MEINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS DELAPAN SMP ISLAMIC SCHOOL PALU MELALUI TAU MAU BELAJAR

  • Sri Senihastuty Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muh. Asri Hente Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Abdul Waris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah penggunaan Strategi KWL dapat meningkatkan pemahaman membaca di kelas delapan SMP Islam Palu. Peneliti menggunakan penelitian eksperimental semu sebagai desain penelitian. Sampel adalah teknik purposive sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu VIII A sebagai kelas eksperimen adalah 24 siswa dan VIII B sebagai kelas kontrol adalah 24 siswa. Instrumen penelitian adalah tes yang meliputi pilihan ganda 10 item dan esai 5 item dengan memberikan pre-test dan post-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan hitung 0,32 taraf signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan (df) 46 (48-2). Tingkat kebebasan menunjukkan t-tabel adalah 2,015. Kemudian nilai t-hitung lebih tinggi dari nilai t-tabel. Ini berarti hipotesis penelitian diterima. untuk penggunaan Know Want Learned (KWL) dapat Meningkatkan Pemahaman Membaca di Kelas VIII SMP Islam Palu.

Kata kunci: kemampuan membaca, pengetahuan mau belajar (KWL).

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan