IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MAHASISWA
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi manajamen perpustkaan dalam meningkatkan minat baca mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palu. Manajamen perpustkaan adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan control yang telah dibentuk dalam perpustakaan tersebut. Sedangkan meningkatkan minat baca adalah suatu dorongan yang harus dimiliki oleh pustakawan dalam mengelolah perpustakaan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana cara memanajemen perpustkaan agar minat baca Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palu meningkat dan perpustakaan menjadi pusat kunjungan bagi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palu untuk dijadikan sumber informasi dan sebagai tempat untuk memenuhi kebutuhan Minat baca.
            Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, cara untuk mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertempat di perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palu di Jl. Hang Tuah. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa keadaan perpustakaan Universitas Muhammadiyah palu kurang diperhatikan sarana perpustakaanya sehingga  masih kurang mendapat kunjungan dari para mahasiswa Universitas Muhammadiyah palu.
           Hasil dari penelitian ini yang penulis lakukan di Perpustakaan Umum Universitas Muhammadiyah Palu, cukup baik dalam mengimplementasikan manajemen dalam meningkatkan minat baca mahasiswa Universitas Muhammdiyah Palu. Implementasi yang dilakukan oleh pihak Pepustakaan Universitas Muhammadiyah Palu, masih kurang memadai dalam memenuhi sarana perpustakaan yang membuat kurangnya mahasiswa berkunjung ke perpustakaan, terutama dalam pengadaan buku-buku yang relevan yang dibutuhkan mahasiswa, serta masih kurangnya pelayanan pegawai perpustakaan. Manejemen perpustakaan Universitas Muhammadiyah palu sama sekali belum mempunyai perencanaan yang baik yang membuat Perpustakaaan Universitas Muhammadiyah Palu kurang di minati oleh mahasiswa sehingga perlu adanya peran pimpinan tertinggi Unismuh dalam hal ini harus membuat standar operasional pelayanan (SOP) agar kiranya dalam proses perencaanaan bisa terealisasi.
Â
Kata Kunci   : Implementasi, Manajamen dan Perpustakaan           Â
References
Ara hidayat, imam mahali 2013. pengelolaan pendidikan perpustakaan, Bandung:
pustaka eduka
Bernawi dan marifin 2016. manejemen sarana dan persarana sekolah, Jakarta:
druuz media
Depdikbud loporan lokakarya 1997. Pengembangan minat dan kegemaran
membaca, Jakarta: depdikbud
Dian sinaga 2015. Pengelolaan perpustakaan sekolah, Bandung: bejana
Djumhur dan Muhammad surya 2014. bimbingan dan penyeluhan di sekolah,
Bandung: CV. ilmu
Engkoswara dan Aan komariah 2014. Administrasi pendidikan, Bandung: ALFA
Hani handoko 2013. manejemen perpustakaan minat baca siswa, Yogyakarta:
BPFE
Hendri guntur 2013. Tenaga kependidikan membaca keterampilan berbahasa,
Bandung: angkasa
Ibrahim bafadal 2013. Pengelolaan perpustakaan sekolah, Jakarta: PT. bumi
aksara
Lasa 2013. Manejemen perpustakaan sekolah, Bandung
Lexi J Moeleong 2004 Metodologi penelitiankualitatif, Bandung: PT. remaja
rosdakarya
Mattew B. Milles, A Michael buberman 2012. Kualitatif data analisis cet VIII
Nirwana, 2014. Majalah mimbar ulama yang tidak mampu membaca atau
tersisih, Jakarta
Nanang fatah 2013. Landasan manejemen pendidikan, Bandung: remaja
rosdakarya
Poerwaraminta 2013. Kamus umum bahasa indonesia, Jakarta: balai pustaka
Sudarmanto 2015. Tuntunan metodologi belajar cet 4 Jakarta: grasindo
Sunafiah faisal 2012. Pendidikan kualitatif dasar-dasar dan aflikasi, Malang:
yayasan asih asuh
Yayat Herudito 2014. Tujuan sumber daya lingkungan, Jakarta