Analisis Efektivitas Reformasi Birokrasi dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia

Analysis of the Effectiveness of Bureaucratic Reform in Improving the Quality of Public Services in Indonesia

  • Herry Pasrani Mendrofa Universitas Kristen Indonesia
  • Bambang Supriadi Universitas Merdeka Malang
  • Shinta Happy Yustiari Universitas Brawijaya Malang
  • Arief Fahmi Lubis Sekolah Tinggi Hukum Militer AHM-PTHM
  • Maulida Khairunnisa Universitas Satyagama
Keywords: Birokrasi, Publik, Efisiensi, Korupsi, Pembangunan

Abstract

Artikel ini membahas bagaimana reformasi birokrasi Indonesia berhasil meningkatkan kualitas pelayanan publik. Tujuan reformasi sejak tahun 1998 adalah untuk mewujudkan birokrasi yang lebih responsif, profesional, dan transparan. Tantangan seperti korupsi dan inefisiensi masih ada, meskipun ada kemajuan dalam efisiensi dan akuntabilitas. Studi menunjukkan bahwa keberhasilan reformasi bergantung pada pengawasan eksternal dan partisipasi masyarakat. Selain itu, artikel ini membahas berbagai metrik kualitas pelayanan publik, termasuk kepuasan masyarakat, waktu respon, dan aksesibilitas layanan. Diharapkan reformasi ini akan menghasilkan pemerintahan yang bersih dan pelayanan publik yang baik, yang akan mendorong pertumbuhan berkelanjutan dan tata kelola pemerintahan yang baik di Indonesia

References

Adrie, A. (2018). Konsep Reformasi Birokrasi Pelayanan Publik dalam Perspektif Hukum Kepegawaian. Jurnal Keadilan Aktual , 3(1), 30–49.
BKD Cilacap. (2024). Reformasi Birokrasi Berdampak .
Dwi, A. (2023). Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Indonesia: Edisi 1 . KASN.
Daraba, S. (2019). Pengaruh Reformasi Birokrasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik .
Menteri PANRB. (2024). Capaian Reformasi Birokrasi 10 Tahun Terakhir.
Rohman, H., & Kurniawan, T. (2023). Analisis Naratif Kebijakan Reformasi Birokrasi di Indonesia 2005-2025. Jurnal Ilmu Administrasi Publik , 15(1), 45-60.
Setyasih, D. (2023). Evaluasi Reformasi Birokrasi dan Dampaknya Terhadap Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Publik , 14(2), 75-90
Sedarmayanti. (2009). Reformasi Birokrasi: Konsep dan Implementasinya .
Tjiptoherijanto, P. (2007). Reformasi Birokrasi di Indonesia: Tantangan dan Peluang .
Husni Rohman, & Teguh Kurniawan. (2023). Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik di Indonesia . Jurnal Ilmu Administrasi, 15(2), 111-125.
Hasibuan, E. H., Badaruddin, B., & Karyono, K. (2020). Implementasi Kebijakan E-KTP Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Kota Padangsidimpuan. PERSPEKTIF, 9(2), 465–482.
Vika, Sandra dan Sujianto. (2021).Efektivitas Reformasi Birokrasi Pada Area Perubahan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Di Pemerintah Kota Payakumbuh Provinsi Sumatera Barat.
Jurnal Niara Vol 14 No 2, September 2021, PP: 1-8
Wardyaningrum, D. (2016). Indeks Persepsi Korupsi dan Kualitas Pelayanan Masyarakat di Indonesia .
Wardana, Data dan Geovani Meiwanda. (2017). Reformasi Birokrasi Menuju Indonesia Baru, Bersih Dan Bermartabat. Jurnal Pemerintahan, Politik dan Birokrasi Yusriadi. (2018). Reformasi Birokrasi: Menuju Good Governance .
Yusriadi, Y., & Misnawati, M. (2017). Reformasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik (Studi Pelayanan Terpadu Satu Pintu). Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 7(2), 99–108
Published
2025-01-30
Section
Artikel Penelitian

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>