumbea Health Center in Kec. Lembo Raya Kab. North Morowali

  • I Kadek Agung Tirtayasa Universitas Abdul Aziz Lamadjido (AZLAM) Palu
  • I Nyoman Swedana Universitas Abdul Aziz Lamadjido (AZLAM) Palu
  • Ririn Parmita Universitas Abdul Aziz Lamadjido (AZLAM) Palu
Keywords: Efikasi Diri, Pemberdayaan Pegawai, Kinerja Pegawai

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh efikasi diri dan pemberdayaan pegawai terhadap kinerja pegawai PNS pada UPT Puskesmas Petumbea di Kecamatan Lembo Raya Kabupaten Morowali Utara baik secara parsial maupun simultan. Terjadinya tingkat kinerja pelayanan pegawai Puskesmas yang kurang baik menjadi suatu fenomena yang cenderung dilatarbelakangi oleh efikasi diri yang rendah dan pemberdayaan pegawai yang belum maksimal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai PNS UPT Puskesmas Petumbea. Sampel pada penelitian ini adalah 35 pegawai, dengan teknik Probability Sampling metode yang digunakan adalah Sampling Jenuh (Metode Sensus). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan statistik deskriptif dengan menganalisis korelasional antar variabel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif data yang meliputi tabel distribusi frekuensi, kemudian untuk menguji hipotesis menggunakan uji analisis linear berganda. Dengan menggunakan perangkat lunak Statistical Product and System Solution (SPSS) versi 26. Hasil penelitian menyatakan bahwa efikasi diri dan pemberdayaan pegawai secara parsial dan simultan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai PNS pada UPT Puskesmas Petumbea di Kecamatan Lembo Raya Kabupaten Morowali Utara. Di tunjukan dengan besarnya nilai thitungX1 3,975 dan X2 6,491 lebih besar dari nilai ttabel 1,693 dan Fhitung 65,420 lebih besar dari Ftabel 3,29. Sesuai dengan kaidah keputusan Ha diterima dan Ho di tolak, dengan demikian hipotesis yang penulis lakukan dapat diterima.

References

Imam Ghozali. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat. Semarang: Universitas Diponegoro.
Muhammad Fitra Hadi. Pengaruh Efikasi Diri dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara :Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 2020.
Riduwan. 2011. Rumusdan Data dalamAplikasiStatistika. Bandung :Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. CV
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.penerbit: Alfabeta. Bandung.
Published
2023-07-11
Section
Artikel Penelitian