PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA PEMBUAT DODOL KETAN DI DESA BELABORI KECAMATAN PARANGLOE KABUPATEN GOWA
Abstract
Pemberdayaan adalah proses kepada masyarakat agar menjadi berdaya, mendorong atau memotivasi individu agar mempunyai kemampuan atau keberdayaan untuk menentukan pilihan hidupnya, pemberdayaan juga harus ditujukan pada kelompok atau lapisan masyarakat yang tertinggal. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini sasarannya adalah kelompok usaha ibu rumah tangga di desa Belabori yang menekuni usaha dodol ketan hitam dengan nama usaha Pelita Belabori. Usaha ini telah berjalan sejak tahun 2019 dengan berbagai kendala yang dihadapi antara lain manajemen usaha, manajemen produksi, perhitungan harga pokok produksi dan harga pokok penjualan serta desain kemasan dan digitalisasi pemasaran. Setelah kami mengidentifikasi masalah maka kami menetapkan tujan pengabdian yaitu a) Memberikan materi tentang mengatur bisnis dengan manajemen usaha yang sesuai standar operasional begitu pula dengan manajemen industi mereka sehingga kami membuatkan SOP produksi dodol kepada mitra, b) Melakukan pelatihan dan pendampingan untuk mengidentifikasi, serta menghitung harga pokok produk dan menentukan harga pokok penjualan, c) Membantu mitra mendesain kemasan produk dodol dan mengajari digitalisasi pemasaran agar produk bisa dijual di kalangan yang lebih luas
References
Nasdian, F.T. 2014. Pengembangan masyarakat. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Indriyati, dan Nugrahani, 2013, Strategi Penanggulangan Kemiskinan Melalui Program Pemberdayaan Perempuan (Studi Empiris Pengentasan Kemiskinan di Kabupaten Sleman ), Jurnal Ilmiah PADMA SRI kreshna, Universitas Widya Mataram Yogyakarta
Edy dan Baktiar Ibrahim.2017. Peningkatan Kadar Zn Dalam Beras Ase Lapang dan Varietas Lainnya. Agrotek : Jurnal Ilmiah Pertanian. Vol 1, No. 2. ISSN Online 2581-3021, ISSN : 1907-574X
Tamsir, Nurlindasari. Fatmasari, Kalvin, Nurina dan Siti Mutia. 2019. Perancangan Electronic Supply Chain Management (E-SCM) Berbasis Web. Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknik Informatika. SENSITIF.’
Sri, Maryanti. Lili Andriani. Fatmasari. Nur Widayati dan Adi Santoso. 2019. Customer Relationship Management (CRM) Practice and Customer satisfaction Evidence From Retail in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change. Vol. 9, Issue 5.