Pembinaan Akhlak Mulia melalui Keteladanan dan Pembiasaan

  • Nurlaila Nurlaila Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Pembinaan, Akhlak, Keteladanan, Pembiasaan

Abstract

Keteladanan dan pembiasaan dalam pendidikan amat dibutuhkan karena secara psikologis, peserta didik lebih banyak mencontoh prilaku atau sosok figur yang diidolakannya termasuk gurunya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di MA Aisyisiyah Kota Palu. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mereduksinya, menyusunnya dalam satuan, mengkategorikannya, memeriksa keabsahan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan pembinaan akhlak mulia di MA Aisyisiyah terimplementasikan ke dalam program rutinitas dan insindental yang menjadi keharusan bagi peserta didik. Adapun bentuk keteladanan yang ditunjukkan oleh guru-guru meliputi disiplin waktu, disiplin menegakkan aturan, disiplin dalam bersikap, disiplin dalam beribadah. Sedangkan pembiasaan meliputi pembiasaan mengucapkan salam kepada guru ketika bertemu, membaca asmaul husna, tadarus Al-Qur`Än, sholat á¸uha berjamaah, Tausyiah á¸uḥa, berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, muhaá¸arah dan upacara bendera di hari senin, hidup bersih dan ekstrakurikuler kesenian dan keagamaan; (2) Materi pembinaan akhlak yaitu materi tentang kedisiplinan dan keagamaan; (3) Evaluasi yang dilakukan berbentuk rapat bulanan yang berisi laporan tentang sejauh mana pembinaan yang mereka lakukan dengan kepala madrasah sebagai controlling; (4) Faktor pendukung: a) adanya kerjasama yang baik antara pihak Kepala Madrasah, Guru, wali kelas dan seluruh tenaga kependidikan, b) faktor keluarga (orang tua) yang ikut berpartisipasi aktif dalam memberikan perhatian pada anak untuk selalu mengajarkan yang baik dan selalu menjadi tauladan yang baik, c) peserta didik sebagian berada di lingkungan pesantren sehingga keadaan peserta didik lebih terkontrol. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: a) pergaulan peserta didik di luar jam pelajaran dengan lingkungan luar yang terkadang membawa arah yang negatif, b) pengawasan yang masih kurang dari guru bagi peserta didik yang tidak mengikuti pembiasaan, karena masih ditemukan peserta didik ketika membaca asmaul husna, tadarus Al-Qur`Än dan ÅŸalat á¸uha mereka belum serius, gaduh dalam pembelajaran, dan tidak melaksanakan ÅŸolat ẓuhur berjamaah c) teknologi yang sedikit banyak mengganggu peserta didik dalam belajar.

References

Sutrisno A. METODE PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA MENURUT ABDULLAH NASHIH ULWAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA DI KELURAHAN MAJAPAHIT KOTA LUBUKLINGGAU. Al-Bahtsu J Penelit Pendidik Islam. 2017;2(2).

Pratama YA. Integrasi pendidikan madrasah dalam sistem pendidikan nasional (Studi kebijakan pendidikan madrasah di Indonesia). Al-Tadzkiyyah J Pendidik Islam. 2019;10(1):95–112.

Yusup IM. Pengaruh program Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI) terhadap akhlak siswa di SMK Bakti Nusantara 666 Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung; 2018.

Fauziyyah H. Konseling sufistik dalam pembinaan akhlak siswa: Studi kasus di Pondok Pesantren Al-Falah 2 Nagreg. UIN Sunan Gunung Djati Bandung; 2019.

Sukoco NI, Nurdin N. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembinaan Akhlak Di SMP Unismuh Makassar. Equilib J Pendidik. 2018;6(2):112–8.

Nopriadi E. Penerapan Metode Pembiasaan untuk Menanamkan Niai-Nilai Pendidikan Islam pada Siswa SD Negeri 38 Janna-Jannayya Kec. Sinoa Kab. Bantaeng. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar; 2016.

Manan S. Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. J Pendidik Agama Islam. 2017;15(1):49–65.

Handayani TA. Pengaruh Metode Pembiasaan Guru PAI Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Metro Kecamatan Metro Selatantahun Pelajaran 2016/2017. IAIN Metro; 2017.

Fatah RHA. SELISIH HARGA PADA BANDROL PRODUK DALAM PERSPEKTIF MUAMALAH. Mutawasith J Huk Islam. 2018;1(2):172–84.

Pertiwi H. Keefektifan Sistem Informasi Manajemen Kearsipan (SEMAR) Terhadap Penemuan Kembali Arsip Di Kantor Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo. J Pendidik Adm Perkantoran. 2014;2(2).

Sulastri E. KEDISIPLINAN MENURUT KONSEP PENDIDIKAN ISLAM. Pedagog J Ilm Pendidik dan Pembelajaran Fak Tarb Univ Muhammadiyah Aceh. 2015;2(2).

NURYANTO D. Disiplin Kerja Dalam Perspektif Islam Pada Karyawan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2014.

Published
2021-07-01
How to Cite
Nurlaila, N. (2021). Pembinaan Akhlak Mulia melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 14(2), 94-101. https://doi.org/10.56338/iqra.v14i2.1561
Section
Articles