Peranan Pendidikan Keluarga Terhadap Pembinaan Sikap Anak Usia Dini di Dusun III Desa Kalora Kabupaten Sigi

The Role of Family Education Toward Construction of Early Childhood Behaviour at Dusun III Desa Kalora Of Sigi Regency

  • Nining Anggraeni Bagian PLS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muh. Asri Hente Bagian PLS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Abdul Salam Bagian PLS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Pendidikan Keluarga, Pembinaan, Sikap Anak Usia Dini

Abstract

Keluarga sebagai lembaga terkecil dari lingkungan pendidikan pertama bagi anak. Tempat pertama anak mulai belajar berbagai macam hal, tempat pertumbuhan anak, dimana anak mendapatkan pengaruh dari anggota-anggota keluarga lainnya.Sehingga pada masa itu anak sangat kritis, melihat, meniru, belajar dari apa yang dipelajarinya di lingkungan keluarga tersebut. Dan orang tualah merupakan pendidik utama dan pertama yang memberikan pendidikan bagi anak-anak mereka. Oleh sebab sangat besar dan sangat mendasarnya peran orang tua dan keluarga dalam pendidikan awal anak, diperlukan perhatian keluarga jangan sampai memberikan pengalaman-pengalaman atau meninggalkan kebiasaan yang tidak baik yang berpengaruh terhadap perkembangan sifat, sikap dan pribadi anak. Dimana peranan pendidikan keluarga sangat dibutuhkan bagi perkembangan anak. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengidentifikasi bagaimana peranan pendidikan keluarga terhadap pembinaan sikap anak usia dini di Dusun III Desa Kalora Kabupaten Sigi.Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan suatu fenom ena tertentu dengan bertumpu pada prosedur-prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku fundamental secara holistik (utuh). Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan melaksanakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis secara kritis dan saat data terkumpul penulis menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Dalam penelitian yang dilakukan di lingkungan Dusun III Desa Kalora, diketahui bahwa kesadaran orang tua sebagai pendidik pertama dan utama dalam pembinaan sikap; memberikan nasehat yang baik kepada anak, menegur anak bila tidak sopan terhadap seseorang, memberi contoh keteladanan dalam beribadah dan kesehariannya masih sangat rendah. Faktor yang mempengaruhi bahwa kesadaran orang tua tentang peran dan tanggung jawab mereka sangat rendah. Orang tua lebih sibuk dengan urusan mereka, baik dalam hal mencari nafkah ataupun yang lainnya. Pendidikan orang tua juga menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan, serta kurangnya keteladanan orang tua dalam memerikan contoh yang baik kepada anak dalam pelaksanaan ibadah dan kesehariannya.

References

Abdul, Aziz. (2005). Pendidikan Agama dalam Keluarga: Tantangan Era Globalisasi, Himmah Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (Vol.6, No. 15, Januari-April)
Ahmadi, Abu. (2007). Psikologi Spesial. Jakarta: Rineka Cipta.

Aisyah, Siti, dkk. (2010). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Cahyadi, Takriawan. (2005). Pernak-pernik Rumah Tangga Islami: Tatanan dan Peranannya Dalam Kehidupan Masyarakat. Solo: EraIntermedia.
Habsjah, Atashendartini. (2004). Jender dan Pola Kekerabatan dalam TO Ihroni (ed), Bunga Rampai Sosilogi Keluarga. Jakarta:Yayasan Obor Indonesia.
Haitami, Moh Salim. (2010). Pendidikan Agama Dalam Keluarga, Jogjakarta: Arruz Media.
Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Moleong, Lexy J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhaimin, Abd Mujib. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasinalnya, Bandung: Trigenda Karya.
Nurhaeda. (2019). Peran Keluarga Sebagai Tempat Pembentukan Karakter Anak Usia Dini, Jurnal ECEIJ Vol 2, No. 1 https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/ECEIJ/article/view/918
Salam, Abdul. (2018). “Sistem Stimulasi Dalam Perkembangan Emosi Anak Usia Dini di TK Mutiara Hati Palu”. Jurnal ECEIJ Vol 1, No. 2. https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/ECEIJ/article/view/515
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan, Cet VI, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian Pendidikan dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sujana, Djuju. (1990). Peran Keluarga di Lingkungan Masyarakat, dalam Keluarga Muslim Dalam Masyarakat Modern, Bandung: Remaja Rosyda Karya.
Sujiono, Yuliani. (2011). Konsep Dasar Pendidikn AnakUsia Dini, Jakarta: PT Indeks.
Thoha, Muhamad Chabib. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) beserta penjelasannya.
Wibowo, Agus. (2012). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Belajar https://prezi.com/z8ebjwo3ozvy/sikap-sifat-watak-dan-karakter/ diakses tanggal 3 januari 2020.
Published
2021-04-15
Section
Artikel Penelitian