Peranan Tutor dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Program Paket C di SPNF-SKB Kasintuvu Kelurahan Talise Kecamatan Palu Timur Kota palu

The Tutor Role to Increase Student Learning Interest of Paket C Program at SPNF-SKB Kasintuvu Of Kota Palu

  • Nursiasa Program Studi PLS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muh. Asri Hente Program Studi PLS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Syamsidar Program Studi PLS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Peranan Tutor, Minat Belajar, Program Paket C

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Peranan tutor dalam meningkatkan minat belajar peserta didik program paket C, (2 Faktor penghambat dalam meningkatkan minat belajar peserta didik program paket C, dan 3) Upaya tutor dalam meningkatkan minat belajar peserta didik program paket C. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yaitu penyelenggara program kesetaraan dan tutor kesetaraan paket C SPNF-SKB Kasintuvu Kota. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data  dan verifikasi pengambilan kesimpulan, sumber data. Trianggulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peranan tutor dalam meningkatkan minat belajar kepada peserta didik paket C, yaitu dengan memberikan motivasi secara pribadi dengan menjelaskan kepada mereka  bahwa manfaat dalam mengikuti program paket C sangatlah besar bagi mereka sendiri. 2) Faktor penghambat yang dihadapi tutor dalam meningkatkan minat belajar peserta didik program paket C, antar lain: (a) Faktor External (dari lingkungan) (b) Faktor Internal (dari dalam diri peserta didik).  3) Upaya tutor dalam meningkatkan minat belajar peserta didik program paket C  (a) Penguasaan bahan ajar melalui: 1. Variasi dan jumlah rujukan materi ajar dalam mengaja, totor menggunakan beberapa metode dalam mengajar seperti metode ceramah, tanya jawab, kerja kelompok., 2 Kemampuan tutor dalam mejelaskan materi ajar, 3 Kemampuan  membangkitkan keiginan bertanya pada diri peserta didik, 4. Kemampuan menjawab pertanyaan peserta didik. (b) Dilihat dari sisi penerapan strategi ajar meliputi: 1. Penggunaan metode bervariasi, 2. Menggunakan media, 3. Memberi motivasi, 4. Mendisiplinkan serta mengelola kelas dengan baik.

References

Ahmadi. (2009). Psikologi Umum. Jakarta : Rineka cipta.
Sardiman M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers.
Senjawati, Riski Arum. (2015) Motivasi Warga Belajar dalam Mengikuti Pendidikan Kesetaraan Program Kelompok Belajar Paket C di PKBM Tunas Bangsa Brebes
Sutarto, Joko. (2007). Pendidikan Nonformal (konsep dasar, proses pembelajaran, dan pemberdayaan masyarakat). Semarang: UNNES Press.
Syah. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.
Uzer, Usman. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2021-04-15
Section
Artikel Penelitian