IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DI ERA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

  • Aifan Aifan Universitas Tadulako
  • Rosnani Lakuna Universitas Tadulako
Keywords: Implementasi, Nilai Pancasila, Pandemi Covid-19

Abstract

Pancasia lahir dari perjalanan sejarah bangsa yang dirumuskan oleh para pendiri bangsa ini. Pancasila yang termaktub dalam pembukaan UUD 1945 alenia ke-4 diharapkan dapat dijadikan pedoman hidup bangsa Indonesia. Memaknai nilai-nilai Pancasila harus tetap diamalkan dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia, oleh sebab itu keberadaannya tidak hanya dijadikan simbol semata.  Nilai-nilai Pancasila harus dipahami secara menyeluruh sehingga tercipta kerukunan bangsa. Sila-sila Pancasila dapat menjadi pedoman bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dalam menghadapi berbagai tantangan. Di masa pandemi Covid-19, nilai-nilai Pancasila sangat penting diimplementasikan dalam masyarakat Indonesia, yaitu gotong royong.yang merupakan suatu ciri khas atau karakter dari warganegara Indonesia 

References

Hadi, Suprayoga. 2020. “Implementasi Nilai Pancasila Dalam Perencanaan Percepatan Penanganan Dan Pemulihan Terdampak Pandemi Covid-19.” Majalah Media Perencana Perkumpulan Perencana Pembangunan Indonesia 1 (1): 22–32.
Hapsoro, A.W. 2015. “Kajian Kerentanan.” Teknik PWK, P.4.
Ideologi, Sebagai, and D A N Dasar. 2015. “Azas Filosofis Pancasila Sebagai Ideologi Dan Dasar Negara.” Humanika 20 (2): 62-66–66. https://doi.org/10.14710/humanika.20.2.62-66.
Ii, B A B, and Pengertian Pancasila. n.d. “Kaelan, Pendidikan Pancasila (Yogyakarta: Paradigma, 2010)
K, Camelya. 2018. “Peran Teknik Biomedis Dalam Atasi Kesenjangan Melalui Inovasi Kesehatan.” 2018.
Komalasari, Kokom. 2020. “Revitalisasi Pancasila Dalam Merespon Pandemi Covid-19.” Jurnal Majelis
Putri, I. 2020. “Pancasila Sebagai Dasar Kehidupan Warga Indonesia.” Binus. 2020
Published
2023-01-05
How to Cite
Aifan, A., & Lakuna, R. (2023). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DI ERA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN . Sambulu Gana : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 6-10. https://doi.org/10.56338/sambulu_gana.v2i1.2949