PENERAPAN METODE INQUIRY DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH WANAGADING KECAMATAN BOLANO LAMBUNU

  • Dwi Kristiani Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Normawati Normawati Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muh. Rizal Masdul Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Studi Skripsi ini mengenai penerapan metode penyelidikan untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran siswa pada subyek perilaku agama di Madrasah Aliyah (MA) Wanagading di distrik Bolano Lambunu, terkait dengan masalah utama dalam Skripsi ini yang menyatakan bagaimana metode penyidikan untuk meningkatkan perilaku pembelajaran siswa pada subjek iman di Madrasah Aliyah (MA) Wanagading? Dan bagaimana dampak dari penerapan metode penyelidikan untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran siswa pada subjek iman perilaku di MA Wanagading?

Keywords: metode permintaan, kegiatan belajar, behaviroura; iman.

References

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Depdiknas, 2016

Hamruni. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani, 2015

Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Kemenag, 2016

Komara, Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri dalam Belajar Sains terhadap Motivasi Belajar Siswa, (online) (http://www.guru hyogakomara. blogspot.com), diakses 6 Januari 2019.

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016

M. Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2015

Masdul MR. Komunikasi pembelajaran. IQRA J Ilmu Kependidikan Dan Keislam. 2018;13(2):1–9.

Mufarik A, Lasawali AA, Masdul MR, Muhammad M, Kalamunting SD. Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Program Asrama di SMP IT Qurrota A’yun Palu. IQRA J Ilmu Kependidikan dan Keislam. 2019;14(2):78–82.

Nana Sudjana, Cara belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Megajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2016

Pembukaan UUD 1945, Alinea 4 (https://www.putra-putri-indonesia. com/ pembukaan-uud.html), diakses tanggal 9 Januari 2019

Redaksi Rafika, Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Rafika, 2016

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung : Alfabeta, 2013

Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, Jakarta: Rieneka Cipta, 2015

W Gulo, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Grasindo, 2015

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. (Jakarta: Kencana, 2016

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2014

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Agama Islam