Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruang Kelas III Rumah Sakit Bhayangkara Palu

Factors Affecting the Satisfaction of Hospital Patients in Class III Rooms Bhayangkara Hospita Palu

  • Riskin Ade Putri Bagian Administrasi Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyrakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sudirman Bagian Administrasi Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyrakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Herlina Yusuf Bagian Administrasi Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyrakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Pelayanan Dokter, Pelayanan Makanan, Pelayanan Cleaning Service dan Kepuasan Pasien

Abstract

Salah satu pelayanan kesehatan yang mempunyai peran sangat penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat adalah rumah sakit.Sebagai badan layanan publik, rumah sakit harus memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal dan memuaskan kepada masyarakat sehingga sangat penting untuk diperhatikan bahwa sebuah rumah sakit harus memiliki standar pelayanan agar menjamin kepuasan dan keamanan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat inap di Ruang Kelas III Rumah Sakit Bhayangkara Palu. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif, dengan rancanganCross Sectional study. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap di Ruang Kelas III Rumah Sakih Bhayangkara Palu berjumlah 96 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan pelayanan dokter dengan  kepuasan pasien  Rawat Inap di Ruang Kelas III Rumah Sakit yang dibuktikan dengan uji statistik dengan nilai p-Value 0,030< 0,05. Sedangkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan pelayanan makanan dengan  kepuasan pasien Rawat Inap di Ruang Kelas III Rumah Sakit yang dibuktikan dengan uji statistik dengan nilai  p-Value 0,002< 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan pelayanan cleaning service dengan  kepuasan pasien  Rawat Inap di Ruang Kelas III Rumah Sakit  dibuktikan dengan uji statistik dengan nilai  p-Value 0,080 > 0,05. Pihak Rumah Sakit Bhayangkara Palu diharapkan agar terus memfasilitasi Penelitian ini diharapkan kepada pihak pihak Rumah Sakit Bhayangkara Palu agar selalu melakukan survey pelayanan kepada pasien agar pelayanan di Rumah Sakit dapat ditingkatkan terhadap kualitas pelayanan.

References

Anggi R.S, 2014, Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Di RSIA Srikandi IBI Jember Tahun 2014, Skripsi Diterbitkan, Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember.
Aprina H T, Chrismawardani S, dan Wulan K, 2018, Analisis Persepsi Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas Dan Hubungannya Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Leyangan Kabupaten Semarang Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), Volume 7, Nomor 1, Januari 2019 (ISSN : 2356-3346)
Arianto, 2013. Komunikasi Kesehatan (Komunikasi Antara Dokter Dan Pasien) Artikel. Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Tadulako-Palu.
Bahder Johan Nasution. 2005. Hukum Kesehatan Pertanggungjawaban Dokter. Rineka Cipta, Jakarta. hlm.28
Borie, H. M. A & Damanhouri, A. M. S. 2013. Patients’satisfaction of service quality in Saudi hospitals : a SERVQUAL analysis. International Journal of Health Care Quality Assurance.
Farida, 2018, Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Makanan dan Tingkat Kepuasan Dengan Sisa Makanan Pasien Diabetes Mellitus Tipe II Rawat Inap di RSI NU Demak, Skripsi DiterbitkanProgram Studi Ilmu Gizi, Gakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Istianto J H, dan Tyra, M J, (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Makan Ketty Resto. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akutansi (JENIUS).Vol.1 No 3. : 275-293
Kementerian Kesehatan RI. 2012. Pedoman Teknis Bangunan Rumah Sakit Ruang Rawat Inap, Direktorat Bina Pelayanan Penunjang Medik dan Sarana Kesehatan.
Nurhakiki H dan Tengku M, 2018, The Relations Of Doctor Service Quality On Outpatient Satisfaction In Londut Public Health Centre Labuhanbatu Utara. Journal Of Medical Record, Vol 1. No.1 Februari 2018 : 30 – 40. Journal Of Medical Record.
Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2011.
Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2017. Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah.
Respati, S.A. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Halmahera Kota Semarang. 2015.
ST. Nurul Aliah Alwy. 2018. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Pemerintah (RSUD Haji Makassar), Thesis Diterbitkan, Makassar, Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin Makassar.
Triani Ragil Saputri, 2016, Analisis Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Banyuman, Skripsi DiterbitkanJurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. Jakarta: 2009.
Yunarto. 2009. Pertanggungjawaban Dokter Dalam Transaksi Terapeutik, Universitas Diponegoro Semarang. Hlm. 34
Published
2020-07-15
Section
Artikel Penelitian