Pengaruh Kompetensi dan Profesional Kerja Terhadap Pengembangan Karir Guru ASN pada MTS Negeri di Kabupaten Donggala

The Influence of Competence and Work Professionals on Career Development of ASN Teachers at State MTS in Donggala Regency

  • Restutanti Borman Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Panca Bhakti
  • Rudin. M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Panca Bhakti
Keywords: Kompetensi, Profesional, Pengembangan Karir

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh kompetensi dan profesional kerja guru secara bersama-sama bepengaruh terhadap pengembangan karier ASN pada sekolah MTs Negeri di Kabupaten Donggala. Dan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh kompetensi terhadap pengembangan karier guru ASN pada sekolah MTs Negeri di Kabupaten Donggala. Selanjutnya untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh profesional kerja terhadap pengembangan karier guru ASN pada sekolah MTs Negeri di Kabupaten Donggala. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 38 orang. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa profesional kerja dan kompetensi ASN secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pengembangan karier guru ASN pada MTs Negeri Kabupaten Donggala. Kompetensi berpengaruh signifikan terhadap pengembangan karier guru ASN pada MTs Negeri Kabupaten Donggala. Serta profesional kerja berpengaruh signifikan terhadap pengembangan karier guru ASN pada MTs Negeri Kabupaten Donggala.

References

1. Parerung A, Adolfina A, Mekel PA. Disiplin, kompensasi dan pengembangan karir pengaruhnya terhadap kinerja pegawai pada badan lingkungan hidup Provinsi Sulawesi Utara. J EMBA J Ris Ekon Manajemen, Bisnis dan Akunt. 2015;2(4).
2. Kaseger RGKG. Pengembangan karir dan self-efficacy terhadap kinerja karyawan pada pt. Matahari department store manado town square. J EMBA J Ris Ekon Manajemen, Bisnis dan Akunt. 2013;1(4).
3. JAMAL AI. PELAKSANAAN MANAJEMEN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN DI UPT SMK NEGERI 1 BULUKUMBA IMPLEMENTATION OF SUSTAINABLE PROFESSIONAL DEVELOPMENT MANAGEMENT IN UPT SMK NEGERI 1 BULUKUMBA. 2022;
4. Supriadi O. Pengembangan profesionalisme guru sekolah dasar. J Tabularasa. 2009;6(1):27–38.
5. Helmi J. Kompetensi profesionalisme guru. AL-ISHLAH J Pendidik. 2015;7(2):318–36.
6. Saputra R, Nurmasari N. Analisis Profesionalisme Kerja Pegawai Pada Kantor Camat Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota. PUBLIKA J Ilmu Adm Publik. 2020;6(1):89–101.
7. Putri SF. Profesionalisme Dan Kompetensi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Work From Home Pada SMKN 1 Bandung. Universitas Komputer Indonesia; 2020.
8. Yusutria MA. Profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Curricula J Teach Learn. 2017;2(1).
9. Marlianti M. Studi tentang profesionalisme aparatur dalam pelaksanaan good governance di Kec. Linggang Bigung, Kab. Kutai Barat. J Paradig. 2017;2(1):155–73.
10. Sutisna I. Teknik Analisis Data Penelitian Kuantitatif. ARTIKEL. 2021;1(4610).
11. Martono N. Metode penelitian kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder (sampel halaman gratis). RajaGrafindo Persada; 2010.
Published
2022-09-08
Section
Artikel Penelitian