Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Peserta Didik melalui Sistem Guru Keliling (Guling)

Efforts to Improve Islamic Religious Education Learning Outcomes for Students through the Itinerant Teacher System (Guling)

  • Muhammad Rizal Masdul Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Kuliawati Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Norma Yunita Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Meningkatkan Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Peserta Didik, Sistem Guru Keliling

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik melalui sistem Guru Keliling (Guling) di SDN 6 Kayumalue Ngapa, dan untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik melalui sistem Guru Keliling (Guling) di SDN 6 Kayumalue Ngapa. Metode penelitian yang digunakan dalam Skripsi ini adalah peneltian yang membutuhkan waktu, tenaga, alat, dana, sarana dan prasarana. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu instrument penulisan yang tepat dalam merancang dan melaksanakan penulisan. Instrument penulisan merupakan alat-alat yang dipergunakan dalam upaya pencarian dan pengumpulan data dalam suatu penulisan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1. Upaya meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik melalui sistem Guru Keliling (Guling) di SDN 6 Kayumalue Ngapa adalah: Memberikan motivasi kepada peserta didik agar rajin mengulangi pelajaran di rumah, Membangun komunikasi dengan orang tua peserta didik, agar Peserta didik ada di rumah ketika Guru Keliling dating mengajar, mendidik peserta didik agar memiliki ketekunan yang tinggi, Menanamkan rasa Penuh percaya diri kepada peserta didik dan Menanamkan kedisiplinan pada diri peserta didik, 2. Implikasi upaya meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik melalui sistem Guru Keliling (Guling) di SDN 6 Kayumalue Ngapa adalah Hasil belajar Pendidikan Agama Islam meningkat karena Peserta didik termotivasi rajin mengulangi pelajaran PAI di rumah, Komunikasi terjalin antara orang tua peserta didik dengan guru PAI, Memperoleh nilai diatas nilai standar, karena tertanam ketekunan pada diri peserta didik, Dengan Guru Keliling, Peserta didik mudah memahami pelajaran dan Nilai bagus karena Guru keliling rajin datang mengajar.

References

Abu Abdillah Muhammad bin Ismail al-Bukhari, 1987. Shahih Bukhari, Hadis Nomor 4802, Cet II, Pusaka Ilmu, Jakarta.
Aunurrahman, 2019. Belajar dan Pembelajaran,Cet. XI, Bandung: Alfabeta.
Elihami, E., Syahid, A. 2018. Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Surabaya: PT Bina Ilmu.
Gunawan, Heri. 2018. Pendidikan Islam Kajian Teoretis Dan Pemikiran Tokoh, Bandung.
Hamka. 2018. Pelajaran Agama Islam. Cet I, Jakarta: Republika Penerbit.
Ismail, 2017. Penulisan Kualitatif. Cet. II, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kementrian Agama R.I, 2017. Al-Quran dan Terjemahannya, Cet. II Surabaya: Al-Hidayah.
Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. Sumber: http://kbbi.web.id.

Lubis, Nuraini. Guru Keliling (Guling) Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Integral Volume 11 No. 2 Tahun 2020 Hal.28-39 P-ISSN: 2086-4590 E-ISSN : 2714- 7541, h. 30. file:///C:/Users/User/Downloads/1752-Article%20Text-4965-1-10-20210601%20(1).pdf. Diakses tanggal 19 November 2021
Mokh. Iman Firmansyah, Pendidikan Agama Islam : Pengertian, Tujuan, Dasar, dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Islam -Ta’lim Vol. 17 No. 2 - 2019, h.83. http://jurnal.upi.edu/file/01_Pendidikan_Agama_Islam,_Pengertian,_Tujuan,_Dasar,_dan_Fungsi.pdf.
Moleong, J. Lexy. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
M. Maftuhin, Pembelajaran Pendidikan. Jurnal An-nafs Vol. 3 No 1 Juni 2018, h. 76. https://core.ac.uk. Diakses tanggal 16 Februari 2021
Mulasi, Syibran. Problematika Pembelajaran PAI Pada Madrasah Tsnawiyah di Wilayah Barat Selatan Aceh. Jurnal Ilmiah Islam Futura Vol. 18. No. 2, Februari 2019, 269-281, h. 272. file:///C:/Users/User/Downloads/3367-11930-1-PB.pdf. Diakses tanggal 19 November 2021
Mulyasa, Enco. 2017. Menjadi Guru Prefesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.
Nirmala, Peran Komunikasi Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah SDN 1 Alitupu Kec. Lore Utara Kab. Poso. IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman ISSN 0216-4949 (Print) || ISSN 2615-4870 (Online) Artikel 3 Volume 16, Nomor 02, Juli 2021, h. 72. file:///C:/Users/User/Downloads/1597-Article%20Text-3125-1-10-20210709.pdf. Diakses tanggal 5 Desember 2021
Patima, Peran Guru Pendidikan Islam terhadap Siswa Broken Home di Madrasah Aliyah Haji Hayyun Salumpaga. IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman ISSN 0216-4949 (Print) || ISSN 2615-4870 (Online) Artikel 2 Volume 16, Nomor 02, Juli 2021, h. 66. file:///C:/Users/User/Downloads/1596-Article%20Text-3123-1-10-20210709.pdf. Diakses tanggal 5 Desember 2021
Rohidin. 2018. Pendidikan Agama Islam Sebuah Pengantar. Cet I, Yokyakarta: FH UII Press.
Saprin Efendi, Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 064025 Kecamatan Medan Tuntungan. Edu Riligia: Vol. 2 No.2 April - Juni 2018, h. 267. file:///C:/Users/User/Downloads/1752-4354-1-SM.pdf. Diakses tanggal 19 November 2021
Susiana, Problematika Pembelajaran PAI di SMKN 1 Turen. Jurnal Al-Thariqah Vol. 2, No. 1, Juni 2017 ISSN 2527-9610, h. 79. https://media.neliti.com/media/publications/195155-ID-problematika-pembelajaran-pai-di-smkn-1.pdf. Diakses tanggal 19 November 2021
Published
2023-10-13
Section
Artikel Penelitian