Edukasi Pencegahan Penyalahgunaan NAPZA Pada Generasi Milenial Gen Z

Education on Prevention of Drug Abuse in Gen Z Millennials

  • Wa Ode Nova Noviyanti Rachman Universitas Mandala Waluya
  • Cece Indriani Universitas Mandala Waluya
  • Nazaruddin Universitas Mandala Waluya
  • Ahmad Yani Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Edukasi, NAPZA, Generasi Milenial

Abstract

Sulawesi Tenggara menempati posisi pertama dari 34 provinsi sebagai pemakai coba-coba dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir mengalami peningkatan penggunaan penyalahgunaan dengan jenis Shabu-shabu, Tembakau Gorila, Lem Fox, Ganja, Tramadol dan PCC. Khalayak sasaran dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah generasi milenial  Gen Z yang berusia 11 -15 tahun. Adapun bentuk partisipasi khalayak sasaran dalam melancarkan kegiatan ini adalah dengan mengikuti penyuluhan dalam bentuk partisipasi aktif kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan menerapkan Protokol Kesehatan. Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang telah dilaksanakan pada hari kamis tanggal 19 April 2021 mendapat dukungan dari berbagai pihak. Sebagai Institusi Pendidikan sudah sepatutnya Universitas Mandala Waluya dapat berpartisipasi sebagai salah satu garda terdepan mencegah terjadinya peredaran dan penyalahgunaan NAPZA.

References

https://sultra.antaranews.com/berita/292610/bnn-sultra-tangani-delapan-kasus-narkoba
https://bnn.go.id/.Data penyalahgunaan narkoba- bnn-sultra
Kartono, Kartini, 1992. Patologi II Kenakalan Remaja. Jakarta: Rajawali.
Rachman, Wa Ode Nova Noviyanti, Wa Ode Rahmadania, Ikhlas Rasido. 2022. Modul Pencegahan Perilaku Penyalahgunaan Napza Pada Remaja Dengan Pendekatan Keluarga Di Kota Kendari. Edited by M.Kep Cece Indriani, S.Kep, NS, M.Kep Nurdin, S.Kep, Ns, and M.Sc Abdul Rahim Sya’ban, SKM. 1st ed. Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia. http//www.rcipress.rcipublisher.org.
Rachman, Wa Ode Nova Noviyanti, Muhammad Syafar, Ridwan Amiruddin, Wa Ode Rahmadania, and Jumartin Gerung. 2020. “The Family Roles to Prevention of Drug Abuse in Adolescents.” Malaysian Journal of Medicine and Health Sciences 16: 137–41.
Rachman, Wa Ode Nova Noviyanti, Muhammad Syafar, Sudirman Nasir, Ridwan Amiruddin, Abdul Kadir Ahmad, Muhamad Tahir Abdullah, Anwar Mallongi, et al. 2022. “Drugs Abuse Behavior Prevention Model through Family Approach in Adolescents in Kendari City.” Biomedical and Pharmacology Journal 15 (3): 1497–1502. https://doi.org/10.13005/bpj/2487.
Published
2023-05-11
Section
Artikel Pengabdian