PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH ASY SYIFAA TOTIKUM KABUPATEN BANGGAI KEPULAUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang 1) Menjelaskan peran kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MA Asy Syifaa Totikum Kabupaten Banggai Kepulauan. 2) Menjelaskan peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MA Asy Syifaa Totikum Kabupaten Banggai Kepulauan dalam perspektif manajemen pendidikan Islam. Metode yang digunakan yakni metode penelitian kualitatif. Peneliti juga menggunakan instrumen pembantu berupa pedoman wawancara, pedoman observasi, dan kajian dokumentasi, dan buku catatan. Prosedur pengolahan dan analisa data yang dilakukan peneliti yaitu teknik melalui kegiatan reduksi data dan penyajian data. Hasil Penelitian ini menunjukkan: 1) Peranan Kepala Madrasah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MA Asy-Syifa Totikum Kabupaten Banggai Kepulauan diterapkan dalam beberapa bentuk seperti kepala madrasah sebagai edukator, tutor, leader, mentor, motivator, koordinator, evaluator dan juga sebagai tauladan. Kualitas pembelajaran yang diharapkan antara lain terciptanya guru-guru yang profesional dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, siswa-siswa yang tidak hanya berprestasi tetapi juga berkepribadian mulia. 2) Perspektif manajemen pendidikan Islam tentang Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MA Asy-Syifa Totikum Kabupaten Banggai Kepulauan merupakan upaya bersama seluruh komponen sekolah dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan dan peningkatan mutu pendidikan. Upaya tersebut meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi
References
Aziz, M. Irfan. (2019). Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 1, No 3): 37.
Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., & Muhlas. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa Wfh Pandemic Covid1-19 Sebagai Tantangan Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (Kti) Masa Work From Home (Wfh) Covid-19, I(1), 1-10.
Emzir. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif Dan Kualitatif. Depok: Rajawali Pers.
Fajri, Ihsanul. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Kualitas Pendidikan. Jurnal Penddikan, 01 No. 1: 2.
Harun, Cut Zahri (2016). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sma Negeri 1 Mutiara Kabupaten Pidie. Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. 4, No. 2,: 68.
Hasanah, Miftahul Laili., & Kristiawan, Muhammad. (2019). Supervisi Akademik Dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 3.2
Kanika.( 2016). Teacher’s Accountability: Key To Quality Education. International Journal Of Advanced Research In Education And Technology (Ijaret). Vol.3, Issue 1 (1 Jan.-Mar. 2016).
Nuriratul, Dkk. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Peserta Didik Di Sdn Martapuro 2 Kabupaten Pasuruan. Journal Education Psicology And Counselin. Volume 2 No. 1 : 2716-4446
Nurmawati, Ni Kadek Yeni, I Wayan Mandra. (2018). Peranan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Dan Kompetensi Guru Agama Hindu Di Sekolah Dasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(2), 184–192
Nursaid. (2020). The Leadership of Headmaster in Improving The Quality Of Madrasa Education. Jurnal Pendidikan Islam, 6 No. 1: 2
Satori, Djam’an Dan Aan Komariah. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Sole, F. B., & Anggraeni, D. (2018). Inovasi Pembelajaran Elektronik Dan Tantangan Guru Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, Ii (1), 10-18.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, Cet. Ke-28.
Wahyudi. (2018). The Leadership Of The Head Madrasah Based Quality. Nadwa Jurnal Pendidikan Islam, 12 No. 1: 15.
Wildatun, Ulya. (2019). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan Volume 8 Nomor 2, 1-7
Yang, Chen Chi Yang. (2016). The Relationship Between The Principal’s Positive Leadership And School Effectiveness Takel School Organizational Culture As The Mediator. Journal European Journal Of Psychological Research No. 3
After the manuscript is accepted for publication, authors will be required to sign a copyright transfer form. Copyright will be transferred to Universitas Muhammadiyah Palu, Postgraduate Program in Master Program in Educational Management, via e-mail. A copyright form will be sent to you via e-mail after the accepted manuscript has been submitted.