Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar di SD Inpres Bumi Bahari Kota Palu
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dan implikasinya terhadap peningkatan Kompetensi Guru Sekolah DasarĀ Inpres Bumi Bahari Kecamatan Palu Barat Kota Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara terhadap informan kepala sekolah dan guru-guru. Data dianalisis secara interaktif dan dilaporkan secara naratif deksriptif. Penelitian ini menemukan bahwa peran kepala sekolah meliputi peran manajer, menjadi agen perubahan yang unggul, penentu arah organisasi yang memahami prioritas, menjadi pemimpin profesional, dan inovator bagi lembaga. Keberhasilan sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan tidak bisa lepas dari peran kepemimpinan kepala sekolah serta sumber daya guru yang bermutu, kepala sekolah melalui kepemimpinannya harus dapat memastikan bahwa sumber daya manusia (guru) di dalamnya memiliki kompetensi yang baik sehingga dapat memenuhi visi dan cita-cita yang telah ditetapkan sekolah, oleh sebab itu, kepala sekolah memegang peranan penting dalam hal pengembangan kompetisi guru. Kepemimpinan kepala sekolah SD Inpres Bumi Bahari Kota Palu berimplikasi pada meningkatnya kompetensi guru-guru di sekolah tersebut.
This research aims to determine the implementation of the Principal's Leadership role and its implications for increasing the Competency of Inpres Bumi Bahari Primary School Teachers, West Palu District, Palu City. This research uses a qualitative approach, data was collected through interviews with school principals and teachers as informants. Data is analyzed interactively and reported in a descriptive narrative. This research found that the role of the principal includes the role of a manager, being a superior change agent, determining organizational direction who understands priorities, being a professional leader, and an innovator for the institution. The success of a school in improving the quality of graduates cannot be separated from the leadership role of the principal and quality teacher resources. The principal through his leadership must be able to ensure that the human resources (teachers) within him have good competence so that they can fulfill the vision and ideals set by them. has been determined by the school, therefore, the principal plays an important role in developing teacher competition. The leadership of the principal of SD Inpres Bumi Bahari, Palu City, has implications for increasing the competence of teachers at the school
References
Ach Mohyi, Teori dan Perilaku Organisasi, Malang: UMM Press, 1999
Amil Suprihatiningkrum, Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi
GuruBharudin, Kepemimpinan Pendidikan Islam, Yogjakarta: Ar-Ruz Media, 2012
Dwi Ari Wibawa, Kepemimpinan Transaksional dan Kepemimpinan Transformasional, 2012, Hadari Nawawi. Administrasi Pendidikan , Jakarta: Gunung Agung, 1985
Imam Wahyudi,Panduan Lengkap Uji Sertifikasi Guru, Jakarta: PT.Prestasi Pustakarya,2012
J.B Situmorang dan Winarno, Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Pendidik, Klaten: Macanan Jaya Cemerlang,2008
Jamil Suprihatiningkrum, Guru Profesional : Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru,
Jamil Suprihatiningkrum, Guru Profesional : Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru
Lexy Moleong, Metode Penelitian Kualitatif Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2002
M. Subana Sudrajat, Dasar-dasar Penelitian Ilmiah, Cet. 1, Bandung: Pustaka Setia, 2001
Raharjo, Peningkatan Kompetensi Guru dalam penyusunan KTSP: Studi tentang Efektifitas Program SSQ di Madrasah di Kabupaten Pati, Semarang: IAIN Walisongo.2013
Sondang P. Siagian, Filsafat Administrasi, (Jakarta: Gunung Agung, 198
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2008
Suyanto dan Asep Jihad, Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Globalisasi,(Jakarta: Erlangga.2013
Al-Bayan, Shohih Bukhari Muslim. (Cet. 1:Kairo: Darfikir, 2008
Andi Prastowo, Menguasai Taknik-teknik Koleksi Data Penelitian Kualitatif (Bimbingan dan Pelatihan Lengkap Serba Guna
Baharudin dan Umiarso, (Kepemimpinan Pendididkan Islam; Antara Teori dan Praktek, Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2012), h. 434
Bernawi Munthe, Desain Pembelajaran,(Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.2009),h.29
Burhan Bungin, Peneiltan Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial lainnya, Edisi.I (Cet.I, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007), h. 115.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Cet.II, Jakarta: Balai Pustaka, 2005), h. 1001.
Didin Kurniadi, Manajemen Pendidikan, Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan, (Jogjakarta: Ar-Ruz Media, 2012), h. 316
Dr. H. A. Rusdiana, M.M, Pengelolaan Pendidikan, (Cet I; Yogyakarta: Pustaka Setia, 2015
Dubin, Human Relations in Administration. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, 1986, hlm.385
Dwi Ari Wibawa, Kepemimpinan Transaksional dan Kepemimpinan Transformasional, 2012
E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah; Konsep, Strategi dan Implementasi. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 200
Fattah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013), h. 88
Gary, A. Yulk, Kepemimpinan Dalam Organisasi, Diterjemah Oleh Jusuf Udaya, (Jakarta: Prenhallindo, 1997), h. 7
Harnby, A.S, Oxford Edvanced Dictionary of English, London. Oxford University Press, 1990, h. 481.
Husein Umar, Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tasir Bisnis, (Cet.IV, Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2000), h. 42.
Husnal Asmara,. Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. (Jakarta : Ghalia, 1985
Kartini Kartono, Pemimpin dan Kepemimpinan (Jakarta : Rajawali, 1994), h.9
Kementrian Agama RI, Alquran dan Terjemahanya (Semarang:Asy-Syfa-2001)
Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet.XXIX, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011), h. 5.
Metthew B. Milles dan A. Michael Hubarman, Qualitative Data Analisis, diterjemahkan oleh Tjecep Rohendi, Analisis Data Kualitatif. Buku Tentang Metode-metode Baru, (Cet.I, Jakrta: UI Press, 2005), h. 15-16.
Minsih dkk, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar, (Vol 6, JPPD, 2019), h. 31
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam: di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, ( Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005), 183-184.
Mulyadi, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Mutu, (Malang: UIN Maliki Press, 2010Nurkholis, (Manajemen Berbasis Sekolah; Teori, Model, dan Aplikasi, Jakarta: Grasindo, 2003),
Robert C. & Stern J. Tailor, Kualitatif, Dasar-dasar Penelitian, (Surabaya: Usaha Nasional, 1993
Soetopo, Keefektifan Organisasi Sekolah. Dalam Buhanuddin, H., Imron Ali, Maisyaroh (Eds). Manajemen Pendidikan: Wacana Proses dan Aplikasi di Sekolah, UM, h. 111
Sudarman Danim, Menjadi Komunitas Pembelajaran Kepemimpinan Tranformasional Dalam Komunitas Organisasi Pembelajaran, jakarta : Bumi Aksara, 2005
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2016
Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, (Jakarta: Raja Grapindo Persada, 2002
Wasty Sumanto dan Hendayat Soetopo, Kepemimpinan Dalam Pendidikan, (Surabaya: Usaha Nasional, t.t
Winarno Surakhmad, Dasar dan Teknik Research. Pengentar Metodologi Ilmiah, (Bandung: Torsito, 1978
After the manuscript is accepted for publication, authors will be required to sign a copyright transfer form. Copyright will be transferred to Universitas Muhammadiyah Palu, Postgraduate Program in Master Program in Educational Management, via e-mail. A copyright form will be sent to you via e-mail after the accepted manuscript has been submitted.