PERAN PIMPINAN DAERAH AISYIYAH KABUPATEN BUOL DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN ANAK

  • Elsa Risty Fauzia Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Colle M. Said Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Normawati Normawati Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Jurnal ini membahas studi tentang. Peran Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Buol  Dalam Meningkatkan Pendidikan Anak. Dengan pokok bahasan bagaimana peran Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Buol dalam meningkatkan pendidikan anak dan bagaimana implikasi peran Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Buol dalam meningkatkan pendidikan anak. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Buol dalam meningkatkan pendidikan anak dan untuk mengetahui  implikasi peran Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Buol dalam meningkatkan pendidikan anak.

Untuk menjawab permasalahan penelitian ini menggunakan metode pendekatan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis  data melalui reduksi data ,penyajian data,verifikasi data  dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian skripsi ini yaitu (1.) Peran Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Buol dalam meningkatkan Pendidikan anak, sesungguhnya sangat  inovatif dan berkemajuan diberbagai bidang. Program-program yang ditawarkan pada RAKER (Rapat  Kerja) Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Buol memberikan kontribusi yang baik. Tetapi perlu banyak perbaikan terutama dalam hal Realisasi pada program dalam usaha peningkatan pendidikan anak. (2) Implikasi Peran Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Buol dalam Meningkatkan Pendidikan anak belum  maksimal secara real. Disebabkan karena kurang kerjasama antara pengurus dalam memajukan pendidikan formal, pendidikan non formal anak. Minimnya kajian pendidikan anak terhadap kader, dan tenaga pengajar pada lembaga pendidikan ‘Aisyiyah itu sendiri yang berpengaruh terhadap kemajuan lembaga pendidikan.

Adapun hal hal yang mempengaruhi peran Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah  Kabupaten Buol dalam meningkatkan pendidikan anak 1) Meningkatkan Pendidikan anak adalah hal penting, sehingga sebagai kader Aisyiyah atau pengurus Aisyiyah perlu lagi kerjasama dalam realisasi program pendidikan anak di lembaga pendidikan formal. Pada pendidikan Kader juga masi minim kajian atau seminar tentang pendidikan anak.oleh karena itu diharapkan kedepannya Pengurus Pimpinan Daerah Aisyiyah lebih menghidupkan kajian-kajian pendidikan. 2) Pemerintah juga sangat dibutuhkan perhatian kepada lembaga pendidikan dasar (TK/PAUD). Penulis sangat mengharapkan pemerataan tenaga pendidikan di TK/PAUD Aisyiyah Kabupaten Buol dan anggaran yang lebih memadai demi terwujudnya pendidikan dasar anak yang lebih baik.

Kata Kunci

:

Peran, Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah, Pendidikan Anak

References

Al-Quran dan Terjemahnya, 2015 Mujamma’ Al Malik Fahd

Depdiknas, 2012 Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2012), h.326

Dewantoro Ki Hajar, 2014 Karya Bagian Pertama; Pendidikan, (Yogyakarta:

Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa)

Ismail,2014Islam agama yang sempurna. (Cet. II, Jakarta: PT Bumi Aksara)

Maleong,Lexy J. 2015 Penelitian Kualitataif. (Cet. III, Bandung: Remaja Rosdakarya),

Nana, Syaodih 2014 Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya,), h.24

Noor, Farida Susan2016 / Diroyah: Jurnal Ilmu Hadis 1, 1 ( September): 35-42

Pimpinan Pusat Aisyiyah, 2016:113

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, makalah, Skripsi, Jurnal, 2019 FAI-Universitas Muhammadiyah Palu edisi ke 8 (Revisi)

Rimba, Ahmad D. 2014 Filsafat Pendidikan Islam (Baandung: Al-Ma’arif)

Ro’fah Phd 2016Posisi dan jati diri ‘Aisyiyah :perubahan dan perkembangannya 1917-1998 ( Cet I. Suara Muhammadiyah)

Rinaldo, Adi Pratama, 2014 Tahapan-Tahapan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Untold Story Of History :22 Desember)

Setiadi, Elly M dan Usman Kolip, 2014 Peran dan Kedudukan h.46

Soyamukti Nurani, 2013 Teori-teori Pendidikan Tradisional (Neo) Liberal, Marxis-Sosialis Postmodern, (Jogjakarta: Ar-Ruzz. Media), h.29

Syamsul Hidayat dkk, 2015 KH.Ahmad Badawi: Tujuan Aisyiyah:123

Soemanto, Wasty .2014 Pedoman Teknik Penulisan Skripsi (Cet. 1, Jakarta: PTBumi Aksara), h. 14-15.

Usman, Husaini. 2014 Metodologi Penelitian Sosial, (Cet. III, Jakarta: BumiAksara Press, , h. 54.

Yulis, Rama. 2016 Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta : Kalam Mulia), h.29-30

Yusuf, Feisa A. 2015 Makalah: Pokok-Pokok tentangIlmu Pengetahuan Islam (Bandung: Yayasan UlulAlbab)

Zuhairini, dkk. 2014 Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta : Bumi Aksara, 2014)

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Agama Islam