Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Usaha Jasa Pemasangan Konstruksi Rangka Baja Ringan pada CV. Alula Sumber Karya Palu

The influence of promotion and pricing on the light steel frame construction installation service business at CV. Alula Sumber Karya Palu

  • Marsav Rinaldi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sirajuddin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Marwana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Promosi dan harga, usaha jasa

Abstract

Baja ringan adalah baja berkualitas tinggi yang bersifat ringan dan tipis, akan tetapi kekuatannya tidak kalah dari kayu maupun baja konvensional. Ada beberapa macam baja ringan yang dikelompokan berdasarkan nilai tegangan tariknya Permasalahan: 1) Apakah promosi dan harga berpengaruh secara simultan terhadap Usaha Jasa Pemasangan Kontsruksi Rangka Baja Ringan Pada CV. Alula Sumber Karya Palu. 2) Apakah promosi berpengaruh secara parsial terhadap Usaha Jasa Pemasangan Kontsruksi Rangka Baja Ringan Pada CV. Alula Sumber Karya Palu. 3) Apakah harga berpengaruh secara parsial terhadap Usaha Jasa Pemasangan Kontsruksi Rangka Baja Ringan Pada CV. Alula Sumber Karya Palu. Hasil analisis data menunjukan bahwa keofesien regresi hasil t hitung sebesar 2.413, dengan tingkat signifikan 0,19, artinya variabel promosi (X1) berpengaruh fositif dan signifikan terhadap usaha jasa (Y) hipotesis dinyatakan diterima bahwa variabel promosi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap usaha jasa(Y), penelitian ini dapat bemberikan bukti empiris bahwa perusahan semakin memperhatikan faktor promosi untuk  perubahan dan perkembagan internal perusahaan dimasa akan datang. Untuk hasil analisis data menunjukan bahwa keofesien regresi hasil t hitung sebesar 2.820  dengan tingkat signifikan 0,07, variabel harga (X2) berpengaruh fositif dan signifikan terhadap  usaha jasa (Y)  artinya bahwa penelitian ini hipotesis diterima, penelitian ini dapat bemberikan bukti empiris bahwa semakin perusahan memperhatikan faktor harga sangat diperhitungkan dalam merai market sebenar-benarnya.

References

Alma, Buchari (2015) Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:Alfabeta.
Ahmad, M. (2011). Analisis Manajemen Mutu Terpadu (TQM) dalam Pelayanan Rumah Sakit. Diakses melalui https://www. google.com/url.
Al, Surahman, et, 2016, Metodologi Penelitian, (Jakarta Selatan: Pusdik SDM Kesehatan)
Cheng, M., Dainty, A., & Moore, D. (2010). Towards a multidimen sional competency-based managerial performance framework: A hybrid approach. Journal of Managerial Psychology, 20(5), 380-396.
Basu Swastha, 2017. Manajemen Pemasaran Modern; Yogyakarta: BPFE.
Basu Swasta DH dan Irawan, 2013. Manajemen Pemasaran Modern, BPFE-UGM,Yogyakarta.
Darwin, Steven dan Yohanes Sondang Kunto, 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Asuransi Jiwa Manulife Indonesia-Surabaya, Jurnal Manajemen Pemassaran, Vol. 2, No. 1:1-12.
Fandi, Tjiptono. 2014. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gibson, I. D. (2006). Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses. Jakarta: Erlangga
Gibson, J. L., Ivancevich, J. M., & Donnely, J.H.(2012). Organisasi: Perilaku,Struktur, Proses. (Terjemahan) Edisi Delapan. Jakarta: Binarupa Aksara.
Indriani, Fitri. 2015. Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengelola Pembelajaran IPA di SD dan MI. Jurnal Fenomena. Vol. 7, No. 1. Hlm.17-28.
Husein, Umar. (2008). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada
Hasibuan, Malayu. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara,Jakarta.
Henry Simamora, 2017, Manajemen Sumber Daya Manusia, Gramedia,Jakarta.
Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 13, Bahasa Indonesia Jilid 1 dan 3 Cetakan. Jakarta: Rajawali.
Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua,Jakarta: Erlangga.
Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Kotler, P dan Keller, K.L. 2016. Manajemen Pemasaran Jilid I. Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip. Alih Bahasa : Benyamin Molan. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. Jilid 1. PT. Intan Sejatei Klaten. Jakarta.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke13. Jakarta: Erlangga.
Mursid, M. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.
\Mari Elka Pangestu, 2020 Jalan Panjang Kariernya hingga Jadi Direktur Pelaksana Bank Dunia
Rivai, Veithzal, 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: dariTeori Ke Praktik. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Robbins, Stephen P dan Coulter, Mary, Manajemen, (2012), Jakarta: Erlangga
Robbins, Stephen P dan Judge, Timothy A, (2014), Perilaku Organisasi, Jakarta: Salemba Empat.
Sinungan, Muchdarsyah, 2007. Produktivitas Apa dan Bagaimana, Penerbit BumiAksara, Jakarta.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA
Subianto, Totok. (2007). Studi Tentang Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Ekonomi Modernisasi, Vol. 3, No. 3.
Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi, 33.Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Tjiptono, Fandy & Chandra, Gregorius. 2012, Manajemen Kualitas Jasa,Yogyakarta.
Published
2025-10-11
Section
Article