Gerakan Gemar Makan Ikan untuk Meningkatkan Hemoglobin Ibu Hamil dan Status Gizi Balita

Fish Eating Movement to Increase Hemoglobin in Pregnant Women and Nutritional Status of Toddlers

  • Ridha Hafid Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo
  • Ulfa Aulia Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Ikan, Bakso, Nuget, Ibu Hamil, Balita

Abstract

Gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) merupakan program pemerintah yang diinisiasi oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP RI) yang bertujuan memotivasi masyarakat untuk gemar makan ikan. Metode yang dilakukan dalam pengabdian ini adalah dengan memberikan sosialisasi tentang pentingnya mengkonsumsi ikan bagi ibu hamil dan balita demi mencegah terjadinya anemia ibu hamil dan masalah gizi pada balita. Kegiatan sosialisasi dirangkaikan dengan kegiatan pelatihan pengolahan ikan menjadi bakso ikan dan nugget ikan dan dilaksanakan selama 3 hari. Sasaran kegiatan tersebut adalah ibu hamil dan ibu yang memiliki balita. Kegiatan juga di hadiri oleh tenaga kesehatan setempat, aparat desa, dan karang taruna desa Taulaa. . Kegiatan ini digelar di tiga tempat berbeda di desa Taula’a yang dibagi dalam tiga pos, pos pertama di sekolah PAUD Harapan Bunda, pos kedua di dusun dua tepatnya di rumah salah satu warga, dan pos ketiga bertempat di rumah salah satu warga. Agar kegiatan dapat berjalan lebih evektif dan agar ibu hamil dan ibu yang memiliki balita dapat berpartisipasi maka kegiatan di laksanakan di 3 tempat yang berbeda.

References

Astriana, Willy. 2017. “Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Ditinjau Dari Paritas Dan Usia.” Jurnal Aisyah?: Jurnal Ilmu Kesehatan 2(2): 123–30.

Dewi, Putu Febrina Ambara, I G A Ari Widarti, and Desak Putu Sukraniti. 2018. “Pengetahuan Ibu Tentang Ikan Dan Pola Konsumsi Ikan Pada Balita Di Desa Kedonganan Kabupaten Badung.” Journal of Nutrition Science 7(1): 16–20.

Kusnul, Zauhani. 2023. “GEMARIKAN ( GERAKAN GEMAR MAKAN IKAN ) UNTUK CEGAH DAN ATASI BALITA STUNTING DAN IBU HAMIL KEK STUNTING TODDLERS AND PREGNANT WOMEN KEK ( CHRONIC ENERGY.” 1(2): 29–33.

Nayoan, Rony et al. 2021. “Pelatihan Kader Kesehatan Desa Guna Pembentukan Pos Obat Desa Salena Village Health Worker Training for Establishment of Salena Village Medicine Post.” 5(4): 536–41.

Prameswari, Galuh Nita. 2018. “Promosi Gizi Terhadap Sikap Gemar Makan Ikan Pada Anak Usia Sekolah.” Journal of Health Education 3(1): 1–6. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jhealthedu/article/view/18379.

Samudra, Sesilia Rani et al. 2022. “Sosialisasi Gerakan Gemar Makan Ikan Dan Pelatihan Pembuatan Bakso Ikan Lele ( Clarias Spp .) Di Desa Kebumen , Baturraden.” : 106–11.

Utami, Nur Handayani, and Rofingatul Mubasyiroh. 2019. “Masalah Gizi Balita Dan Hubungannya Dengan Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat.” Penelitian Gizi dan Makanan (The Journal of Nutrition and Food Research) 42(1): 1–10.

Zulaidah, Hana Shafiyyah, Istiti Kandarina, and Mohammad Hakimi. 2014. “Pengaruh Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Pada Ibu Hamil Terhadap Berat Lahir Bayi.” Jurnal Gizi Klinik Indonesia 11(2): 61.

Zulfadhli, Zulfadhli, and Rinawati Rinawati. 2020. “Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) Pada Siswa Sekolah Dasar Di Aceh Barat.” Jurnal Marine Kreatif 2(1): 39–43.

Published
2023-09-06
Section
Artikel Pengabdian