TAMAN LITERASI AMPANA: UPAYA Edukasi DAN EDUKASI LITERASI ANAK DI LINGKUNGAN MASYARAKAT

  • Adhriansyah unismuh palu
  • Nurul Fathanah Unismuh Palu
Keywords: Ampana; Edukasi; Literasi anak ; penguatan literasi;.Taman Literasi

Abstract

TARASI AMPANA merupakan kegiatan literasi yang diadakan oleh mahasiswa KKNT universitas Muhammdiyah Palu angkatan LXVI yang berkolaborasiĀ  bersama Dinas perpustakaan dan kearsipan daerah kabupaten Tojo una-una. Dengan pendekatan yang ramah anak, taman ini tidak hanya membantu anak-anak belajar membaca, tetapi juga menumbuhkan minat serta menambah informasi atau wawasan anak-anak , Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran Taman Literasi Ampana sebagai sarana edukasi dan penguatan literasi terhadapĀ  anak-anak Yang bertujuan untuk mengenalkan dunia literasi yang lebih luas kepada masyarakat khususnya anak-anak .Taman Literasi Ampana hadir sebagai solusi inovatif dalam meningkatkan kemampuan literasi anak-anak di Kecamatan Ampana Kota, kabupaten Tojo Una-una. Taman literasi ini tidak hanya berfungsi sebagai ruang membaca, tetapi juga sebagai pusat edukasi yang menawarkan berbagai kegiatan interaktif yang dapat merangsang minat baca, kreativitas, serta berpikir kritis pada anak. Taman literasi ini menjadi inisiatif lokal yang menggabungkan konsep perpustakaan keliling dengan taman bermain, yang tidak hanya menarik bagi anak-anak tetapi juga mendorong keterlibatan aktif dari keluarga dan komunitas dalam mendukung perkembangan literasi anak. Artikel ini mengkaji peran strategis Taman Literasi Ampana dalam penguatan literasi anak, serta bagaimana taman ini mampu mengenalkan dunia literasi yang luas kepa anakk-anak. Melalui dukungan komunitas dan keterlibatan berbagai elemen masyarakat.

References

Adriani, Juznia dkk. 2020. Pengembangan Literasi Pemustakaan Di Taman Baca Pustaka. Jurnal Perpustakaan Pertaian,Vol.29, No1 (9-16) Hal.9
Harifa, Ayisya Cindy, and Moch Sholeh. "Pendirian Taman Baca Masyarakat Sebagai Upaya Peningkatan Literasi." J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 1.6 (2021): 1157-1164.
Fitriyani, Fitriyani, 2022 and Arief Teguh Nugroho. "Literasi Digital Di Era Pembelajaran Abad 21." Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi 2.1: 307-314.
Rohmaniyah,2020, Peranan Taman Bacaan Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Rumah Singgah Anak Mandiri Yogyakarta,media pustakawan, vol. 27, No. 21
UNESCO, 2006: 148
Published
2025-05-31
How to Cite
Adhriansyah, & Nurul Fathanah. (2025). TAMAN LITERASI AMPANA: UPAYA Edukasi DAN EDUKASI LITERASI ANAK DI LINGKUNGAN MASYARAKAT. Sambulu Gana : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 52-58. https://doi.org/10.56338/sambulu_gana.v4i2.7562
Section
Articles