Analisis Kinerja Logistik Jasa Layanan Perusahaan PT. Amaly Mitra Abadi

Analysis of Logistics Performance of PT. Amaly Mitra Abadi Company Services

  • Mirna A. Tolla Universitas Widya Nusantara Palu, Indonesia
  • Moh. Rezsa Kuntara Universitas Widya Nusantara Palu, Indonesia
  • Arsella Indra Lestari Universitas Widya Nusantara Palu, Indonesia
Keywords: Logistik, Manajemen Logistik, Important Performance Analysis, Diagram Kartesius, Kinerja Layanan Logistik

Abstract

Logistik merupakan ilmu yang harus diperhatikan dalam perkembangan dunia bisnis saat ini yang semakin pesat, mengingat pertumbuhan ekonomi yang semakin kompleks seperti produktivitas barang-barang yang dihasilkan perusahaan, bagaimana penyaluran dan penyimpanannya serta pengelolaan hasil produk secara menyeluruh memerlukan penanganan khusus dan serius. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi persepsi distributor mobil terhadap kinerja PT. Amaly Mitra Abadi sebagai penyedia jasa layanan logistik di Kota Palu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian meliputi semua distributor mobil di Kota Palu, yaitu PT. Balindo Manunggal Bersama, PT. Bosowa Berlian Motor, PT. Hadji Kalla, dan PT. Patrako Motor Abadi. Responden penelitian adalah manajer, kepala logistik, kepala pergudangan, staf pembelian, dan staf marketing dari masing-masing perusahaan, dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Important Performance Analysis (IPA) dan Diagram Kartesius untuk mengidentifikasi perbedaan prioritas dan persepsi terhadap kinerja logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing distributor memiliki prioritas yang berbeda terhadap indikator kinerja logistik. PT. Balindo Manunggal Bersama lebih mengutamakan kecepatan proses pemesanan dan efisiensi biaya, sementara PT. Bosowa Berlian Motor menitikberatkan pada bongkar muat dan ketersediaan transportasi. PT. Hadji Kalla memprioritaskan kualitas mobil di gudang dan kecepatan layanan, sedangkan PT. Patrako Motor Abadi mengutamakan konsistensi pengiriman dan efisiensi biaya. Hasil ini memberikan implikasi bahwa PT. Amaly Mitra Abadi perlu mengembangkan strategi layanan yang lebih adaptif untuk memenuhi kebutuhan spesifik setiap distributor. Penelitian ini juga memberikan kontribusi pada literatur mengenai evaluasi kinerja logistik di sektor otomotif dan membantu perusahaan meningkatkan daya saing melalui layanan logistik yang lebih efektif dan efisien.

