Pengembangan Sumberdaya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Desa Labuan Salumbone

Human Resource Development in Improving the Quality of Public Services at The Labuan Salumbone Village Office

  • Filo Leonardo Tinggogoy Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan Palu
  • Syugiarto Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan Palu
  • Moh. Mahmud Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan Palu
Keywords: Pengembangan Sumberdaya Manusia, Pelayanan Publik, Desa Labuan Salumbone

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sumberdaya manusia apparat desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan di kantor desa labuan salumbone. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Permasalahan utama yang dihadapi adalah mayoritas aparatur desa masih lulusan SMA, minim pelatihan teknis, serta terbatasnya fasilitas digital, yang berdampak pada keterbatasan kompetensi dan efektivitas pelayanan publik. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan mengintegrasikan dimensi kualitas pelayanan SERVQUAL (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy) serta kerangka fungsi manajemen POAC (planning, organizing, actuating, controlling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pengembangan SDM di Kantor Desa Labuan Salumbone meliputi peningkatan pendidikan aparatur, pelatihan, pembinaan disiplin, penerapan teknologi sederhana, dan pembiasaan budaya kerja, walaupun masih menghadapi kendala dana, motivasi kerja, serta rendahnya sistem penghargaan dan sanksi. Kualitas pelayanan publik telah memenuhi sebagian besar dimensi SERVQUAL, namun masih perlu peningkatan pada aspek digitalisasi dan jumlah aparatur. Kontribusi kebaruan penelitian ini terletak pada penggabungan dua kerangka analisis (SERVQUAL dan POAC) dalam konteks desa, serta pemaparan solusi aplikatif berbasis kebutuhan lokal sehingga dapat menjadi model pengembangan SDM dan pelayanan publik di desa-desa dengan karakteristik serupa. Secara keseluruhan, pengembangan SDM berimplikasi positif terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik, namun dibutuhkan upaya berkelanjutan agar mampu menjawab tantangan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.

References

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia : Teori Konsep dan Indikator. Zanafa Publishing. Pekanbaru.
Fahmi, I. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Aplikasi. Alfabeta. Bandung.
Flippo, E. B. (2005). Manajemen Personalia. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Hamali, A.Y. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Handoko, T. H. (2001). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE Yogyakarta.
Hasibuan, M. S. P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta.
Kusuma, A. A. (2013). Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Muria Semarang. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/18214/1/7350406002.pdf
Mathis, R., dan Jackson, J. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Salemba empat. Jakarta
Miles, M. B, Huberman, A. M, dan Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito
Ndraha, T. (1999). Pengantar Teori Pengembangan sumber Daya Manusia. PT Rineka Cipta. Jakarta.
Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. & Berry, L.L. (dalam Pasolong, H., 2007). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Pasolong, H. (2007). Teori Administrasi Publik. Alfabeta. Bandung
Priyono. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Zifatama Publisher. Surabaya
Ricardianto, P. (2018). Human Capital Management. In Media. Bogor.
Ruky, A. S. (2003). Kualitas Sumber Daya Manusia. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Sinambela, L. P. (2014). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Stoner, James A. F., Freeman R. Edward dan Gilbert, Daniel R. (1995). Management. 6th Edition. Prentice-Hall International, Inc. London
Sukarna. (2011). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: CV. Mandar Maju.
Suparyadi. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia, Menciptakan Keunggulan Bersaing Berbasis Kompetisi SDM. Andi. Jakarta
Sutrisno, E. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Terry, G. R dan Rue, L. W. (2010). Dasar – Dasar Manajemen. Bumi Aksara. Jakarta
Ulrich, D dan Lake, D. (1990). Organisational Capability: Competing from the Inside Out. Wiley. New York
Published
2025-11-12
Section
Article