Peran Guru Pendidikan Islam terhadap Siswa Broken Home di Madrasah Aliyah Haji Hayyun Salumpaga

  • Patima Patima Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Pendidikan Islam, Broken Home

Abstract

Adapun tujuan penelitian 1).Untuk Mengetahui peran guru pendidikian  Islam terhadap Siswa Broken  Home  di Madrasah Aliyah Haji Hayyun Salumpaga 2). Untuk Mengetahui Hambatan guru pendidikan  Islam dalam mengatasi siswa  Broken home di Madrasah Aliyah Haji Hayyun Salumpaga. Peran guru pendidikan Islam terhadap siswa Broken Home, untuk mengungkapkan data yang akurat, penulis menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan data melalui data primer dan data sekunder. Adapun Prosedur pengumpulan data yakni melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta data yang diperoleh melalui buku-buku referensi. Adapun hasil penelitian adalah 1). peranguru  pendidikian  Islam terhadap Siswa Broken  Home    di Madrasah Aliyah Haji Hayyun Salumpaga dengan melakukan pendekatan pendekatan di antaranya Pendekatan yang dilakukan oleh guru dalam menangani siswa Broken Home yaitu dengan pendekatan ibadah, pendekatan akhlak dan fikih dan pendekatan akidah. 2). Hambatan guru pendidikan Islam dalam mengatasi siswa Broken home di Madrasah Aliyah Haji Hayyun Salumpaga yaitu Hambatan karena kurangnya waktu untuk sharing bersama siswa, sulitnya orang tua siswa diajak kerjasama.

References

Qudsiyah I. KONSEP PENDIDIKAN AL-QUR’AN PADA ANAK USIA DINI PERSPEKTIF ABU HASAN ALI AL QABISI (KITAB AR-RISALATUL MUFASHSHILAH LI AHWAL AL-MUTA’ALLIMIN WA AHKAM AL-MU’ALLIMIN WA AL-MUTA’ALLIMIN). STAIN Kudus; 2016.

Setiawan HH. Pola pengasuhan keluarga dalam proses perkembangan anak. Sosio Inf. 2014;19(3).

Lazarusli B, Lestari S, Abdullah G, Sudrajat R, Suciptaningsih OA. Penguatan peran keluarga dalam pembentukan kepribadian anak melalui seminar dan pendampingan masalah keluarga. E-Dimas J Pengabdi Kpd Masy. 2014;5(1):55–67.

Muri’ah DRHS, Wardan K. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Literasi Nusantara; 2020.

Aminuddin A. Pemikiran M. Quraish Shihab dan Dadang Hawari tentang Cara Mendidik Anak dalam Keluarga dan Sumbangannya terhadap Pendidikan Islam. IAIN Walisongo; 2009.

Faisol A. NILAI NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM FILM 3 HATI DUA DUNIA SATU CINTA KARYA BENNI SETIAWAN. Universitas Muhammadiyah Jember; 2018.

Fitri AL. Sistem Pendidikan Islam Nabi Muhammad SAW pada Buku Muhammad Super Leader Super Manager karya Syafi’I Antonio. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim; 2016.

Yuliani R. Peran guru akidah akhlak dalam membimbing perilaku keagamaan siswa kelas 4 di MIN 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung; 2017.

Published
2021-07-11
Section
Articles