Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Alam terhadap Pengenalan Tumbuhan pada Kelompok B KB SPNF-SKB Kabupaten Sigi

Use of Nature-Based Learning Media on Plant Recognition in Group B KB SPNF-SKB Sigi Regency

  • Elce Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muh. Asri Hente Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Abdul Salam Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Media Pembelajaran, Berbasis Alam, Anak Usia Dini

Abstract

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari orang dewasa atau lingkungan kepada anak usia dini sehingga dapat merangsang fikiran, perasaan, perhatian dan minat mereka untukbelajar melalui bermain. Peran media pembelajaran bagi pendidikan anak usia dini semakin penting mengingat anak pada saat itu anak berada pada masa berfikif konkret. Oleh karena itu media pembelajaran yang digunakan anak usia dini adalah segala sesuatu yang memungkinkan anak untuk belajar dengan konkret. Di pedesaan pada layanan Pendidikan Anak Usia Dini masih terbatas dalam halsaran dan prasarana sekolah juga media pembelajaran yang ada. Pemanfaatan alam sebagai media pembelajaran dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk akti fturut serta mencari sumber-sumber belajar yang dapat dimanfaatkan sehingga meningkatkan aktivitas belajar dan dapat memperkaya wawasan anak. Anak juga harus di kenalkan dengan lingkungan alam sekitar yang kaya dengan sumber-sumber belajar yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran dan membantu pemahaman anak terhadap konsep-konsep materi pembelajaran. Jenis penilaian ini merupakan penelitian kualitatif partisipatif terlibat terbatas. Penelitian Kualitatif partisipatif terbatas adalah pengamatan yang mengharuskan peneliti untuk memperpendek jarak. Peneliti melibatkan diri dalam setiap aktivitas yang terjadisecara terbatas. Penelitian yang dijalankan ini diupayakan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan secara mendalam tentang pengenalan tumbuhan melalui penggunaan media pembelajaran berbasis alam pada kelompok B KB SPNF-SKB Kab. Sigi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ketersediaan alam yang beraneka ragam dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Proses pembelajaran dengan memanfaatkan alam sebagai media pembelajaran dapat memberikan pengalaman langsung kepada anak dan dapat menciptakan suasana inovatif dengan tetap terarah kepada tujuan pembelajaran. Dilakukan tidak hanya di dalam kelas tetapi juga diluar kelas. Dan pelaksanaannya telah sesuai dengan kurikulum serta RPPH yang ada disekolah. Faktor  pendukung penggunaan media berbasis alam terhadap pengenalan tumbuhan pada anak di antaranya ketersedian keanekaragaman hayati/ sumber daya alam, adanya kegiatan-kegiatan yang mendukung anak untuk berinteraksi dengan alam. Akan tetapi tidak semua pembelajaran berbasis alam dapat dihadirkan di dalam kelas. Dan diperlukan kesadaran tenaga pendidik/tutor untuk dapat terus berinovasi dan berkreasi serta kreatif menggunakan media pembelajaran berbasis alam yang ada dilingkungan sekitar.

References

Ahmadi, Rulam, (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yokyakarta: Ar-Ruzz Media

Aldila Rahma. (2016). Pengenalan Botani Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan. EduChild

Andeson. R. H. (1983) Pemilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka danPusat Antar Universitas.

Badru Cucu, (2010). Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Jakarta: PG PAUD UNUVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Muliati M, Masdul MR, Lasawali AA. Urgensi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Menumbuhkan Minat Berbusana Muslimah di luar Sekolah Siswi MTS Al Khairaat Palapi. IQRA J Ilmu Kependidikan dan Keislam. 2020;15(2):70–8.

Depdikmas. (2008). Model Pembelajaran Berbasis Alam Pendidikan Anak Usia Dini Formal dan Nonformal.

Isriani Hadini dan Dewi Puspitasari. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu. Yokyakarta: FAMILIA.

Published
2021-04-15
Section
Artikel Penelitian