Kualitas Sumberdaya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Sipil Negara

Human Resource Quality in Improving the Performance of State Civil Apparatus

  • Zainuddin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan Palu
  • Syugiarto Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan Palu
Keywords: Sumberdaya Manusia, Kinerja, Aparatur Sipil Negara, Kompetensi ASN, Revormasi Birokrasi

Abstract

Kualitas sumberdaya manusia (SDM) memegang peranan fundamental dalam pencapaian kinerja optimal Aparatur Sipil Negara (ASN). ASN sebagai ujung tombak pelaksana kebijakan publik sangat dipengaruhi oleh kualitas manusia yang mengisi jabatan birokrasi. Penelitian bertujuan untuk menganalisis secara mendalam hubungan antara kualitas sumberdaya manusia dengan peningkatan kinerja ASN melalui pendekatan studi pustaka, dokumentasi, dan studi kasus pada instansi pemerintah pusat dan daerah. Penelitian ini menemukan bahwa variabel kualitas sumberdaya manusia seperti pendidikan, pelatihan, pengembangan kompetensi, integritas, etika kerja, dan lingkungan organisasi secara signifikan mendorong terwujudnya ASN yang profesional, responsif, dan inovatif. Peningkatan kualitas SDM ASN berdampak nyata pada efisiensi, efektivitas, dan kualitas pelayanan publik serta menjadi landasan utama dalam reformasi birokrasi. Rekomendasi utama penelitian adalah perlunya strategi pengembangan SDM ASN secara terintegrasi melalui sistem merit, investasi pelatihan berkelanjutan, pemanfaatan teknologi digital, dan penguatan budaya kerja berorientasi hasil. Hasil kajian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi perumus kebijakan, akademisi, dan praktisi dalam pembangunan birokrasi yang modern dan berdaya saing global

References

BKN. (2019). Laporan Tahunan Badan Kepegawaian Negara. Jakarta: BKN.
BKN. (2021). Manajemen Talenta Nasional: Strategi Pengembangan ASN Unggul. Jakarta: BKN.
Dwiyanto, A. (2018). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Effendy, E. (2022). Reformasi Birokrasi Menuju Pelayanan Publik Prima. Jakarta: LP3ES.
KemenPAN-RB. (2020). Laporan Evaluasi Reformasi Birokrasi Nasional. Jakarta: KemenPAN-RB.
KPK. (2020). Laporan Tahunan Komisi Pemberantasan Korupsi. Jakarta: KPK.
Mangkunegara, A.P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyadi, D. (2018). Pelatihan dan Pengembangan SDM Pemerintahan. Jakarta: Rajawali Press.
OECD. (2019). Leadership for a high-performing civil service. OECD Publishing, Paris.
Peraturan Menteri PAN-RB No.38 Tahun 2017 Tentang Standar Kompetensi ASN.
Pratama, Y. (2021). Sistem Merit dalam Pengembangan ASN Pemerintah Daerah. Jurnal Administrasi Publik, Vol. 12(2), 135–146.
Rismawati, R. (2021). Pengaruh Pelatihan Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Publik ASN. Jurnal Admin, 10(2), 55–66.
Robbins, S.P. (2018). Organizational Behavior, 14th Edition. Jakarta: Salemba Empat.
Rohman, K. (2020). Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja ASN. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 17(1), 29–38.
Sutrisno, E. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Widodo, J. (2021). Kompetensi ASN dalam Melayani Publik. Yogyakarta: Andi Publisher.
World Bank. (2020). Benchmarking Public Service Management: Global Report. Washington DC: World Bank Group.
Wulansari, A. (2019). Pelatihan Pegawai dan Efektivitas Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Negara, 9(3), 86–99
Published
2025-11-17
Section
Article