IMPLEMENTASI SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DI STATISTIK BIRO TENGAH KABUPATEN SIGI

  • Megawati Megawati Bagian Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Ali Supriadi Bagian Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Andi Darmawati Bagian Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Sampel penelitian ini adalah Biro Pusat Statistik Kabupaten Sigi yang dalam penyusunan laporan keuangannya mengacu pada peraturan pemerintah nomor 71 tahun 2010 tentang standar akuntansi pemerintah dan prinsip-prinsip manajemen keuangan yang baik di pemerintahan yang meliputi laporan realisasi anggaran, neraca, laporan operasional, laporan perubahan ekuitas dan catatan atas laporan keuangan pada pelaporan ticnical ICS di Biro Pusat Statistik Kabupaten Sigi, setiap bulan mereka diminta untuk menyerahkan laporan yang telah diverifikasi oleh BPS-RI sebagai bagian dari ICS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yang dapat menjelaskan hubungan antara penerapan sistem pengendalian internal terhadap kualitas laporan keuangan dengan melihat kinerja manajer keuangan dan melakukan pengamatan langsung terhadap sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sistem Pengendalian Internal mempengaruhi kinerja manajer keuangan dan laporan keuangan di Biro Pusat Statistik di mana Badan Pemeriksa Keuangan telah memberikan opini 'reasedonable' tanpa terkecuali. Dari pendapat yang diperoleh Biro Pusat Statistik, dapat dibuktikan bahwa kualitas laporan keuangan sudah sesuai dengan kriteria PP 71 tahun 2010 yang relevan, andal, dapat dimengerti dan dapat diperbandingkan.

Author Biographies

Megawati Megawati, Bagian Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
Mahasiswa
Ali Supriadi, Bagian Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen
Andi Darmawati, Bagian Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen

References

BPS Kabupaten Sigi, 2013. Laporan Keuangan

BPS Kabupaten Sigi, 2014. Laporan Keuangan

BPS Kabupaten Sigi, 2016. Laporan Keuangan

Kurniawan Budi Raharjo, “Pemahaman SPI (Sistem Pengendalian Intern)†https://kurniawanbudi04.wordpress.com, Diakses pada tanggal 14 January 2013.

Mulyani, Pujianik. 2011. Analisis Peran Dan Fungsi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP/PP No.60 Tahun 2008) Dalam Meminimalisasi Tingkat Salah Saji Pencatatan Akuntansi Keuangan Pemerintah Daerah. Jurnal Organisasi dan Manajemen, Volume 7, Nomor 2.

Rajindra. (2016a). Financial Leverage and SMEs Performance: Empirical Evidence from Donggala District, Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 7(Financial Performance, SMEs,), http--www.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP)

Rajindra. (2016b). KINERJA KEUANGAN UMKM.

Rajindra. (2017). KEWIRAUSAHAAN DAN PENGELOLAAN KEUANGAN UMKM.

Yusuf, D., Rajindra, R., Kadir, H. A., Marwana, M., & Mutmainnah, M. (2018). Field Performance Family Planning Officer. Jurnal Sinar Manajemen, 5(1), 61–68.

Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) dan berdasarkan kaidah-kaidah pengelolaan keuangan yang sehat di lingkungan pemerintahan

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 244/PMK.06/2012 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pengawasan dan Pengendalian Barang Milik Negara.

Published
2018-10-15
Section
Fakultas Ekonomi