DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 TOTIKUM DALAM TINJAUAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

  • Syaripudin N. Samsudin Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Palu
  • Rajindra Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Palu
  • Isnada Waris Tasrim Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Game Online, Minat, Prestasi, Panajemen Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang (1) Dampak kebiasaan bermain game online terhadap minat belajar siswa di SMP Negeri 1 Totikum. (2) Implikasi manajemen pendidikan Islam terhadap kebiasaan bermain game online yang berdampak terhadap minat dan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Totikum. Hasil Penelitian ini menunjukkan (1) Kebiasaan bermain game online berdampak terhadap minat dan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Totikum. Ini dilihat dari beberapa dampak yang ditimbulkan secara umum seperti siswa sulit berkonsentrasi karena game online, kurang semangat dan kurang antusias siswa saat jam pelajaran berlangsung. Kemudian terkait dampak positifnya antara lain meningkatkan konsentrasi, menjadikan disiplin, meningkatkan kemampuan tentang komputer, dan mempererat tali silaturahmi. Dampak negatifnya antara lain malas belajar, mengganggu kesehatan, tidak fokus dalam pembelajaran, boros kuota, perubahan sikap dan perilaku, dan bermain game yang tidak tepat pada waktunya. Dampak negatif tersebut lebih banyak daripada dampak positifnya, artinya siswa akan diperbudak dengan game online itu sendiri. Solusi mengatasi dampak tersebut guru melakukan pendekatan dan memberikan perhatian lebih kepada siswa dan memberikan nasehat apabila perilaku siswa sudah menyimpang, serta memberi hukuman bila perlu memanggil orang tua siswa dengan tujuan untuk mengajak bekerja sama dengan orang tua siswa dalam mengatasi dampak tersebut. (2) Implikasi manajemen pendidikan Islam terhadap kebiasaan bermain game online yang berdampak pada minat dan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Totikum dilihat dari cara mengatasi kebiasaan bermain game online tersebut. Implikasi dari fungsi perencanaan tercermin dalam merencanakan pemberian hukuman, menetapkan batasan dalam bermain hand phone, rencana pemberian reward. Fungsi pengorganisasian dilihat dari penerapan layanan yang sesuai dengan kebutuhan siswa, kerja sama antar sesama guru dan orang tua, dan memiliki wawasan yang luas tentang game online. Fungsi pelaksanaan dilihat dari peran guru sebagai pembimbing, motivator, dan komunikator. Terkait dengan fungsi pengawasan dilihat dari cara guru dan orang tua dalam mengawasi dan merubah kebiasaan bermain game online.

 

References

Rodiyatin Puput Trimurwani. (2019). Pengaruh Minat Belajar, Lingkungan Keluarga, Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS Di Man Nglawak Kertosono. Journal of Chemical Information and Modeling, 53 (9): 1689–99.

Frensisca Refenny Natalia. (2017) . Hubungan Antara Kompetensi Sosial Dengan Kecanduan Game Online Pada Remaja. Jurnal, 03 ( 2) : 33–43.

Adiningtiyas, Sri Wahyuni. (2017). Peran guru dalam mengatasi kecanduan game online. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 4.(1)
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher. (2018).
Arisanti, Devi, & Mhd Subhan. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar Siswa Muslim di SMP Kota Pekanbaru." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 3.(2).
Elindawati, Rifki. (2020). Dampak Game Online Bagi Pendidikan Anak. AL-WARDAH: Jurnal Kajian Perempuan, Gender dan Agama 13 (2).
Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak Jejak Publisher.
Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. (2015).
Sri, Lutfiwati. (2018). Memahami Kecanduan Online Melalui Pendekatan Neurobiologi.Jurnal Psikologi. Vol 1, No 1. (2018).
Suryono, Ryan Randy. (2016). Perilaku Pemain Game Online terhadap Pembelian Virtual Item. Diss. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2016.
Syahran, Ridwan. (2015). Ketergantungan online game dan penanganannya." Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling 1.1 : 84-92.
Yulianti, dkk. (2020). Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa MTs Matlaul Anwar”. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri. 3 (1).
Published
2023-02-09
How to Cite
Syaripudin N. Samsudin, Rajindra, & Isnada Waris Tasrim. (2023). DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 TOTIKUM DALAM TINJAUAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Journal of Educational Management and Islamic Leadership (JEMIL) , 2(01), 77-92. Retrieved from https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JEMIL/article/view/3283