Edukasi Stunting Menggunakan Metode Brainstorming dan Audiovisual terhadap Pengetahuan Ibu di Puskesmas Jayapura Utara

Stunting Education Using Brainstroming and Audiovisual Methods on Mother’s Knowledge at North Jayapura Health Center

  • Siti Mulyani Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Cenderawasih
  • Maxsi Irmanto Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Cenderawasih
  • Sarni R. Bela Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Cenderawasih
Keywords: Stunting, Audiovisual, Brainstorming, Pengetahuan

Abstract

Latar belakang: Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh untuk mencapai pertumbuhan normal yang diakibatkan oleh status gizi kurang dalam periode waktu lama. Pencegahan serta penanganan stunting dapat dilakukan dengan meningkatkan pengetahuan ibu yang memiliki anak stunting agar tidak berlanjut pada anak selanjutnya. Pemberian edukasi pada ibu dapat dilakukan menggunakan metode brainstorming dan audiovisual.

Tujuan: Untuk Mengetahui Perbedaan Pengetahuan Sebelum dan Setelah Edukasi Stunting Menggunakan Metode Brainstorming Dan Audiovisual Terhadap Pengetahuan Ibu di Puskesmas Jayapura Utara.

Metode: Desain penelitian adalah quasy experimental dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design. Responden penelitian terdiri dari 134 ibu yang memiliki balita stunting yang terdiri dari dua kelompok, yang masing-masing kelompok terdiri dari 67 responden penelitian. Data pengetahuan ibu mengenai stunting dikumpulkan menggunakan kuesioner pretest dan posttest. Pemberian edukasi gizi mengenai stunting dilakukan dengan metode brainstorming (curah pendapat) menggunakan alat bantu leaflet. Pemberian edukasi gizi mengenai stunting dengan metode audiovisual dilakukan menggunakan film ilustrasi. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kerja Puskesmas Jayapura Utara pada bulan Agustus Tahun 2022.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai Median pada skor pengetahuan ibu pada saat dilakukan intervensi mengalami peningkatan pada kedua kelompok kontrol brainstorming dan audiovisual dengan hasil masing-masing nilai median untuk skor pengetahuan kelompok audiovisual pre-test dengan nilai 13 dan post-test dengan nilai median 19. Sedangkan untuk kelompok brainstorming nilai median pre-test 14 dan nilai median post-test 19. Analisis statistik menggunakan uji beda Wilcoxon menunjukkan bahwa H0 ditolak atau ada perbedaan signifikan antara pengetahuan ibu mengenai stunting pada waktu sebelum dan sesudah dilakukan intervensi (p=0,000).

Kesimpulan: Ada perbedaan pemberian edukasi dengan metode brainstorming dan audiovisual sama-sama dapat meningkatkan pengetahuan ibu tentang stunting di wilayah kerja Puskesmas Jayapura Utara.

References

Kemenkes RI. Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Kementrian Kesehat RI. 2018;53(9):1689–99.

P2PTM Kemenkes RI. 1 dari 3 Balita Indonesia Derita Stunting - Direktorat P2PTM [Internet]. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2018 [cited 2022 Apr 3]. Available from: http://p2ptm.kemkes.go.id/artikel-sehat/1-dari-3-balita-indonesia-derita-stunting

Izka Sofiyya Wahyurin, Arfiyanti Nur Aqmarina, Hiya Alfi Rahmah, Ade Uswatun Hasanah, Christy Nataly Br Silaen. Pengaruh edukasi stunting menggunakan metode brainstorming dan audiovisual terhadap pengetahuan ibu dengan anak stunting. Ilmu Gizi Indones. 2018;2(2):141.

Riskesdas 2018. Laporan Provinsi Papua Riskesdas 2018 [Internet]. Jakarta: Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (LPB); 2019. 1–496 p. Available from: file:///C:/Users/new acer/Downloads/Laporan Riskesdas Papua 2018.Pdf

Kristianto Galuwo. Wali Kota Jayapura: Penanganan Stunting Tanggung Jawab Bersama - I Papua [Internet]. Jubi.co.id. 2020 [cited 2022 Mar 31]. Available from: https://jubi.co.id/papua-penanganan-stunting-tanggung-jawab-bersama/

Ni Putu Kusma Dewi, Ida Bagus Putrayasa. Penggunaan Metode Curah Pendapat Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Di Kelas X Ipa 2 Sma Negeri 1 Sawan. J Pendidik Bhs dan Sastra Indones Undiksha. 2019;9(2):163–73.

Duaniapcoid. Apa itu Audio Visual?: Pengertian, Ciri, Jenis, Fungsinya [Internet]. DUNIA PENDIDIKAN. 2022 [cited 2022 Apr 26]. Available from: https://duniapendidikan.co.id/audio-visual/

Filly Fikriyati Azki, Rokhaidah. Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Brainstorming Dan Media Audiovisual Berpengaruh Terhadap Pengetahuan Ibu Tentang Pencegahan Difteri. J Keperawatan Widya Gantari Indones. 2019;3(2):1.

Asri Masitha Arsyati. Pengaruh Penyuluhan Media Audiovisual Dalam Pengetahuan Pencegahan Stunting Pada Ibu Hamil Di Desa Cibatok 2 Cibungbulang. Promotor. 2019;2(3):182.

Setiana L. Teknik penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat [Internet]. Ghalia Indonesia. Bogor; 2005 [cited 2022 Sep 22]. Available from: https://scholar.google.com/scholar?cluster=6205522953562391604&hl=en&oi=scholarr#d=gs_cit&t=1663799673336&u=%2Fscholar%3Fq%3Dinfo%3ANISefD9yHlYJ%3Ascholar.google.com%2F%26output%3Dcite%26scirp%3D0%26scfhb%3D1%26hl%3Den

Notoatmodjo S. Pendidikan dan perilaku kesehatan / Soekidjo Notoatmodjo | OPAC Perpustakaan Nasional RI. [Internet]. Jakarta: Rineka Cipta; 2003 [cited 2022 Sep 22]. hlm. 209-210. Available from: https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=50667

Winancy W, Raksanagara AS, Fuadah Y. Perbandingan Penerapan Metode Brainstorming dan Buzz Group Terhadap Peningkatan Pengetahuan Suami Ibu Hamil Tentang Tanda Bahaya Kehamilan, Persalinan, Dan Nifas (Studi Kasus Di Bogor). SEAJOM Southeast Asia J Midwifery. 2019;1(1):1–9.

Published
2024-02-07
How to Cite
Siti Mulyani, Maxsi Irmanto, & Sarni R. Bela. (2024). Edukasi Stunting Menggunakan Metode Brainstorming dan Audiovisual terhadap Pengetahuan Ibu di Puskesmas Jayapura Utara: Stunting Education Using Brainstroming and Audiovisual Methods on Mother’s Knowledge at North Jayapura Health Center. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(2), 392-398. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i2.4207