MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN BOWLING ARITMATIKA DI KELOMPOK B TK AL-MUTTAQIIN PALU

  • Hikmah Hikmah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Abdul Munir Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Arsyad Said Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Penerapan  Permainan Bowling Aritmatika dapat Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak di Kelompok B TK Almuttaqiin Palu�Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui permainan bowling aritmatika di TK Almuttaqiin Palu. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di TK Almuttaqiin Kelurahan Palupi Kecamatan Tatanga, Kota Palu pada bulan Januari 2019. Subjek dalam penelitian ini adalah anak di kelompok B TK Almuttaqiin yang berjumlah 15 anak berusia 5 sampai 6 tahun terdiri dari 6 anak laki laki dan 9 anak perempuan. Teknik dalam pengumpulan data  dalam penelitian ini adalah observasi yang digunakan berupa lembar observasi chek list. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantutatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian dimiliki oleh anak minimal 79 % dari keseluruhan jumlah anak kelompok B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak dapat ditingkatkan melalui permainan bowling aritmatika pada kelompok B TK Almuttaqiin Palu. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiriatas tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dari keseluruhan penilaian jumlah anak dan seluruh indikator terjadi peningkatan pada pratindakan 7 % (kurang) yaitu 1 anak memperoleh yang hasil baik, pada siklus I meningkat menjadi 40 % (cukup) yaitu ada 6 anak memperoleh  hasil yang baik dan pada siklus II meningkat 84 % (baik) yaitu ada 13 anak memperoleh hasil yang baik. Langkah langkah penelitian yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak adalah dengan pengenalan angka, menyusun lima pola warna, menyebutkan ukuran besar kecilnya bola dan melakukan penjumlahan sederhana. Peneliti serta guru tidak lupa untuk memberikan dorongan, motivasi dan diberikan permainan bowling secara bertahap dan berlanjut. Maka kemampuan kognitif anak dapat ditingkatkan melalui permainan bowling aritmatika pada kelompok B TK Almuttaqiin Palu.

Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Permainan Bowling Aritmatika

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan