Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Gibran Junior Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali

The Influence Of Price And Product Quality On Purchasing Decisions At Gibran Junior Store Central Bungku District Morowali Regency

  • Indabestari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
  • Muzakir Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
  • Maskuri Sutomo Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
  • Farid Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
Keywords: Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga dan Kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Toko Gibran Junior Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali. Metode penarikan sampel dengan menggunakan metode nonprobability sampling tepatnya Purposive Sampling sebesar 85 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, yang kemudian diolah dengan menggunakan SPSS versi 26 dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harga dan Kualitas produk secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Gibran Junior Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali. Kemudian Harga secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Gibran Junior Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali, dan Kualitas produk secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Gibran Junior Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali. Koefisien determinasi memperlihatkan nilai R square sebesar 0,681 atau 68,1% dan sisanya sebesar 31,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian.

References

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224. Https://Doi.Org/10.38035/Jmpis.V3i1.867

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisi multivariate dengan program IBM SPSS 26.

Edisi 10. Semarang: Badan Penelitian Universitas Diponegoro.

Kotler, P., dan Keller, L, K. (2016). Marketing Management. 15th Global Edition. England. Pearson Education Limited.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta. Bandung.

Dirwan, Dirwan, Rajindra Rajindra, Farid Farid, Henni Mande, Nursiah Nursiah, and Ali Supriadi. 2024. “The Influence of Organizational Culture, Organizational Commitment, on Motivation and Job Satisfaction of Employees and Lecturers at Muhammadiyah University of Palu.” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) 6(3): 904–18.

Rajindra, Rajindra. 2024. “Unleashing Synergies: Interplay between Human Resource Management, Strategic Marketing, and Corporate Financial Performance.” Atestasi: Jurnal Ilmiah Akuntansi 7(1): 210–47.

Published
2024-08-30
Section
Artikel Penelitian