Pendidikan Sosial dalam Perspektif Al Qur’an Surah Ali Imran Ayat 64
Social Education in the Perspective of the Qur'an Surah Ali Imran Verse 64
Abstract
Studi ini meneliti pendidikan sosial yang terdapat dalam surah Ali Imran ayat 64. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka (library research), yaitu usaha memperoleh data dalam kepustakaan.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini juga berupa penelitian kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan seorang tokoh.karena penelitian ini membahas tafsir dalam satu tema, maka penelitian ini juga menggunakan metode maudhu’i (tematik).Sementara sumber data yang digunakan ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data skunder. Sumber data primer yang digunakan adalah dua buku tafsir klasik karangan At Thabary dan Ibnu Katsir dan dua buku tafsir kontemporer karya Hamka dengan tafsirnya Al Azhar dan Qurash Shihab dengan tafsirnya Al Misbah.Paling tidak ada tiga hal yang disampaikan dalam surah Ali Imran ayat 64 yaitu nilai-nilai tauhid, persatuan, dan kesaksian atas kepatuhan pada Allah yang tunggal. Dalam ayat ini meneguhkan kepada kita penyembahan kepada satu-satunya tuhan yaitu Allah SWT. Kemudian dilanjutkan dengan sikap persatuan walaupun antara kita sekalipun ada yang berpaling. Dan orang-orang muslim adalah kesaksian bahwa mereka adalah orang-orang yang berserah diri.
References
Albert, Yansen dan Sirjon, (2022), Filsafat Pendidikan, Eureka Media Aksara
Al Quran, (221) Bandung, PT Al Qosbah Karya Indonesia
Ardiansyah, Prihantoro, Yogi, (2023), Toword “Kalimatun Sawa” : A Dialoque between Islam And Christianity On The Universal Good, Journal of Religious And Socio-Cultural, Vol. 4 N0. 1.
Armayanto, Harda, Suntoro, Fattah, Adib, (2022), Konsep Kalimatun Sawa’ Dalam Hubungan Antar Agama : Analisis Komparatif Pandangan Hamka dan Nurcholish Madjid, Al Miskah : Jurnal Kajian Al Qur’an dan Tafsir Vol.3 No. 2, 2016 - 2019
Ath Thobari, Jarir, Ibnu, Tafsir At Thabary, Pustaka Azzam
A’yun, Qurrota, Said, Ahmad, Hasani, (2019), Kalimatun Sawa’ Dalam Perspektif Tafsir Nusantara, Jurnal Afkaruna, Vol.15 No. 1 Juni 2019.
Ghofar, Abdul, (2003) Terjemahan Tafsir Ibnu Katsir Jilid 2, Pustaka Iman As Syafi’I
Hamka, Tafsir Al Azhar, Pustaka Nasional
Hardani DKK, (2020), Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Yogyakarta : CV Pustaka Ilmu.
Hasanah, Mila, (2022), Filsafat Pendidikan, CV. Kanhaya Raya
Izzan, Ahmad, Saepudin, Dindin, (2022), Tafsir Maudhu’I : Metode Praktis Penafsiran Al Quran, Bandung : Humaniora
Kamus Bahasa Indonesia,(2008), Jakarta : Pusat bahasa
Madjid, Nurcholish, (2019), Karya Lengkap Nurcholish Madjid. (Budhy Munawar-Rachman, Ed.). Jakarta: Nurcholish Madjid Society
Maghfiroh, L . (2019), Hakekat Pendidik dan Peserta Didik dalam Pendidikan Islam, MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Rizkiyah, Tahtimatur, Istiani, Nurul, (2021), Nilai Pendidikan Sosian Keberagamaan Islam Dalam Moderasi Beragama Di Indonesia, Poros Onim : Jurnal Sosial Keagamaan, Volume 2 Nomer 2 , Desember 2021.
Sedana,I Gede, dkk, (2020), Pengantar Sosiologi, Surabaya : CV Qiara Media.
Shihab, Quraish, (2005), Tafsir Al Misbah : Pesan Kesan dan Keserasian Al Qur’an, Lentera Hati
Syar’I, Ahmad,(2020), Filsafat Pendidikan Islam, CV. Narasi Nara
Undang-Undang RI Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.