Hubungan Durasi Penggunaan Alat Elektronik (Gadget), Aktivitas Fisik dan Pola Makan dengan Status Gizi Pada Remaja Di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo
Relationship Between Duration Of Electronic Device (Gadget) Use, Physical Activity And Diet Patterns With Nutrition Status Of Adolescents In SMP Negeri 1 Kota Gorontalo
Abstract
Status gizi adalah kondisi yang dipengaruhi oleh kebutuhan fisik terhadap energi dan zat gizi yang diperoleh melalui asupan makanan, dengan dampak fisik yang dapat diukur. Rumusan masalah penelitian adalah durasi penggunaan gadget, aktivitas fisik, dan pola makan pada remaja, serta apakah terdapat hubungan antara ketiga faktor tersebut dengan status gizi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan durasi penggunaan alat elektronik (gadget), aktivitas fisik, dan pola makan dengan status gizi pada remaja di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode obeservasional dengan desain cross sectional, yang dilakukan pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo. Sampel diambil dengan metode simple random sampling, melibatkan 208 responden. Status gizi ditentukan berdasarkan z-score indeks masa tubuh terhadap umur (IMT/U). Data durasi penggunaan gadget diperoleh dari kuesioner yang telah divalidasi. Data aktivitas fisik diperoleh dari kuesioner tingkat aktivitas fisik (PAL). Dan data pola makan diperoleh dari kuesioner Semi Quantitative Food Frequency Questionnaire (SQ-FFQ). Analisis data menggunakan uji Fisher Exact dan uji Spearman dengan tingkat kemaknaan p <0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa durasi penggunaan alat elektronik (gadget) dengan status gizi (p=0,035), aktivitas fisik dengan status gizi (p=0,037) dengan nilai korelasi spearman 0,144 dan pola makan dengan status gizi (p=0,040) dengan nilai korelasi spearman 0,143. Hal ini menunjukan bahwa ada hubungan antara durasi penggunaan alat elektronik (gadget), aktivitas fisik, dan pola makan dengan status gizi pada remaja di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo. Remaja disarankan untuk menjaga pola makan, mengurangi durasi penggunaan gadget, dan meningkatkan aktivitas fisik agar tidak mempengaruhi status gizi.
References
Arini, A. P. 2018. Aplikasi Metode Penelitian Kebidanan dan Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Nuha Medika.
Asif, A. R. dan Rahmadi, F. A. 2017. “Hubungan Tingkat Kecanduan Gadget dengan Gangguan Emosi dan Perilaku Remaja Usia 11-12 Tahun”. Jurnal Kedokteran Diponegoro. Vol 6(2). Hal 148–157.
Aulia N, R. 2021. “Peran Pengetahuan Gizi Terhadap Asupan Energi, Status Gizi Dan Sikap Tentang Gizi Remaja”. Jurnal: Ilmiah Gizi dan Kesehatan (JIGK). Vol 2(2). Hal 31-35.
Baja, F., Rismayanthi, C. 2019. “Hubungan Tingkat Pengetahuan Diet dan Aktivitas Fisik Terhadap Status Gizi Pada Siswa Sekolah Menengah Atas”. MEDIKORA. Vol 18(1): Hal 1-6
Candra, A. 2020. Pemeriksaan Status Gizi Seimbang. Semarang.
Farida, A., dkk. 2021. “Optimasi Gadget dan Implikasinya terhadap Pola Asuh Anak”. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol 1(8). Hal 1701-1710.
Haryanti, R, T., dkk. 2022. “Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget terhadap Status Gizi pada Siswa SMK Batik 2 Surakarta”. Aisyiyah Surakarta Journal Of Nursing. Vol 3(1). Hal 27-33.
Indrasari Oktaviani, R., Sutikno, E. 2020. “Faktor Yang Mempengaruhi Status Gizi Remaja Usia 16-18 Tahun”. Jurnal Kesehatan Indonesia (The Indonesian Journal of Health). Vol 10(3).
Ismiati., Suri, D. 2017. “Hubungan Pola Makan dan Aktivitas Fisik dengan Status Gizi Pada Remaja di SMA Negeri 2 Sigli Kabupaten Pidie”. Jurnal of Healthcare Technology and Medicine. Vol 3 (1).
