Pengaruh Penggunaan E-Money Dan Minat Menabung Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Abdul Azis Lamadjido

The Influence of E-Money Use and Saving Interest on the Consumptive Behavior of Students at Abdul Azis Lamadjido University

  • Moh. Aldo Universitas Abdul Azis Lamadjido
  • Nurhadi Universitas Abdul Azis Lamadjido
  • Ririn Parmita Universitas Abdul Azis Lamadjido
Keywords: E-Money, Minat Menabung, Perilaku Konsumtif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan e-money dan minat menabung terhadap perilaku konsumtif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif verifikatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Kuesioner disebarkan kepada 73 mahasiswa manajemen Universitas Abdul Azis Lamadjido angkatan 2021 dan 2022. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert dan alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan hasil deskripsi menunjukkan bahwa mahasiswa Universitas Abdul Azis Lamadjido memiliki Perilaku konsumtif relatif tinggi sebagai akibat dari penggunaan e-money dan rendahnya minat menabung. Penggunaan e-money dan Minat menabung berpengaruh signifikan terhadap Perilaku konsumtif pada Mahasiswa Universitas Abdul Azis Lamadjido. Penggunaan e-money berpengaruh signifikan terhadap Perilaku konsumtif pada Mahasiswa Universitas Abdul Azis Lamadjido. Minat menabung berpengaruh signifikan terhadap Perilaku konsumtif Pada Mahasiswa Universitas Abdul Azis Lamadjido

References

Adiputra, I. M. P. (2017). Penggunaan E-money Terhadap Perilaku Konsumtif. 32, 1–19.
Adiyanti, Arsita Ika. 2015. “Menggunakan Layanan E-money.” Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis 13:1–13.
Afifah, R., Kuntadi, C., & Pramukty, R. (2023). Pengaruh E-Wallet, Mobile Banking, dan E-money Terhadap Transaksi Bisnis Digital Pasca Covid-19. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3), 206-219.
Agmarita, E., & Dwinda Yanthi, M. (2022). Pengaruh Penggunaan E-money Terhadap Minat Menabung Masyarakat Usia Produktif Di Surabaya. JEMASI: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 18(2), 131–146.
Akbar, (2013).“Instrumen Perangkat pembalajaran’’.Bandung : Remaja Rosdakarya.
Anggraeni, E., & Setiaji, K. (2018). Pengaruh media sosial dan status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 172-180.
Cahyani, A. (2013). Psikologi Minat dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Pustaka Cendekia.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariat dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasibuan, I. A. (2020). Pengaruh Tingkat Pemahaman E-money dan Kemanfaatan Terhadap Minat Menggunakan E-money (Studi Kasus Masyarakat Pemilik OVO di Medan) [Skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara?24†source?
Hidayat, S., Nuryanti, I., & F, A. (2006). Operasional E-money: Kajian Siti Hidayati, Ida Nuryanti, Agus F. Jurnal Sistem Pembayaran, 6(1), 38-44
Hidayati, et al. (2006). Bank Indonesia pertama kali menerbitkan izin e-money pada tahun 2009 melalui Peraturan Bank Indonesia Nomor 16/08/PBI/2014 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/12/PBI/2009 Tentang Uang Elektronik (Electronic Money). Perbankan Indonesia.
Nanggolan, H. (2022). Pengaruh lietasi keuangan, kontrol diri dan penggunaan E-money terhadap perilaku konsumtif pekerja produksi PT.Pertamina balikpapan. Jurnal ekonomi dan ekonomi syariah Vol.5 No,1.
Nisrina, F. (2020). Perilaku Konsumtif: Konsep dan Implementasi. Jakarta: Pustaka Ilmu.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilowati, Wahyu (2019) Pengaruh perkembangan teknologi terhadap perilaku konsumtif dalam berbusana di kalangan santriwati : studi kasus di Pondok Pesantren Madrosatul Qur’anil Aziziyah Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.
Suyasa, I. K., & Fransisca, M. (2005). Psikologi Konsumtif: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Tri, F., & Tulie, J. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan , Kontrol Diri , Dan Penggunaan E-money Terhadap Perilaku Konsumtif Di Kalangan Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Gorontalo. 9(1), 85–107
Published
2025-09-26
Section
Article