Hubungan Pengetahuan dengan Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada Pekerja Pengelasan di Kecamatan Balongan

  • Hairil Akbar Program Studi Kesehatan Masyarakat STIKES Graha Medika, Kotamobagu
  • Darmawansyah Darmawansyah Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Dehasen Bengkulu
  • Agung Sutriyawan 3Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Bhakti Kencana, Bandung
  • Herman Hatta Program Studi Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Gorontalo
  • Moh. Rizki Fauzan Program Studi Kesehatan Masyarakat STIKES Graha Medika, Kotamobagu
Keywords: Pengetahuan, perilaku, alat pelindung diri

Abstract

Penggunaan APD merupakan tahap akhir dari pengendalian bahaya. Manfaat dari penggunaan APD saat bekerja sangat besar dalam pencegahan kecelakaan kerja. Namun dalam kenyataannya masih banyak pekerja yang tidak menggunakan APD saat bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan perilaku penggunaan alat pelindung diri pada pekerja pengelasan di Kecamatan Balongan. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan Cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja bengkel las yang berada di wilayah Kecamatan Balongan dengan jumlah sampel sebanyak 43 orang. Analisis data menggunakan uji statistik Chi-Square. Hasil penelitian terdapat hubungan pengetahuan (p value = 0,003) dengan perilaku penggunaan alat pelindung diri (APD) pada pekerja pengelasan di Kecamatan Balongan. Pemilik usahaa pengelasan harus mempersiapkan APD yang lengkap dan sesuai dengan standar sebelum pekerja melakukan pengelasan agar pekerja terhindar dari resiko baya kerja.

References

Rorimpandey M, Kawatu P, Wongkar D. Hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan tindakan penggunaan alat pelindung diri pada pekerja pengelasan bengel las kota Manado. J Kesehat Masy Univ Sam Ratulangi. 2014;(6–10):1–8.

Ogden J. Health Psychology a tectbook. Great Britain: Open University Press, Buckingham; 1996.

Dahyar CP. Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Pekerja Pt. X. J Promkes [Internet]. 2015;6(2):178–87. Available from: https://e-journal.unair.ac.id/PROMKES/article/download/8004/6022

Di H, Sinar PT, Djaja P. Identifikasi Bahaya Kecelakaan Unit Spinning I Menggunakan Metode Hirarc Di Pt. Sinar Pantja Djaja. Unnes J Public Heal. 2014;3(1):1–9.

Akbar H. Hubungan Personal Hygiene dan Pekerjaan dengan Kejadian Dermatitis di Wilayah Kerja Puskesmas Juntinyuat. Promot J Kesehat Masy. 2020;10(1):1–5.

Kementerian Tenaga Kerja dan Transportasi. Data Kecelakaan Kerja. Jakarta; 2012.

Erlani., Anugrah.S. Hubungan Perilaku Pekerja dengan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) di Pabrik Penggilingan Padi Kabupaten Sidrap. J Sulolipu Media Komun Sivitas Akad dan Masy. 2018;18(2):30–42.

Rinawati S, Widowati NN, Rosanti E. Pengaruh Tingkat Pengetahuan Terhadap Pelaksanaan Pemakaian Alat Pelindung Diri Sebagai Upaya Pencapaian Zero Accident Di Pt. X. J Ind Hyg Occup Heal. 2016;1(1):53.

Yuna Asima Ria Lumban Gaol PBCS. Determinan yang Berhubungan dengan Keluhan Akibat Tidak Menggunakan APD pada Pekerja Bengkel Las Medan. J Heal Sci Physiother. 2020;2(1):61–7.

Permatasari G, Setiadi G, Arifin A. Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Kenyamanan Pekerja dengan Pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) di Bengkel Las Listrik Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten HSU Tahun 2016. J Kesehat Lingkung J dan Apl Tek Kesehat Lingkung. 2017;14(1):383.

Syaaf FM. Analisis Perilaku Beresiko (at-risk behavior) pada pekerja unit usaha las sector informal di Kota X. Universitas Indonesia; 2008.

Wibowo A. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri di Areal Pertambangan PT. Antam,Tbk Unit Bisnis Pertambangan Emas Pongkor Kabupaten Bogor. Universitas Islam Negeri Jakarta; 2010.

Linggasari. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Terhadap Penggunaan Alat Pelindung Diri di Departemen Engineering PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk Tangerang. Universitas Indonesia; 2008.

Kholid A. Promosi Kesehatan: Dengan Pendekatan Teori Perilaku, Media dan Aplikasinya Untuk Mahasiswa dan Praktisi Kesehatan. Jakarta: Rajawali Pers; 2012.

Yogisutanti, Gurdani TA, Kristanti TR. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Karyawan Di Perusahaan X di Kota Bandung. Pros Pertem Ilm Nas Penelit Pengabdi Masy (PINLITAMAS 1) Dies Natalis ke-16 STIKES Jenderal Achmad Yani Cimahi PINLITAMAS 1. 2018;1(1).

Published
2020-12-26
Section
Original Articles