Pengaruh Kompensasi Non Finansial dan Locus of Control terhadap Kinerja Pegawai Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sigi

The Influence of Non-Financial Compensation and Locus of Control on the Performance of Sigi Regency Women's Empowerment and Child Protection Office Employees

  • Renaldy Subandi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Abdul Azis Lamadjido Panca Bhakti Palu
  • Dwi Wahyono Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Abdul Azis Lamadjido Panca Bhakti Palu
  • Restutanti Borman Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Abdul Azis Lamadjido Panca Bhakti Palu
Keywords: Kompensasi Non Finansial, Locus of Control, Kinerja Pegawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Kompensasi Non Finansial dan Locus Of Control Terhadap Kinerja Pegawai. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei yang dilakukan pada Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sigi. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari jawaban responden atas kuesioner. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh pegawai PNS maupun Non PNS Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sigi sebanyak 35 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh (sensus). Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah, analisis linear berganda. Pengelolaan dan analisis data menggunakan bantuan alat statistika SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompensasi Non Finansial dan Locus Of  Control berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung  1270.712 > Ftabel 3,388 dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh variabel kompensasi non finansial (X1) dan locus of control  (X2) secara bersama-sama atau simultan berpengaruh terhadap kinerja (Y). Diketahui bahwa secara parsial kompensasi non finansial (X1) berpengaruh terhadap kinerja (Y)  dengan nilai thitung 14,312 > ttabel 3,388 dan nilai signifikansi .000 < 0,05. Kemudian locus of control (X2) dengan nilai thitung 4.252  ttabel 3,388 dan nilai signifikansi .000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh terhadap kinerja (Y).

References

Akbar, Mada Faisal, et al. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia. Solok : Insan Cendekia Mandiri.

Bintoro dan Daryanto. 2017. Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Cetakan 1. Yogyakarta : Gava Media.

Dessler, Garry. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi kesembilan. Jakarta: Indek Kelompok Gramedia

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah. 2020. Direktori Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghufran & Risnawati. 2011. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Robbins, Stephen. 2007. Organizational Behaviour. New Jersey: Prentice – Hall Inc. 76.

Sastrohadiwiryo, Siswanto. 2003. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrative dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Simamora, Henry. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 3. Yogyakarta: STIE YKPN.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi, Cetakan 19. Jakarta : Bumi Aksara.

Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki. 2009. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Suwarsi, Sri., Budianti, Nadia. 2009. Influence of Locus Of Control and Job Involvement to Organizational Cultural Applied By Employees On Bank X. World Academy of Science, Engineering, and Technology 3, 12-24.

Erdawati. (2015). “Pengaruh Locus of Control dan Stres Kerja terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pasaman Barat”., e-Jurnal Apresiasi Ekonomi Volume 3, Nomor 1, ISSN : 2337-3997.

Hermawan, Francisca dan Dicky Franciscus Kaban. 2014. Pengaruh Locus of Control Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan di PT X). Jakarta: Jurnal Manajemen & Bisnis Vol. 5 No. 1.

Published
2024-04-06
Section
Artikel Penelitian