Pemanfaatan Fasilitas Wifi terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Kristen GPID (Gereja Protestan Indonesia Donggala) Sumber sari Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong

The Utility of Wi-Fi Facility (Internet) in Motivating Student’s Learning At SMA Kristen Gereja Protestan Indonesia Donggala (GPID) Sumberari Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong

  • Hans Piter Pesik Bagian PLS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muh. Asri Hente Bagian PLS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Muhammadiyah Palu
  • Arsyad Said Bagian PLS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Pemanfaatan, Wifi, Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah melihat bagaimana diera globalisasi dengan teknologi yang semakin canggih salah satunya dengan adanya wifi (internet) juga dapat di manfaatkan dalam meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran disekolah. Mengamati bagaimana pemanfaatan fasilitas wifi (internet) oleh sekolah dapat digunaan oleh para pendidik/guru dalam memotivasi belajar siswa di SMA Kristen Gereja Protestan Indonesia Donggala (GPID) sumbersari. Penelitian ini dapat dikategorikan sebagai penelitian lapangan atau sebagai motode untuk mengumpulkan data kualitatif. Dan penelitiannya bersifat deskriptif yakni penelitian yang bertujuan untuk melukiskan secara sistematis fakta-fakta atau karakteristik populasi tertentu atau bidang tertentu, baik berupa keadaan, permasalahan, sikap, pendapat, kondisi, prosedur atau sistem secara faktual dan cermat. Hasil Penelitian ini menunjuk bahwa fasilitas wifi (internet) yang ada disekolah dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber belajar yang up to date baik untuk siswa maupun guru, yang jangkauannya lebih luas yang tidak dibatasi ruang dan waktu . Internet juga merupakan media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang peningkatan kualitas kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan secara interaktif, sehingga menarik minat dan motivasi belajar siswa. Dari hasil penelitian perlu disarankan penambahan kapasitas kecepatan wifi (akses internet) agar siswa dapat mengakses internet lebih cepat sehingga proses belajar mengajar lebih efektif agar tidak terlalu banyak membuang waktu. Dan Kebijakan dari sekolah, dalam hal ini khususnya guru agar dapat selalu memunculkan ide kreatif sehingga menumbuhkan motivasi belajar siswa agar selalu dipertahankan dan ditingkatkan, serta kerjasama sekolah dengan berbagai pihak untuk selalu dijaga. Untuk menunjang kegiatan belajar siswa agar lebih efektif.

References

Anang, Seven Simple Steps: Internet For Student, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2010
Aunurrahman, 2012, Belajar dan Pembelajaran, Bandung:Alfabeta.
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, cet. 16, Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
------------ , Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.
Ega Rima Wati, Ragam Media Pembelajaran: Visual – Audio Visual – Komputer – Power Point – Internet – Interactive Video, Jakarta: Kata Pena, 2016.
Endang Sadbudhy, Made Nuryata, Pembelajaran Masa Kini, Jakarta: Sekarmita, 2010.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta
Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.
Rusman, Deni Kurniawan, Cepi Riyana, (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Sardiman A. M. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto (2010: 26), Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2021-03-15
Section
Artikel Penelitian