Pengaruh Persepsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) Merek Canon di Kota Palu

  • Moh. Rezsa Kuntara Universitas Widya Nusantara
  • Komala Sari
  • Andi Anzanul Zikra
Keywords: Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap keputusan konsumen dalam membeli kamera DSLR Merek Canon di Kota Palu. Jenis penelitian ini merupakan gabungan antara deskriptif dan kausal dengan sampel 90 responden yang diambil menggunakan metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel Kinerja, Fitur, Daya tahan, Kemudahan perbaikan, Estetika, dan Kualitas yang dipersepsikan secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian, sementara variabel Kehandalan dan Kesesuaian tidak menunjukkan pengaruh signifikan secara parsial. Uji F menunjukkan bahwa semua variabel independen secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai sig-F 0,000 ? ? 0,05. Nilai R² sebesar 0,667 menunjukkan bahwa 66,7% variasi dalam keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh delapan variabel yang diteliti, sementara sisanya 33,3% dipengaruhi oleh faktor lain.

References

Alifabriyan Siska Almenia Affenti, Dariz Zunaida, & Khoiriyah Trianti. (2023). Pengaruh Fitur Produk Dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian pada Smartphone Merek Apple (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Islam Malang). Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis (JIAGBI), 12(1).
Ash Shadiq Egim, Liza Zulbahri, Imtihan, & Riche Fermayani. (2023). Meningkatkan Keputusan Pembelian Konsumen melalui Tangible, Kehandalan (Reliability) dan Daya Tanggap (Responsiveness) dalam Pelayanan. Jurnal Ecogen Universitas Negeri Padang, 6(3).
Assauri, S. (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Aston, M. (2024). Camera Brands Market Share 2024. Camera Prism. Retrieved from https://cameraprism.com/camera-brands-market-share/
Azwar, S. (2003). Validitas dan Reliabilitas (Kesatu). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Carasucia Manopo, Johny R.E Tampi, & Tinneke M. Tumbel. (2021). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame Kota Manado. Jurnal Productivity, 2(6).
Gaspersz, V. (2005). Total Quality Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hariadi, D., & Martoadmodjo, S. (2013). Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Projector Microvision. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 1(1).
Isyanto, P., Eman, S., & Herligiani, S. (2012). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Singaperbangsa Karawang. Jurnal Manajemen, 9(4).
Handayani, J. (2022). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Samakoi Farm, Purbalingga. Economics, Social and Humanities Journal (Esochum), 1(2).
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.
Malhotra, N. K. (2009). Riset Pemasaran: Pendekatan Terapan (4th ed.). Jakarta: Indeks.
Naufal Hakim, & Imam Nuryanto. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kepercayaan Merek dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Kamera Digital Canon Di Semarang. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan, 1(2).
Noviasari, H., & Ikram, M. A. (2013). Pengaruh Faktor Sosial dan Faktor Pribadi terhadap Keputusan Pembelian Kamera DSLR Canon di Kota Pekanbaru. Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan, 3(9).
Purwari, S., Setiawan, H., & Rohmawati. (2012). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Matic Beat (Studi Kasus Pada PT. Nusantara Solar Sakti). Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntansi (JENIUS), 2(3).
Rangkuti, F. (2006). Measuring Customer Satisfaction: Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Plus Analisis Kasus PLN – JP (3rd ed.). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Suci Fika Widyana, & Alda Dhiya Naufal. (2018). Analisis Kualitas Operasional Produksi (Survei terhadap PT Aerofood Indonesia). Jurnal Bisnis dan Pemasaran, 8(2).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Weenas, J. R. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA, 1(4).
Winardi. (2010). Kepemimpinan dan Manajemen. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Zainuddin, Kusnanto Dermawan, & M. Taufik. (2020). Pengaruh Dimensi Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kusen Cor Desa Rojopolo Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang. Journal of Organization and Business Management, 2(3).
Nur Shaadiqawati. (2014). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Kamera Tipe Digital SLR Merek Canon terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Perusahaan Canon di Jl.Banda Bandung). e-Proceeding of Management, 1(3).
Published
2024-07-23
Section
Artikel Penelitian