References

Assauri, Sofyan. S., 2008. Manajemen Produksi Dan Operasi, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.
Bardhani S., M. Alif, Fransisca R. Zakaria, Nurheni Sri Palupi, 2009. Analisis Persepsi Konsumen terhadap Produk Minyak Sawit Merah Sebagai Minyak Kesehatan (Studi kasus : Perumahan Ciomas Permai, Bogor). Manajemen IKM. Vol 4.No. 2.
Bowersox, Donald J., 2002. Manajemen Logistik : Integrasi Sistem-sistem, Manajemen Distribusi fisik dn Manajemen Material, Terjemahan, PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Brahmasari, Ida Ayu, 2004. Pengaruh Variabel Budaya Perusahaan terhadap Komitmen Karyawan dan Kinerja Perusahaan Kelompok Penerbitan Pers Jawa Pos, Disertasi Universitas Airlangga, Surabaya.
Byar, Loyd & Leslie W. Rue. 1984, Human Resources and Management Skill, Kerper & Row, Publisher, New York.
Chow, W., Madu, C., Kuei, C. H., Lu, M., Lin., C., & Tseng, H., 2008. Supply Chain Management in the US and Taiwan: An Empirical Study. Omega 36(5): 665-79.
Ghiani, Laporte and Musmanno, 2004. Introduction to Logistics System Planning and Control, John Wiley & Sons Ltd, Chicester.
Handoko, T. Hani, 2000. Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi L. BPFE, Yogyakarta.
Hariandja, Marihot, 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Graffindo, Jakarta.
Heizer, Jay and Render Barry, 2010. Operations Management. Manajemen Operasi, Edisi 9. Salemba empat, Jakarta.
Hidayatullah, C. Juaniar. 2006. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Pengguna Bus Malam Cepat Safari Dharma-Raya. Malang: Jurusan Manajemen Pemasaran FE Universitas Brawijaya
Hurley, Robert, F. And Estelamy, Hooman, 1998. Alternative Indixes For Monitoring Costmer Perception Of Service Quality ; A Comparative Evaluation In A Retail Context, Journal Of The Academy Of Marketing Science.
Ikatan Akuntansi Indonesia, 1994, Standar Akuntansi Keuangan, Buku I, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Ilyas, Yaslis, 1999. Kinerja, Teori Penelitian, Cetakan I, Pusat Kajian Ekonomi Kesehatan, Fakultas Kesehatan, Mars Universitas Indonesia, Jakarta.
Indrajit, Richardus Eko dan Djokopranoto Richardus, 2002. Konsep Manajemen Supply Chain Cara Baru Memandang Mata Rantai Penyediaan Barang, PT. Gramedia Widiasarana Indonesia (GRASINDO).
Irawan, Prasetya. 1997. Manajemen Sumber Daya manusia, STIA LAN, Jakarta.
Jacobalis, Samsi, 2000. Beberapa Teknik dalam Manajemen Mutu, Manajemen Rumah Sakit. Universitas Gadjahmada, Yogyakarta.
Jacobs, F. Robert and Chase Richard B., 2008. Operations and Supply Management : The Core, The McGraw-Hill/Irwin Compaies, New York.
Kosasih, Sobarsa, 2009. Manajemen Operasi, bagian pertama. Penerbit: Mitra Wacana Media, Jakarta.
Laurensius, Ferry, 2006, Jurnal Manajemen Usahawan Indonesia, Jakarta: Penerbit Lembaga Manajemen FE UI
Mangkunegara, Anwar Prabu AA., 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Marwan, Asri, 1991. Marketing, Edisi Pertama, Cetakan Kedua, UPP, AMPP, YKPN, Yogyakarta.
Mathis, Robert L., dan Jackson, John H., 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Penerbit Salemba Empat
Nitisemito, S., 1993. Pemasaran, Edisi Revisi, Cetakan Ketiga Belas,Ghalia Indonesia, Jakarta.
Pardede, Pontas M., 2005. Manajemen Operasi dan Produksi; Teori, Model dan Kebijakan. ANDI, Yogyakarta.
Prasetya, Hery dan Lukiastuti Fitri, 2009. Manajemen Operasi. MedPress, Yogyakarta
Rahmawati, Emma, dan Musa Hubeis, 2011. Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Loyalitas Pelanggan Jasa Pengiriman Paket Pada Kantor Pos Kota Depok. Jurnal Manajemen an Organisasi Vol. II, No. 1. April 2011.
Reksohadiprodjo, Sukanto, 1997. Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi 1. BPFE, YOGYAKARTA.
Sedharmayanti, 2003, Good Govermance (Kepemerintahan Yang Baik) Dalam Rangka Otonomi Daerah: Upaya Membangun Organisasi Efektif & Efisien, Bandung: CV. Mandar Maju
Setiadi, Nugroho J, 2000. Perilaku Konumen : Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penetian Pemasaran, PT. Prenada Media, Jakarta
Setiadi, Nugroho J. (2010) Perilaku Konsumen (Edisi Revisi) Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, Dan Keinginan Konsumen (Cetakan Ke-4). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Siagian, Yolanda M., 2005. Aplikasi Supply Chain Management Dalam Dunia Bisnis, PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.
Simamora, Henry, 1999. Manajemen Sumber Daya Manusia, STIEYKPN, Yogyakarta.
Siswanto, Boby, 2015. Kualitas Layanan Logistik PT JNE Surabaya Pada Jasa Layanan PESONA. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol. 4 No. 1 (2015).
Slack, Chambers, and Johnston, 2010. Operations Management, Sixth Edition. Rotolito Lombarda, Italy
Sople, Vinot V, 2007. Logistics Management The Supply Imperative First Impression, Dorling Kindersley Pvt. Ltd, India.
Stanton, William J. 1993. Prinsip-Prinsip Pemaaran, Erlangga, Jakarta.
Sudalaimuthu, S and Raj S. Anthony, 2009. Logistics Management For Internasional Bussiness text and cases, PHI Learning Private Limited, New Delhi.
Sugiyono, 2009. Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung.
Tika, Moh. Pabundu, 2006, Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan, Jakarta: PT. Bumi Aksara
Tjandra, W. Riawan, 2005, Peningkatan Kapasitas Pemerintah Daerah Dalam Pelayanan Publik, Yogyakarta: Penerbit Pembaruan
Tjiptono, Fandy, 2000. Manajemen Jasa, Edisi Kedua, Andi Offset, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy., Gregorius Chandra. (2011). Service, Quality, & Satisfaction, Edisi 3 Yogyakarta: Andi.
Tohardi, A. 2002. Pemahaman praktis Manajemen Sumber Daya Manusia, Cv. Mandar Maju, Bandung.
Toyli, Juuson. LottaHakinen. LauriaOjala and TapioNaula. 2008. Logistic and Financial Performance. International Journa of Physical Distribution and Logistics Management Vol 38 No.1 (2008).
Wallenbrg, C.M. and J. Weber. “Structural Equation Modelling as a Basic For Theory Development within Logistics and Supply Chain Management Research.” In H. Kotzab, S. Seuring, M. Muller and G. Reiner (Eds.), Research Methodologies in Supply Chain Management, Physica, Heidelberg, 2005, pp. 171-1985
Zeithaml, V.A., Parasuraman, A. dan Berry, L.L., (1990), Delivering Quality Service, New York.
Published
2025-02-28