Perancangan Sistem Pelaporan Masyarakat Untuk Fasilitas Pelayanan Publik di Kota Palu Berbasis Android Dengan Metode Waterfall

Design of a Public Service Facility Reporting System for the City of Palu Based on Android Using the Waterfall Method

  • Andi Anzanul Zikra Universitas Widya Nusantara
  • Moh. Rezsa Kuntara Universitas Widya Nusantara
  • Komala Sari Universitas Widya Nusantara
Keywords: Android, Fasilitas Pelayanan Publik, Sistem Pelaporan, Metode Waterfall

Abstract

Kota Palu, sebagai ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah, memerlukan peningkatan fasilitas pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi berbasis Android guna meningkatkan sistem pelaporan masalah fasilitas pelayanan publik menggunakan metode Waterfall. Aplikasi ini dirancang untuk mengatasi keterbatasan solusi berbasis web sebelumnya dengan mengintegrasikan fitur-fitur seperti validasi data, pengiriman laporan secara offline dengan sinkronisasi otomatis saat koneksi internet tersedia, pelacakan status laporan secara real-time, integrasi GPS untuk pelaporan lokasi yang akurat, dan push notification untuk pembaruan status pelaporan real-time. Pengujian whitebox telah dilakukan untuk memastikan rancangan aplikasi berfungsi sebagaimana mestinya, termasuk pendaftaran, pengiriman laporan, validasi data, dan integrasi GPS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi yang dirancang berfungsi dengan sangat baik dan dapat digunakan untuk memfasilitasi masyarakat dalam melaporkan keluhan mereka. Dengan hasil penelitian ini, diharapkan partisipasi masyarakat dalam memantau fasilitas publik meningkat dan komunikasi antara masyarakat dan pemerintah menjadi lebih baik, sehingga kualitas pelayanan publik di Kota Palu dapat terus meningkat.

References

Abidin, Taufiq, M Wiyugo, and Dyah Apriliani. 2019. “Implementasi Location Based Service Pada Aplikasi Pencarian Agen Travel Tegal.” Jurnal Politeknik Caltex Riau 3(2): 181.

Astari, Lia, and Khairil. 2014. “Pemetaan Location Based Service (Lbs) Wisata Bengkulu Berbasis Android.” Jurnal Media Infotama 10(2): 97.

“E-Government Mendorong Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik | AJI Palu.” https://palu.aji.or.id/2015/10/09/e-government-mendorong-peningkatan-kualitas-pelayanan-publik/ (July 8, 2024).

Firmansyah, Muhammad Faqih. 2022. “Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik Lapor Walikota Palu Terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna Layanan Di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah.” IPDN Kampus Jatinangor 01: 1–9.

Handrianus Pranatawijaya, Viktor. 2021. “Penerapan Location Based Serviced (LBS) Dalam Prototipe Pengenalan Ruangan Dengan Metode Extreme Programming.” Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika 15(1): 92–99. https://doi.org/10.47111/JTI.

Idham, Idham. 2024. “Public Manajemen Servicc Policy Healtt Services In The City Of Palu, Central Sulawesi.” International Journal of Science, Technology & Management 5(3): 667–72.

Juniawan, Fransiskus Panca, Dwi Yuny Sylfania, and David Wijaya. 2020. “Push Notification Penghubung Orang Tua Dan Guru Berbasis Android Menggunakan Firebase Cloud Messaging.” Journal of Information Systems and Informatics 2(2): 291–99.

Mazuera-Rozo, Alejandro et al. 2022. “Taxonomy of Security Weaknesses in Java and Kotlin Android Apps.” Journal of Systems and Software 187: 111233. https://doi.org/10.1016/j.jss.2022.111233.

Morrison, Leanne G. et al. 2017. “The Effect of Timing and Frequency of Push Notifications on Usage of a Smartphone-Based Stress Management Intervention: An Exploratory Trial.” PLoS ONE 12(1): 1–15.

Pearson, Amber L. et al. 2024. “Systematic Review of Best Practices for GPS Data Usage, Processing, and Linkage in Health, Exposure Science and Environmental Context Research.” BMJ Open 14(2): 1–15.

Petersen, Kai, Claes Wohlin, and Dejan Baca. 2009. “The Waterfall Model in Large-Scale Development.” Lecture Notes in Business Information Processing 32 LNBIP: 386–400.

Rozgonyi, Krisztina. 2023. “Accountability and Platforms’ Governance: The Case of Online Prominence of Public Service Media Content.” Internet Policy Review 12(4): 1–84.

Sakawati, Herlina et al. 2024. “Sistem Informasi Website Lapor Walikota Sebagai Pelayanan Publik Di Kota Palu.” 1(1): 13–20.

Thariq, Ahmad, and Gizella Angelin Que. 2023. “Aplikasi Layanan Ambulance Darurat Dengan Metode Location Based Service Berbasis Android.” Jurnal Kolaboratif Sains 6(11): 1552–62.

Utami, Westi et al. 2021. “Spatial Analysis of Residential Development in Palu City.” Tunas Geografi 9(2): 89.

Yulianto, Edy, Prahastiwi Utari, and Ignatius Agung Satyawan. 2020. “Communication Technology Support in Disaster-Prone Areas: Case Study of Earthquake, Tsunami and Liquefaction in Palu, Indonesia.” International Journal of Disaster Risk Reduction 45(November 2019): 101457. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2019.101457.

Yuwamahendra, Khukuh Anugrah, and Chanifah Indah Ratnasari. 2020. “Penerapan Teknologi Location - Based Services Dalam Mobile Application?: Suatu Tinjauan Literatur.” Automata 1(2): 1–5.

Published
2024-07-30
Section
Artikel Penelitian