Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Media Boneka Tangan di Kelompok A TK Al-Ikhlas Pulu

Improving Children’s Learning Interest Through Hand Puppet at Group A of Tk Al-Ikhlas Pulu

  • Dewi Lestari Bagian PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Abd. Munir Bagian PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Abd. Munir Bagian PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Arsyad Said Bagian PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Minat Belajar Anak, Media Boneka Tangan

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan media boneka tangan dalam pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar anak di kelompok A TK AL-Ikhlas Pulu Kecamatan Dolo Selatan? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar anak melalui media boneka tangan di kelompok A TK AL-Ikhlas Pulu Kecamatan Dolo Selatan, yang melibatkan 15 orang anak terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Objek penelitian ini adalah minat belajar anak melalui media boneka tangan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan secara bersiklus. Teknik pengumpulan datanya menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Keberhasilan dalam penelitian ini apabila minat belajar anak telah mencapai 80% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB).  hasil penelitian menunjukkan peningkatan minat belajar anak melalui boneka anak dengan  ketercapaian anak Siklus I minggu pertama pertemuan pertama  mencapai 20,00% mendapatkan kategori (MB) mulai berkembang dan pada pertemuan kedua siklus I mencapai 33,33% mendapatkan kaegori (MB)  belum berkembang, Siklus II  pertemuan pertama mencapai 60,00% mendapatkan kategori (BSH) berkembanag sesuai harapan lanjut ke pertemuan kedua siklus II mencapai 80,00% mendapatkan kategori (BSB) berkembanag sangat baik. Hal tersebut telah mencapai kriteria keberhasilan penelitian sebesar 80%. Maka dari itu peneliti menganggap dengan melalui media boneka tanagan dapat meningkatkan minat belajar anak pada kelompok A TK Al-Ikhlas Pulu mencapai presentase keberhasialan dengan kategori (BSB) berkembanag sangat Baik, sehingga penelitian tersebut dinyatakan berhasil. Dapat disimpulkan bahwa melalui media boneka tangan di kelompok A TK Al-Ikhlas Pulu dapat meningkatkan minat belajar anak.

Author Biography

Dewi Lestari, Bagian PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan media boneka tangan dalam pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar anak di kelompok A TK AL-Ikhlas Pulu Kecamatan Dolo Selatan? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar anak melalui media boneka tangan di kelompok A TK AL-Ikhlas Pulu Kecamatan Dolo Selatan, yang melibatkan 15 orang anak terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Objek penelitian ini adalah minat belajar anak melalui media boneka tangan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan secara bersiklus. Teknik pengumpulan datanya menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Keberhasilan dalam penelitian ini apabila minat belajar anak telah mencapai 80% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB).  hasil penelitian menunjukkan peningkatan minat belajar anak melalui boneka anak dengan  ketercapaian anak Siklus I minggu pertama pertemuan pertama  mencapai 20,00% mendapatkan kategori (MB) mulai berkembang dan pada pertemuan kedua siklus I mencapai 33,33% mendapatkan kaegori (MB)  belum berkembang, Siklus II  pertemuan pertama mencapai 60,00% mendapatkan kategori (BSH) berkembanag sesuai harapan lanjut ke pertemuan kedua siklus II mencapai 80,00% mendapatkan kategori (BSB) berkembanag sangat baik. Hal tersebut telah mencapai kriteria keberhasilan penelitian sebesar 80%. Maka dari itu peneliti menganggap dengan melalui media boneka tanagan dapat meningkatkan minat belajar anak pada kelompok A TK Al-Ikhlas Pulu mencapai presentase keberhasialan dengan kategori (BSB) berkembanag sangat Baik, sehingga penelitian tersebut dinyatakan berhasil. Dapat disimpulkan bahwa melalui media boneka tangan di kelompok A TK Al-Ikhlas Pulu dapat meningkatkan minat belajar anak.

References

Dalyono. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Departemen Agama RI. 1989. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: PT. Intermasa
Depdikmas. 2003. Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Elizabeth B. Hurlock. 1978. Perkembangan Anak: Jakarta: Penerbit Erlangga.
Hainstock, Elizabet G. 1999. Metode Pengajaran Montessori untuk Anak Pra Sekolah. Jakarta: Pustaka Dela Pratara.
Ramli. 2005. Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas Dikjen Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Sadiman, dkk. 1984. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Setyarini, Purwanti. 2010. Mekanisme Corporate Governance, Manajemen Laba Dan Kinerja Perusahaan. Universitas Brawijaya.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Published
2021-03-15
Section
Artikel Penelitian