Pendidikan Moral Kids Zaman Now dalam Lingkungan Keluarga

Moral Education of Kids Today in the Family Environment

  • Mansur Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Rina Purnamawaty Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Nurlaila Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Kids Zaman Now, Pendidikan Moral, Pengawasan

Abstract

Akhir-akhir ini di Indonesia semarak dengan sebutan" Kids Zaman Now", tidak hanya di kalangan anak muda akan tetapi juga di kalangan anak-anak kecil yang masih di bawah umur. Munculnya perangkat informasi dan komunikasi memberikan pengaruh besar bagi masyarakat Indonesia, terutama bagi anak-anak di bawah umur yang tak dapat di pisahkan dengan dunia maya. Hal ini dapat merusak moral penerus bangsa Indonesia di zaman sekarang, banyak anak-anak masih di bawah umur yang telah melanggar Norma bahkan mereka tidak malu memviralkan kelakuan buruk mereka di dunia maya. Pendidikan moral merupakan serangkaian prinsip dasar moral dan keutamaan sikap serta watak yang harus dimiliki dan dijadikan kebiasaan oleh anak sejak masa pemula hingga ia menjadi seorang dewasa. Permasalahan yang muncul adalah kurangnya pengawasan sehingga anak-anak salah bergaul dan salah langkah, serta cepat terpengaruh oleh kebudayaan yang kurang bagus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini mengumpulkan data di kajian pustaka. Dalam hal ini penulis mengadakan pengumpulan buku, artikel, data internet maupun jurnal yang memiliki relevansi dengan pokok kajian penulis. Untuk menghadapi problematika Kids Zaman Now, yang diperlukan adalah peran keluarga dalam mendidik anak dan pengawan yang baik. Hal ini akan membuat anak zaman sekarang menjadi anak yang tidak ketinggalan zaman (sains dan teknologi) juga menjadi anak yang berakhlakul karimah. 

References

1. Syukron AA. Pendidikan Moral Kids Zaman Now Dalam Perspektif Islam. J-PAI J Pendidik Agama Islam. 2018;4(2).
2. Wardoyo SM. Pendidikan Moralitas Anak Dalam Perspektif Islam. TADRIS J Pendidik Islam. 2014;9(1):49–64.
3. Sholihah AM, Maulida WZ. Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. QALAMUNA J Pendidikan, Sos dan Agama. 2020;12(1):49–58.
4. Yusuf KM. Tafsir Tarbawi: pesan-pesan Al-Qur’an tentang pendidikan. Amzah; 2021.
5. Munir A, Adnan AR. Tafsir Tarbawi: Mengungkap Pesan Al-Quran tentang Pendidikan. 2008;
6. Istiadie J, Subhan F. Pendidikan Moral Perspektif Nasih Ulwan. J Pendidik Agama Islam (Journal Islam Educ Stud. 2013;1(1):45–60.
7. Yusuf KM, Zirzis A, Nurlaili SF. Tafsir Ayat Ahkam: Tafsir Tematik Ayat-Ayat Hukum. 2013;
8. Bahri S. World View Pendidikan Islam Tentang Pembentukan Karakter Peserta Didik Yang Holistik Dan Integratif. J MUDARRISUNA Media Kaji Pendidik Agama Islam. 2017;7(2):179–212.
9. Istiadie J, Subhan F. Pendidikan Moral Persfektif Nashih Ulwan, vol. 01, no. 1. Mei; 2013.
10. Rahmat J. Psikologi Sosial. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya; 1991.
Published
2023-01-19
Section
Artikel Penelitian