Identifikasi Bakteri pada Peralatan Makan yang Digunakan Oleh Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Tora Belo Kabupaten Sigi

Identification of Bacteria on Tableware Used by Patients at the Tora Belo Regional General Hospital, Sigi Regency

  • Fadhilah Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Budiman Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Rosnawati Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Bakteri, Peralatan Makan, Pasien

Abstract

Peralatan makan merupakan salah satu harus menjadi perhatian di bidang hygiene sanitasi makanan karena memegang peranan dalam penularan penyakit, sebab alat makan yang tidak bersih dan mengandung mikroorganisme dapat menularkan penyakit lewat makanan. Tujuan dari penelitian ini Untuk mengidentifikasi kandungan Bakteri Pada Peralatan Makan yang digunakan oleh Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Tora Belo Kabupaten Sigi. Jenis penelitian yang digunakan adalah survey yang bersifat deskriptif dengan analisa laboratorium, Peralatan makan yang menjadi sampel yaitu stainless plato, rentang dan sendok. Pengumpulan data dilakukan dengan pengambilan sampel bakteri pada peralatan makan stainless plato, rentang, sendok. Untuk menilai pengaruh variable independen dan dependen digunakan uji laboratorium. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada peralatan makan stainles platoditemukan positif bakteri Enterobacter Aerogenes sejumlah (11 CFU/cm²), pada peralatan makan rantang ditemukan positif bakteri Enterobacter Aerogenes sejumlah (22 CFU/cm²) , pada peralatan makan sendok ditemukan positif bakteri Salmonella Typosa sejumlah (213 CFU/cm²²). Disimpulkan bahwa sesuai dengan Permenkes RI No. 1096/MENKES/PER/XI/2011 Peralatan makan di Instalasi Gizi RSUD Tora Belo belum memenuhi syarat. Dan diharapkan bagi institusi, agar lebih memperhatikan proses pencucian peralatan makan yang baik dan juga cara penyimpanan peralatan makan setelah pencucian agar peralatan makan terhindar dari pencemaran.

References

Asokawati, Rifhandita, Indra Chahaya, and Surya Dharma. 2015. “Gambaran Higiene Sanitasi Penyelenggaraan Makanan Dan Keberadaan Bakteri Escherichia Coli Pada Peralatan Makan Di Lingkungan Kantin Universitas Sumatera Utara Tahun 2015.” Gambaran Higiene Sanitasi Penyelenggaraan Makanan dan Keberadaan Bakteri Escherichia coli pada Peralatan Makan di Lingkungan Kantin Universitas Sumatera Utara Tahun 2015.
Cahyaningsih, Chairini Tri, Haripurnomo Kushadiwijaya, and Abu Tholib. 2009. “Hubungan Higiene Sanitasi Dan Perilaku Penjamah Makanan Dengan Kualitas Bakteriologis Peralatan Makan Di Warung Makan.” Berita Kedokteran Masyarakat 25(4): 180.
Depkes, R I. 2003. “Pencegahan Dan Penanggulangan Penyakit Demam Dengue Dan Demam Berdarah Dengue.” Jakarta: Depkes RI.
Dinkes Prov Sulteng. 2017. “No Title.” In Dinkes Prov Sulteng, 2017,.
Kemenkes, R I. 2003. “Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 560/Menkes.” Sk/IV/2003 Tentang Pola Tarif Perjan Rumah Sakit.
Nadanti, Alifia. 2015. “Gambaran Higiene Sanitasi Pengolahan Es Buah Yang Terkontaminasi Bakteri Coliform Di Kelurahan Pisangan Kota Tangerang Selatan Tahun 2015.”
Rahmayani, Ratna Dwi, and Meithyra Melviana Simatupang. 2019. “Analisis Pengaruh Higiene Penjamah Dan Sanitasi Makanan Terhadap Kontaminasi E. Coli Pada Jajanan Sekolah.” Jurnal Untuk Masyarakat Sehat (JUKMAS) 3(2): 164–78.
Suryanti, Andi, Rahmi Amir, and Makhrajani Majid. 2019. “Pemeriksaan Escherichia Coli Menggunakan Metode Usap Pada Peralatan Makan Di Rumah Sakit Umum Andi Makkasau Kota Parepare.” Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan 2(1): 1–11.
Tumelap, Henny J. 2011. “Kondisi Bakteriologik Peralatan Makan Di Rumah Makan Jombang Tikala Manado.” Jurnal Kesehatan Lingkungan 1(1): 20–27.
Published
2023-03-16
Section
Artikel Penelitian