HUBUNGAN PELAYANAN PETUGAS DAN TARIF DENGAN KEPUASAN PASIEN KELAS III DI RUMAH SAKIT UMUM MOKOPIDO KABUPATEN TOLITOLI

  • Herlina Yusuf Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Pelayanan kesehatan merupakan salah satu aspek yang berperan dalam penciptaan derajat yang merata kepada seluruh masyarakat sesuai dengan tujuan penyelenggaraan pembangunan kesehatan yaitu terwujudnya masyarakat yang mandiri untuk penggapai pelayanan kesehatan dan berperilaku hidup sehat (Depkes RI, 2003). Sumber Daya Manusia yang sehat dan berkualitas memerlukan modala utama atau investasi dalam pembangunan kesehatan. Tujuan penelitian : untuk mengetahui hubungan pelayanan petugas dan tarif dengan kepuasan pasien Kelas III di Rumah Sakit Umum Mokopido Kabupaten Tolitoli. Metode penelitian : survey analitik dengan pendekatan Cross-Sectional yang digunakan untuk mengukur variabel Independent dan Dependent secara bersamaan untuk mengetahui hubungan pelayanan petugas dan tarif dengan kepuasan pasien Kelas III Kabupataen Tolitoli. Sampel : dilakukan dengan cara Accidental Sampling dengan jumlah sampel 91 responden. Hasil penelitian : menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan pelayanan petugas administrasi antara kepuasan pasien dengan nilai P = 0,000 (P < 0,5) ada hubungan yang signifikan pelayanan perawat antara kepuasan pasien dengan nilai P = 0,000 (P < 0,5) tidak ada hubungan pelayanan dokter antara kepuasan pasien dengan nilai P = 0,087 (P < 0,05) ada hubungan yang signifikan pelayanan petugas apotek antara kepuasan pasien dengan nilai P = 0,000 (P < 0,5) tidak ada hubungan tarif antara kepuasan pasien dengan nilai P = 0,028 (P < 0,5). Saran : kepada instansi khususnya bagi petugas Apotek Rumah Sakit Umum Mokopido Kabupaten Tolitoli dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan di Apotek sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien.

Kata Kunci : Administrasi, Perawat, Dokter, Petugas Apotek, Tarif, Kepuasan Pasien.
Published
2017-11-19
Section
Original Articles