Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Upaya Membangun Sekolah Berkualitas di Madrasah Aliyah Miftahul Jannah Lumbi-lumbia Banggai Kepulauan

  • Nurjana Opoh Universitas Muhammadiyah Palu
  • Hajar Anna Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Sekolah Berkualitas Leadership, Madrasah Principal, Quality School.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Kepemimpinan kepala madrasah dalam upaya membangun sekolah berkualitas di Madrasah Aliyah Miftahul Jannah Lumbi-lumbia Banggai Kepulauan, yang secara spesifik berfokus pada implementasi dan implikasi Kepemimpinan kepala madrasah memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sekolah. Metode yang digunakan yakni penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dan buku catatan. Sumber data berasal dari informan kepala madrasah, guru dan siswa madrasah aliyah Miftahul Jannah Lumbi-lumbia. Prosedur pengelolaan data yang dilakukan peneliti menggunakan uji Credibility, transferability, dependability, conformability. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) implementasi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas sekolah di madrasah aliyah Miftahul Jannah Lumbi-lumbia mengacu pada fungsi–fungsi manajemen, yang mana terdapat perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta monitoring, evaluasi dan pengawasan (2) implikasi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas sekolah di Madrasah Aliyah Miftahul Jannah Lumbi-lumbia telah terimplementasi dengan baik, terlihat dari strategi kepemimpinan dan gaya kepemimpinan, sehingga dapat memberikan implikasi sebagai berikut ; Pertama  Terwujudnya Kinerja Tersistematis, Kedua Terwujudnya Visi Misi, Ketiga Teratasi hambatan yang ada, Keempat Menciptakan iklim kinerja yang harmonis,  dan Kelima Tercapainya kepuasan kerja, sehingga dengan demikian maka kepemimpinan Kepala Madrasah dalam membangun Sekolah Berkualitas di Madrasah Aliyah Miftahul Jannah Lumbi-lumbia dapat diwujudkan. Selanjutnya direkomendasikan hal-hal sebagai berikut; Pertama untuk kepala madrasah dan guru agar dapat menjadi pendidik yang berusaha menciptakan iklim yang kondusif, serta bekerja sesuai keahlian masing-masing, Kedua bagi peneliti agar dapat menambah wawasan, dan bagi orang lain agar dapat menjadikan tambahan pelajaran dalam menerapkan manajemen kepemimpinan.

This study aims to describe the leadership of Madrasah principals in building quality schools at Madrasah Aliyah Miftahul Jannah Lumbi-lumbia Banggai Kepulauan, which specifically focuses on the implementation and implications of the leadership of madrasah principals having an important role in improving school quality. The method used is qualitative research, data collection is done through observation, interviews and documentation and notebooks. The source of the data came from informants from the head of the madrasa, teachers and students at the Miftahul Jannah Lumbi-lumbia madrasah aliyah. Data management procedures carried out by researchers used the Credibility, transferability, dependability, conformability tests. The results of this study indicate that, (1) the implementation of the leadership of the madrasah head in improving the quality of schools in madrasa aliyah Miftahul Jannah Lumbi-lumbia refers to management functions, which include planning, organizing, implementing, as well as monitoring, evaluating and supervising (2 ) the implications of the leadership of the madrasah head in improving the quality of schools in Madrasah Aliyah Miftahul Jannah Lumbi-lumbia have been implemented properly, seen from the leadership strategy and leadership style, so that it can have the following implications; First, Realization of Systematic Performance, Second, Realization of Vision and Mission, Third, Overcoming existing obstacles, Fourth, Creating a harmonious performance climate, and Fifth, Achievement of job satisfaction, so that in this way the leadership of the Madrasah Principal in building Quality Schools at Madrasa Aliyah Miftahul Jannah Lumbi-lumbia can be realized . Furthermore, the following things are recommended; First for madrasah heads and teachers to become educators who try to create a conducive climate, and work according to their respective expertise, Second for researchers to be able to add insight, and for others to be able to make additional lessons in implementing leadership management.

