MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASSED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI KELAS VIII MTS LAKEA

  • Marzuki Marzuki Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Surni Kadir Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Gazali Gazali Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Model Pembelajaran Problem Bassed Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Di Kelas VIII MTs Lakea. Dengan bentuk permasalahannya yaitu (1) Bagaimana motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Al-Quran Hadist dengan menggunakan Metode Problem Based Learning di Kelas VIII MTs Lakea, (2) Bagaimana Implementasi Metode Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadist di Kelas VIII MTs Lakea.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data melalui observasi, interview dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan dengan menggunakan mengadopsi, mengumpulkan semua data yang diperoleh dilapangan yang disesuaikan dengan fokus utama dari penelitian ini. Mengedit, berarti memperbaiki kata-kata informan yang tidak memiliki dengan fokus penelitian. Mengklasifikasi berarti memilah-milah seluruh pendapat informan tentang fokus penelitian kemudian membandingkan antara kelompok yang satu dengan yang lainnya dengan mekanisme dari setiap kelompok tersebut.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Al-Quran Hadist dengan menggunakan Metode Problem Based Learning di Kelas VIII MTs Lakea yakni adanya motivasi belajar siswa pada proses belajar mengajar mengajar pada mata pelajaran Al-quran Hadist Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Lakea yang dimana dalam penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam memotivasi peserta didik yang di MTs Lakea khususnya pada mata pelajaran Al-quran Hadist sudah sangat baik dan memiliki dampak yang sangat positif bagi siswa itu sendiri. (2) Implementasi Metode Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadist di Kelas VIII MTs Lakea yakni Dalam mengimplementasikan sebuah model pembelajaran tidak semudah yang dibayangkan karena diperlukan seorang pendidik yang paham betul akan model pembelajaran yang akan dterapkan pada proses belajar mengajar nantinya  tentu dalam hal ini adalah model pembelajaran Problem Bassed Learning. Karena hal ini akan berpengaruh kepada peserta didik itu sendiri. Semenjak diterapkan model pembelajaran Problem Bassed Learning pada Madrasah Tsanawiyah Lakea khususnya pada mata pelajaran Al-quran Hadist Kelas VIII dalam hal ini guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik, sudah sangat optimal dalam penerapannya.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Bassed Learning, Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis

References

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual, Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.

Djaali, Psikologi Pendidikan, Cet. Ke 3, Jakarta: Bumi Aksara, 2017.

Depdiknas, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: CV Eko Jaya, 2013.

Daradjat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2013.

Kementerian Agama RI.. Mushaf Al-Qur-an dan Terjemah. Bogor: Nur Publishing, 2017.

Masdul MR. Komunikasi pembelajaran. IQRA J Ilmu Kependidikan Dan Keislam. 2018;13(2):1–9.

Mufarik A, Lasawali AA, Masdul MR, Muhammad M, Kalamunting SD. Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Program Asrama di SMP IT Qurrota A’yun Palu. IQRA J Ilmu Kependidikan dan Keislam. 2019;14(2):78–82.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2013.

Mohamad, Hamzah B. Uno dan Nurdin, Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran PAILKEM, Jakarta: PT Bumi Aksara , 2014.

Muhammad, Ali. StrategiPenelitianPendidikan, Bandung: Angkasa, 2013.

Masyhuri, Aziz Abd. Mutiara Qur’an Dan Hadits. Surabaya: Al-ikhlas, 2013.

Nazir, Mohammad, Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2012.

Nata, Abuddin, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenamedia Group, 2014.

Rooijakkers, Ad. Mengajar dengan Sukses, Jakarta: PT Gramedia , 2016.

Riyanto, Yatim, Paradigma Baru Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2010.

Sahman IA, Normawati N, Masdul MR. PERANAN EKSTRAKURIKULER SENI KALIGRAFI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH NUNU PALU. J Kolaboratif Sains. 2018;1(1).

Suprihatiningrum, J. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi, Yogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada,2013.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2014.

Taufiq, Pendidikan Melalui Problem Based Learning, Edisi II, Jakarta: Kencana, 2015.

Usiono, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung:Cita Pustaka Media, 2016.

Yasipi, Suldian, “Kamus Lengkap Bahasa Indonesia (KBI-Besar)†Penerbit: Grafika, Jakarta, 2014.

Zuhri, Moh Terjemah Sunan At-Tirmidzi, Jilid 4, Semarang : CV.Asy-Syifa, 2012.

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Agama Islam