Kadir, S. 2021. Gizi Masyarakat. Yogyakarta: Absolute Media
Kemenkes. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang.
Margriyanti, N, J. 2021. “Analisis Tingkat Pengetahuan, Body Image dan Pola Makan terhadap Status Gizi Remaja Putri”. Jurnal Akademka Baiturrahim Jambi (JABJ). Vol 10(1).
Marpaung, J. 2018. “Pengaruh Gadget dalam Kehidupan”. Jurnal KOPASTA. Vol 5 (2). Hal 55-64.
Mayyoni, N, P, P., dkk. 2019. “Hubungan Penggunaan Gadget, Aktivitas Fisik dengan Status Gizi Siswa SMP di Kota Denpasar”. Jurnal Ilmu Gizi. Vol 8(3). Hal 172-178.
Miko, A., Dina Putri, B. 2016. “Hubungan Pola Makan Pagi dengan Status Gizi pada Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Aceh”. Jurnal AcTion: ceh Nutrition Journal. Vol 1(2). Hal 83-87.
Mulyani Annisa, A. 2022. “Hubungan Penggunaan Gadget terhadap Perubahan Perilaku pada Remaja Awal di RW.13 Kelurahan Harapan Jaya Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor”. Universitas Binawan. Skripsi. Fakultas Keperawatan dan Kebidanan.
Noviyanti, R, D., Marfuah, D. 2017. “Hubungan Pengetahuan Gizi, Aktivitas Fisik, dan Pola Makan Terhadap Status Gizi Remaja Di Kelurahan Purwosari Laweyan Surakarta”. Jurnal: Universitas Muhammadiyah Magelang. Hal 421-426.
Nurholihah, A, dkk. 2019. “Hubungan Pola Makan dengan Status Gizi di SMK IT AN NABA Kota Bogor Tahun 2019”. Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat. Vol 2(6). Hal 450-460
Octaviani, P., Izhar, D., Amir, A. 2018. “Hubungan Pola Makan dan Aktivitas Fisik dengan Status Gizi pada Anak Sekolah Dasar di SDN 47 Kota Jambi”. Jurnal Kesmas Jambi. Vol 2(2).
Rahmawati, T., 2017. “Hubungan Asupan Zat Gizi dengan Status Gizi Mahasiswa Gizi Semester 3 Stikes PKU Muhammadiyah Surakarta”.
Riskesdas 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan 2019.
Riskesdas 2018. Laporan Nasional. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
Serly, V., Sofian, A., dan Ernalia, E. 2015. “Hubungan Body Image, Asupan Energi dan Aktivitas Fisik dengan Status Gizi pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau Angkatan 2014”. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Kedokteran. Vol 2(2). Hal 1-14.
Suharsa, H., Sahnaz. 2016. “Status Gizi Lebih dan Faktor-Faktor Lain yang Berhubungan pada Siswa Sekolah Dasar Islam Tirtayasa Kelas IV dan V di Kota Serang Tahun 2014”. Jurnal Lingkar Widyaiswara. Vol 3(1). Hal 55-57.
Sunarto, dkk. 2023. “Hubungan Pengetahuan Gizi dan Pola Makan Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Status Gizi Mahasiswa Fisioterapi Poltekkes Kemenkes Makassar”. Jurnal Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar. Vol 18(1): Hal 119-122
Untari Puthi, D., Ayuni Dini, Q., Dielsa Maya, F. 2021. “Dampak Penggunaan Gadget terhadap Gangguan Emosi dan Status Gizi Remaja 11-14 Tahun”. Jurnal Kesehatan. Vol 12(1). Hal 367-371.
Utami, N, P., Purba, M, B. dan Huriyati, E. 2018. Paparan Screen Time Hubungannya dengan Obesitas pada Remaja SMP di Kota Yogyakarta. Jurnal Dunia Gizi. Vol 1(2). Hal 71-78.
Waluyani, I., dkk. 2022. “Pengaruh Pengetahuan, Pola Makan, dan Aktivitas Fisik Remaja Terhadap Status Gizi di SMPN 31 Medan, Kecamatan Medan Tuntungan”. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Vol 1(1)
World Health Organization.2016. Physical Activity. Retrieved 25 Januari 2024, from WHO.