 

References

Anastasia rumani, Mulyanto, Manajemen Controlling Kepala sekolah terhadap kinerja guru untuk meningkatkan pelayanan pada siswa, http://jurnal,ustjogja.ac.id/index.php/mmp Vol. 5 (2) 2022
Ayu Rakhmah Nur Ansori, 2023, “Gaya Kepemimpinan Perempuan Untuk Mendapatkan Kader Pemimpin Berkualitas di Madrasah Mua’llimaat Muhammadiyah Yogyakarta”, disertasi tidak diterbitkan, Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Achmad, Nur Dkk 2018, Metodologi Penelitian, Polinema Pres
Anggito, Albi Dkk, 2018 Metodologi Penelitian Kualitatif, CV. Jejak
Angelliza Chantica, J. Cahyani, R., & Romadhon, A. (2022). Peranan Manajemen Pegawasan: Komitmen, Perencanaan, Kemampuan Karyawan (Literature Review Msdm). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(3), 247–256. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i3.829
Ahmad, R. &Pratama, A. (2021). Faktor Manajemen Profesional: Perencanaan, Perencanaan Pengorganisasian Pengawasan Kepemimpinan Kepala Sekolah Volume 3, Issue1, 2022E-ISSN: 2716-375X, P-ISSN: 2716-3768 Available Online: https://dinastirev.org/JMPISPage 485 Pengorganisasian, Dan Pengendalian (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumber daya Manusia).Jurnal Manajemen Ilmu Terapan 2(5),699–709. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.594
Budianto., & Komalasari. (2016). Kualitas Kepemimpinan. Jakarta: Radja Grafindo Persada
Departemen Agama RI, 2018, Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung Diponegoro.
Donni Juni Priansa, rismi Somad. 2014. Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: Alfabeta
Emron Edison, Yohny Anwar, Imas Komariyah, 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Alfabeta.
George R. Terry, Leslie W. Rue. 2019. Dasar-Dasar Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara. Haris, Amin, 2018, “Kepemimpinan, Pendidikan, Teori, Studi Kasus Dan Aplikasi”, Bandung, Alfabeta
Husna F. 2017. Kepemimpinan Islami Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. MISYKAT J Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarb. 2017;2(2):131. doi:10.33511/misykat.v2n2.131-15
Hikmat. 2011. Manajemen Pendidikan.Bandung: CV. Pustaka Setia
H. A. Rusdiana. 2017. Manajemen Evaluasi, Program Pendidikan, Konsep, Prinsip, dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah, Bandung: CV. Pustaka Setia
Jumaria Sirait, 2021, “Komitmen Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Sekolah”, PT. Nasya Expanding Management, Jawa Tengah.
Mustafa, 2018. Pengaruh Pengawasan Kepala Madrasah Terhadap Peningkatan Kinerja Kinerja Guru MIN Aceh Jaya, Skripsi Tidak Diterbitkan, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, UIN Ar-Raniry Banda Aceh,
Mulyasa E, 2017, “Menjadi Guru Profesional”, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Minsih, Rusnilawati, Dkk, 2019, “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar”, Vol.6 (1): 29-40.
Nurhayati. (2012). Kepemimpinan Dan Manajemen. Bandung: Remaja Rosdakarya
Robbins. (2003). Pengertian Kepemimpinan Dan Teori Kepemimpinan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sugiyono 2013, Metode penelitian kuantitatif, Kualitatif, R&D, Alfabeta, Bandung.
Sugiyono 2017, Metode penelitian kuantitatif, Kualitatif, R&D, Alfabeta, Bandung
Sulistiya, M. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMK Sandikra Bekasi Jawa Barat. neliti.com
Setiawan, Bahar A, dkk, 2013, Transformasional Leadreship Ilustrasi Di Bidang Pendidikan, PT RAJA GRAFINDO PERSADA, Jakarta.
Wirawan, 2013, Kepemimpinan. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Wahjosumidjo, 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta: PT. Radja Grafindo Persada
Yulius, 2018, “Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Kecerdasan intelektual, Emosional, dan Spiritual, Terhadap Iklim Sekolah”, Uwais Inspirasi Indonesia, Panorogo
Yahdiyani, N. R., Muna, A. R., Nurjanah, S., & Wahyuni, S. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Peserta didik di SDN Martapuro 2 Kabupaten Pasuruan. Journal of Education, Psychology and Counselling, 2(1), 327–336. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/
article/view/484
Zaini, A. H. F,2013. Pilar-pilar Pendidikan Karakter Islami. Bandung: Gunung Djati Press.
Published
2023-08-31
How to Cite
Opoh, N., & Anna, H. (2023). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Upaya Membangun Sekolah Berkualitas di Madrasah Aliyah Miftahul Jannah Lumbi-lumbia Banggai Kepulauan. Journal of Educational Management and Islamic Leadership (JEMIL) , 3(02), 51-65. https://doi.org/10.56338/jemil.v2i2.4062