PENTINGNYA SIFAT ISTIQOMAH DALAM MEMBINA KEHIDUPAN RUMAH TANGGA DI DESA NGUNE DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM

  • Sarini Sarini Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muh Rizal Masdul Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Surni Kadir Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “PENTINGNYA SIFAT ISTIQOMAH DALAM MEMBINA KEHIDUPAN RUMAH TANGGA DI DESA NGUNE DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAMâ€, dengan pokok permasalahan 1). Bagaimana deskripsi pentingnya sifat istiqomah dalam membina kehidupan rumah tangga dalam tinjauan pendidikan Islam? 2) Bagaimana implementasi pentingnya sifat istiqomah dalam membina kehidupan rumah tangga di Desa Ngune dalam tinjauan pendidikan Islam? Dengan sub masalah, yakni “Mendeskripsi Pentingnya Sifat Istiqomah dalam Membina Kehidupan Rumah Tangga Di Desa Ngune Dalam Tinjauan Pendidikan Islam.â€Â  Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah Pertama untuk mengetahui deskripsi pentingnya sifat istiqomah dalam membina kehidupan rumah tangga dalam tinjauan pendidikan Islam. Kedua untuk mengetahui implementasi pentingnya sifat istiqomah dalam membina kehidupan rumah tangga di Desa Ngune dalam tinjauan pendidikan Islam.

Penelitian ini menggunakan metode dan teknik deskriptif kualitatif dengan pendekatan pendidikan Islam. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan masalah dalam skripsi ini ditemukan bahwa : pertama Sebagian besar rumah tangga di Desa Ngune Kecamatan Lakea memiliki keharmonisan rumah tangga yang tinggi karena sifat istiqomah pada upaya pembinaan dalam rumah tangga. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan melalui 10 rumah tangga didapatkan 6 rumah tangga mempunyai tingakat keharmonisan dan istiqomah yang tinggi, 3 rumah tangga sedang, dan 1 rumah tangga rendah. Kedua penyatua hati dan fikiran berpengaruh atau berimplikasi terhadap keharmonisan rumah tangga karena ia membimbing manusia untuk memandang dan menjalani kehidupan berdasarkan paradigma pribadi utuh yang berpusat pada prinsip dan sifat istiqomah yang hakiki, hal ini sebagai implementasi dalam membina kehidupan rumah tangga dengan tindakan bijak, sikap dan ucapan yang akan membawa terhadap iklim keluarga yang harmonis. Sebagaimana pandangan Islam seperti dalam QS. An-Nisa (4) : “Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang Telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasikamu.â€

 

Kata Kunci    :    SifatIstiqomah, RumahTangga, pendidikan Islam.

References

Amrullah, Abdul Malik Karim. dkk. 2007.,Pendidikan Islam, Malang: UIN-Malang Press.

Astaman A, Kadir S, Masdul MR. Upaya mengatasi kejenuhan belajar (tinjauan pendidikan islam pada SDN 10 Banawa Kabupaten Donggala). J Kolaboratif Sains. 2018;1(1).

Djafar, Abidin. Dkk. 2013. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Proposal, Skripsi, Makalah, Artikel, Laporan Penelitian, Edisi Kelima, Palu, Penerbit PAI Unismuh Press.

Bastamana, Hanna Djumhana. Integrasi Psikologi Dengan Islam. Cet I; Jakaart : Pustaka Pelajar, 2002

H.A.R. Tilaar. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional Dalam Perspektif Abad 21,

Koentjaraningrat, 1997. Metode-Metode Penelitian masyarakat. Jakarta, Gramedia.

Mudzakkir, Jusuf, dkk. 2006.,Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media.

M. Athiyah al-Abrasyi,1987., Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Media Surya Grafindo.

Mar’at, Sikap Manusia—Perubahan Serta Cara Pengukurannya, Jakarta, Penerbit Ghalia Indonesia, 1982), hal. 45.

Muhammad Fadhil Al-Jamali. Tarbiah Al-Insan Al-Hadid (Al-Tunisiyah: al-Syrikah,tt)

Mohd. Abd. Rohim Ghunaimah. 2001.,Menjadi Manusia Pembelajar, Jakarta; PT. Kompas Media Nusantara.

Nanang Fattah, 2008.,Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Noeng Muhadjir. Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet III; Yogyakarta: Rakesarin, 1998

Peter Salim, 1991. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta Modern Engglish Press.

RI, Departemen Agama. 1991.,Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta : Yayasan Penyelenggara dan Penterjemah/Penafsir Al-Gur’an.

Suprayogo, Imam, 2004.,Pendidikan Berparadigma Al-Qur’an, Malang: Aditya Media & UIN Malang Press.

Sulasmini S, Normawati N, Masdul MR. Mitos Menaruh Lampu di atas Kuburan Plasenta Bayi di Desa Lakea I Kecamatan Lakea kabupaten Buol Dalam Tinjauan Pendidikan Islam. J kolaboratif Sains. 2018;1(1).

Shadly, Hasan. 1987, Sosiologi Untuk Masyarakat Indonesia.BN.Balai Pustaka ,Jakarta

Tafsir, Ahmad 2007.,Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Shalih Bin Fauzan, 2005, Kitab Tauhid: Jilid I. Universitas Islam Indonesia Fakultas Agama Islam Pusat Da’wah dan Pelayanan Masyarakat, (Cet. III; Yogyakarta).

Syarifuddin Jurdi, 2007,.Sejarah Wahda Islamiyah; Sebuah Geliat ormas Islam di Era Transisi, (Cet. I; Yogyakarta : Kreasi Kencana).

Suharsimi Arikunto, 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta, Rineka Cipta.

Veithzal Rivai,2009., Education Management, Analisis Teori dan Praktik, Jakarta: Rajawali Press.

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Agama Islam