Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Kaos Polos 94 Kota Palu

Brand Image and Price on Purchasing Decisions at 94 Plain T-Shirt Shop, Palu City

  • Adinda Marisa Ponga Universitas Abdul Azis Lamajido
  • Maskuri Sutomo Universitas Abdul Azis Lamajido
  • Ihsan Universitas Abdul Azis Lamajido
Keywords: Citra Merek, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Polos 94 Di Kota Palu. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan verifikatif dan jenis data yang digunakan adalah data yang bersifat kuantitatif. Hasil pengujian secara simultan ditemukan bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko Kaos Polos 94. Nilai probabilitas atau nilai signifikansi sebesar 0,005 < 0,05. Selanjutnya variabel citra merek mempunyai t-hitung yaitu 7.375 sedangkan nilai t-tabel yaitu 1.681 yang berarti bahwa variabel citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko Kaos polos 94. Nilai probabilitas atau nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Selanjutnya variabel harga mempunyai t-hitung yaitu 4.235 sedangkan nilai t-tabel yaitu 1.681 yang berarti bahwa variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko Kaos Polos 94.

References

Aaker, D. A. 2012. Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Salemba Empat.

Adyas, Dasmansyah dan Ida Suryani. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Brio. Economicus, Vol. 15(2): 170-179.

Ali, Hasan. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS.

Anwar, Prabu Mangkunegara. 2002. Perilaku Konsumen. Bandung: Refika Buchari.

Alma. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Anwar, A., Gulzar, A., Sohail, B.F., & Akram, N.S. 2011. Impact of Brand Image, Trust and Affecton Consumer Brand Extension Attitude: The Mediating Role Of Brand Loyality. InternationalJournal of Economics and Management Sciences,1(5): 73-79.

Bitebrands. 2017. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Terbentuknya Brand Image.

Christine, Haight Farley. 2019. International Refereed Social Sciences Journal (RW-IRSSJ) TheInternational Branding Volume X, Issue 2. USA: Georgetown University Library, diakses 20April 2019.

Daryanto. 2013. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Cetakan II. Januari 2013. PT. SaranaTutorial Nurani Sejahtera. Bandung.

Djaslim, Saladin. 2010. Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama, Bandung: Linda Karya.

Edo, Zulfadly. 2010.Pengaruh Kulaitas Produk, Harga, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Yakult di Kota Padang. Jurnal Universitas Negeri Padang.

Evita, N. 2017. Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Bakso Boedjangan Cabang Barangrang Bandung Tahun 2017). e-proseding of Apllied Science, 3(3):430-452.

Fatmawati, N., & Soliha, E. 2017. Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic Honda. Jurnal Manajemen Teoridan Terapan, 10(1): 1-20.

Firmansyah, M.A. 2018. Perilku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish.

Gerung, J.C., Sepang, J., & Loinding, S. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail pada PT. Wahana Wirawan Manado.Jurnal EMBA, 5(2): 2221-2229.

Gifani, A., & Syahputra. 2017. Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo pada Mahasiswa Universitas Telkom. Bisnis dan Iptek. 10(2): 81-94. Ratri(2007) dalam Amilia dan NST (2017).

Habibah, U., & Sumiati. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi dan Bisnis,1(1): 31-48.

Harahap, A.D. 2015. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kosumendi Pajak USU (PAJUS) Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 7(3): 227-242.

Hidayat, MS. 2018. The Journal of Business and Management volume 1 Pengaruh Kualitas Produkdan Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Kesehatan Mojotras (Study Kasusdi Dusun Wonokupang Desa Wonokupang Balongbendo Sidoarjo), diakses 2 Mei 2019.

Isoraita, M. 2018. Brand Image Development. Journal Ecoforum, 7(1):1-6.

Julianda, I., & Eka. K. 2017. Faktor yang Mempengaruhi K

onsumen dalam Pembelian ProdukSmartphone Samsung. Jurnal Valuta, 3(1): 173-197.

Kotler Philip dan Armstrong Gary. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi ke 13 Jilid 1.Jakarta:Erlangga.

Dirwan, Dirwan, Rajindra Rajindra, Farid Farid, Henni Mande, Nursiah Nursiah, and Ali Supriadi. 2024. “The Influence of Organizational Culture, Organizational Commitment, on Motivation and Job Satisfaction of Employees and Lecturers at Muhammadiyah University of Palu.” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) 6(3): 904–18.

Rajindra, Rajindra. 2024. “Unleashing Synergies: Interplay between Human Resource Management, Strategic Marketing, and Corporate Financial Performance.” Atestasi: Jurnal Ilmiah Akuntansi 7(1): 210–47.

Published
2024-08-29
Section
Artikel Penelitian